Menuju Pilkada 2024, Bursa Pencalonan Walikota-Wakil Walikota Parepare Menggeliat.




Ini, wajah-wajah potensi bakal calon Walikota-Wakil Walikota Parepare 2024. Dari kiri (atas): Tasmin Hamid, Akbar Ali dan Ahmad Faisal Andi Sapada serta (bawah): Andi Surianto, Muhammad Zaini dan Erna Rasyid Taufan Pawe. (Kolase foto: Nuansabaru.id/MUSAFIR MUCHTAR).08

Nuansabaru.id - PAREPARE - Menuju pilkada serentak yang dijadwalkan bulan November 2024 mendatang, pembicaran seputar bakal calon yang akan maju bertarung di berbagai kabupaten/kota mulai menggeliat.


Seiring dengan ramainya bermunculan baliho, poster-poster atau spanduk di sudut-sudut persimpangan jalan dan berbagai tempat strategis.

Bahkan pada sejumlah baliho bakal calon, mereka berani menulis dan mengklaim diri sebagai calon, meski belum tiba saatnya pada tahapan penetapan calon resmi.

Demikian halnya Kota Parepare sebagai kota kedua di Sulawesi Selatan yang juga teragenda bakal melaksanakan suksesi kepemimpinan. Baliho dan spanduk mulai ramai bermunculan.

Siapa saja sosok yang bakal maju untuk bertarung sebagai calon Walikota-Wakil Walikota (Cawalkot-Wawali) Parepare 2024? Pertanyaan itu tentu kelak akan terjawab pada waktunya.

Namun, indikasi persaingan kini mulai menggejala yang ditandai dengan mencuatnya sejumlah nama yang santer diperbincangkan. Baik di warung-warung kopi maupun tempat-tempat lain pertemuan warga.

Sebut saja bakal calon Ahmad Faisal Andi Sapada. Bakal Calon Walikota Faisal Andi Sapada yang akrab dengan akronim FAS, saat ini merupakan Ketua DPC Partai Nasdem Parepare.

FAS yang juga dijuluki passongko cellae (akrab dengan ciri khas songkok merah -red), disebut-sebut kemungkinannya bakal berpasangan dengan Andi Suryanto, seorang pengusaha dan juga Ketua DPC Partai Gerindra Parepare.

Jika betul kedua putra terbaik kota ini berpasangan berarti mereka telah mengantongi 6 kursi untuk maju sebagai Calon Walikota-Wakil Walikota Parepare.

Diketahui, hasil pemilu legeslatif (pileg) tahun 2024 lalu, Partai Nasdem meraih 3 kursi dan Partai Gerindra juga memperoleh 3 kursi di DPRD Parepare.

Sekjen Tim Pemenangan FAS Akui telah
Ambil Formulir di PAN, PDIP dan Hanura 


Adalah Sekretaris Jendral (Sekjen) Tim Pemenangan FAS, Ichal Atrishal yang dihubungi media ini lewat ponselnya, Sabtu, (20/4-2024), mengatakan, "Insya Allah beliau (Faisal Andi Sapada) siap ikut kontestasi dalam pilwali nantinya".

Ichal Atrishal mengakui pihaknya telah mengambil formulir pendaftaran pada sejumlah partai politik seperti PAN, PDIP dan Hanura.

"Kami sudah mengambil formulir di PAN, PDIP dan Hanura. Sementara dilakukan pemberkasan untuk persiapan pengembalian, " kata Sekjen Tim Pemenangan FAS itu via WhatsAps (WA).

Sementara seorang tokoh masyarakat Parepare, M. Jabir punya informasi tentang bakal calon Andi Surianto dan FAS.

"Andi Surianto akan berpasangan dengan Ahmad Faisal Andi Sapada," kata M, Jabir, mantan Ketua RW Kelurahan Cappa Galung Kecamatan Bacukiki Barat itu.

Belum diperoleh keterangan langsung dari FAS maupun Andi Surianto, tentang kepastian informasi apakah betul mereka akan berpasangan.

Apalagi aksi Andi Surianto masih terkesan adem, yang ditandai belum adanya baliho dan poster-poster yang dipasang terkait kesiapannya menjadi balon Walkot ataupun balon Wawali.

Selama ini Andi Surianto sebagai Ketua DPC Partai Gerindra Parepare hanya sebatas memasang spanduk yang berisikan Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Sementara M. Rahmat Syamsu Alam.Wakil Ketua 2 DPRD Parepare yang sempat diminta tanggapannya tentang kemungkinan Andi Surianto tampil sebagai calon wakil walikota mendampingi FAS, sedikit skeptis.

"Rugi kalau Pak Surianto jadi wakil, " kata Rahmat Syamsu Alam yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Parepare itu bermakna. Hal tersebut disampaikan Rahmat saat ditemui di gedung DPRD Parepare, Kamis, (18/4-2024) siang.

Berpotensi Terjadi Persaingan
Internal Partai Nasdem


Nama lainnya, H. Tasming Hamid, Wakil Ketua I DPRD Parepare, juga telah menununjukkan keinginannya untuk maju. Ditandai dengan aksinya memasang baliho/poster dan mengklaim dirinya sebagai calon walikota.

Tasmin Hamid diketahui dalam pileg 2024 lalu terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan. Kalau betul, Tasmin akan maju sebagai Cawalkot berarti rentan terjadi persaingan internal dengan Faisal Andi Sapada di Partai Nasdem.

Bakal calon lainnya, muncul pula nama Erna Rasyid Taufan Pawe dengan sebutan ERAT, Ketua DPC Partai Golkar Parepare, yang juga istri mantan Walikota Parepare HM Taufan Pawe.

Erna Rasyid juga sudah menyebut dirinya bakal maju bertarung di Pilwali 2024 melalui baliho yang terpasang di sudut-sudut kota dan di lokasi keramaian di kota ini.

Tak terkait dengan baliho maupun, poster, muncul pula suara-suara selentingan di kalangan masyarakat kota kelahiran mendiang Presiden RI BJ Habibie itu.

Sumber riil itu menyebutkan, agar masyarakat memiliki pilihan alternatif, selayaknya juga ada calon berlatarbekakang profesional, bukan hanya politisi dan pengusaha.

"Partai bisa berpikir melirik Pj. Walikota Parepare Akbar Ali untuk diusung jadi Calon Walikota. Beliau itu pejabat senior Kementerian Dalam Negeri yang tentu menguasai seluk-beluk kepemerintahan, " ujar sumber kepada kru media ini sembari mengatakan tidak elok (enggan) ditulis namanya.

Apalagi, katanya lagi, Akbar Ali itu bukan pendatang, tapi dia salah satu putra asal Ajatappareng yang karier profesionalnya sukses di pusat. "Akbar Ali itu kelahiran Tanru Tedong Sidrap," jelasnya. (*).

Penulis: MUSAFIR MUCHTAR
Editor: ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :