Keajaiban Tentukan Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia dan Torehkan Sejarah


Cuplikan perjuangan Skuad Timnas Indonesia, ter,ihat Pratama Arhan dan Yakob Sayuri layani aksi impresif  pemain Jepang dimlaga yerakhir Grup D Piala Asia di Qatar, 24 Januari 2024. (Foto: Istimewa).

NuansaBaru.ID, DOHA, QATAR ,- Setelah menunggu dan menunggu, akhirnya Timnas Indonesia dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 yang digelar di Qatar, Januari hingga Februari 2024.


Deadline yang menentukan Tim Garuda bisa tembus pertama kalinya ke putaran 16 besar piala Asia, terjadi di laga terakhir grup F antara Kirgistan melawan Oman yang berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Kamis, (25/1-2024) malam. 

Tepatnya, duel Kirgistan vs Oman dihelat pukul 22.00 WIB. Oman lebih awal unggul menit ke-8 lewat kaki Muhsen Al Ghassani sehingga skor 1-0 untuk keunggulan Oman. SeÄ·ira menit ke-80 atau tersisa 10 menit sebelum waktu normal, Kirsgistan berhasil menyamakan kedudukan menjadi imbang, 1-1 diciptakan Joe
 Kojo.

Adapun 16 tim nasional yang lolos Piala Asia 2023 yakni, Timnas Qatar, Australia, Iran, Irak, Arab Saudi, Tajikistan, Uzbekistan, Suriah, Uni Emirat Arab, Palestina, Jepang, Yordania, Korea Selatan, Thailand, Bahrain dan Indonesia.


Usai curi 1 gol ke gawang Jepang  Sandy Walsh disertai Elkan Baggott selebrasi. (Foto: Istimewa).


Timnas Indonesi telah Berjuang 
Keras dan Torehkan Sejarah

Seperti telah dipublikasi media ini, edisi 25 Januari 2024 kemarin, kalah 1 -3 dari Jepang dalam laga terakhir Grup D membuat  anak asuhan pelatih Shin Tae-yong (STy) butuh keajaiban untuk bisa lolos 16 besar.   

Alternatifnya, laga terakhir Grup E antara Yordania vs Bahrain, (25/1-2024) pukul 18.30 WIB, atau laga terakhir Grup F antara Kirgistan vs Oman, (25/1-2024), pukul 22.00 WIB. 

Kemungkinan pertama yang bisa meloloskan Indonesia kalau Yordania bisa mengalahkan Bahrain 2-0 atau selisih 4 gol, ternyata tak terwujud karena Bahrain justru mengalahkan Yordania 1-0 yang dikemas Abdullah Yusuf  Helal.

Keajaiban itu baru datang di alternatif kedua, laga Kirgistan vs Oman. Kalau hasilnya imbang atau seri maka Timnas Indonesia akan lolos. Ternyata hasilnya terbukti seri, 1-1 sehingga Timnas Indonesia menjadi tim terakhir yang lolos ke-16 besar. Sekaligus menorehkan sejarah untuk pertama kalinya lolos ke babak 16 besar Piala Asia.

Kendati kejadiannya diwarnai keajaiban, Skuad Merah Putih sejatinya telah berjuang keras hingga bisa mencapai posisi ketiga terbaik itu. Betapa tidak, di Grup D Timnas Indonesia tim underdog dan rekam jejaknya berada di bawah level tim yang lain di fase grup itu.

Di Grup D ada Vietnam, Irak dan Jepang. Indikator peringkat FIFA saja Indonesialah yang terendah. Jelasnya, Indonesia (146), Viernam (94),  Irak (63) dan Jepang (17). Termasuk, tantangan paling berat mengahadapi Jepang peraih terbanyak Piala Asia (4 kali). Bahkan Indonesia berhasil mencuri 1 gol lewat kaki Sandy Walsh terhadap tim unggulan juara itu.  

Nah, bagaimana di babak 16 besar, ternyata Timnas Indonesia bakal langsung start dengan tantangan berat. Dijadwalkan Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Timnas Australia, Minggu 28 Januari 2024. (*).

Penulis: M  RINALDI
Editor: ABDUL

Informasi: Berita ini juga dimuat Okesulsel.com (terverifikasi Dewan Pers), media partner NuansaBaru.ID.


Topik Terkait

Baca Juga :