Kalau Bermain Kolektif, Taktis dan Disiplin Timnas U-23 Bakal Menang Lawan Guinea Duel Playoff Piala Asia U-23 2024




Ini, Timnas U-23 Guinea dari Zona Afrika yang duel dengan U-23 Indonesia Laga Playoff Piala Asia U-23 2024. (Foto: Dok. Federasi Sepakbola Guinea, feguigfoot,com).





Resume Hasil Wawancara dengan Pemerhati Sepak Bola, Nuryadin Sukri
Nuansabaru.id, JAKARTA - Timnas U-23 Indonesia akan melakoni laga playoff melawan Guinea Afrika. Kedua tim akan memperebutkan 1 tiket tersisa untuk ikut berlaga di Olimpiade Paris, Juli-Agustus 2024 mendatang.
Dijadwalkan, duel penentu Timnas U-23 vs Guinea akan berlangung di Stadion Pierre Pibarot, Prancis, Kamis, (9/5-2024), pukul 20.00 WIB.

Meski duel hidup-mati kedua tim ini diagendakan digelar tertutup untuk penonton dengan alasan keamanan, namun informasi terakhir menjelang laga menyebutkan, seteru wakil Asia dan Afrika ini disiarkan langsung RCTI dan livestreaming vision + .

Siapa yang bakal memenangkan babak playoff ini? Pertanyaan itu tentunya bakal terjawab pasca laga Kamis malam nanti.

Pemerhati sepak bola, Nuryadin Sukri yang dihubungi, Selasa, (8/5-2024), mengungkapkan,
di atas kertas, Guinea U-23 lebih unggul. Dengan alasan, mayoritas pemain Guinea U-23 berkarier di Eropa.

Artinya, pengalaman bermain di benua biru yang nota bene sebagai benua kiblat sepak bola dunia di atas Indonesia, karena Timnas U-23 Indonesia belum seperti itu.

Bahkan lebih sensasional lagi disebutkan, Guinea U-23 bakal diperkuat Ilaix Moriba, mantan pemain Barcelona dan pernah main bareng dengan pemain terbaik dunia Lionel Messi.

Satu lagi, urai Nuryadin, sebagaimana tim asal Afrika, termasuk Guinea U-23 akan mengedepankan kekuatan fisik dan eksplosivitas.




Skuad Timnas U-23 Indonesia AFC Asian Cup U-23 2024. (Foto: Dok. PSSI)
Timnas U-23 indonesia 
Harus Bermain Taktis
Oleh karena itu, Yadin, sapaan singkat pemerhati sepak bola ini, berani mengatakan Timnas U-23 tidak boleh hanya mengandalkan fisik karena bisa kalah adufisik dari wakil Afrika itu.

"Kalau Timnas U-23 Indonesia kuat-kuatan fisik (mengandalkan fisik -red) melawan Guinea, sama saja bunuh diri, " ujarnya mencetuskan.

Namun demikian, Yadin meyakini jika Timnas U-23 Indonesia bermain kolektif, taktis, dan disiplin, harapan menang tetap terbuka. Artinya, kalau mau menang Timnas U-23 harus bermain taktis.

"Jadi kita tunggu hasil racikan pelatih Shin Tae-yong (STy) untuk bisa unggul adustrategi dengan pelatih U-23 Guinea, Kaba Diawara," kilah Yadin.

Kita berharap persoalan non teknis seperti cuaca (bisa tembus 12 derajat), persoalan makanan, kelelahan, dan masalah tidur hendaknya bisa diatasi.

Termasuk, tambahan amunisi, 2 pemain naturalisasi Elkan Baggott dan Justin Hubner hingga hari ini (Rabu, 8 Mei 2024 -ref) belum pasti bisa memperkuat Timnas U-23.

Diperoleh informasi Rabu malam (malam Kamis) masih ditunggu kedatangan kedua pemaim abroad tersebut sehingga besok paginya bisa didaftar sebagai starting eleven untuk memperkuat Garuda Muda.

"Intinya, Kalau Timnas U-23 bisa bermain kolektif, taktis dan disiplin menjaga area pertahanannya, saya prediksi U-23 bisa menang 2-1 lawan Guinea, " pungkasnya,

Dalam hal ini, sejatinya ekspektasi masyarakat Indonesia, pelatih STy diharapkan dapat mewujudkan target terakhir PSSI, Timnas U-23 menang lawan Guinea di babak playoff dan lolos ke Olimpiade Paris. (*).

Prediksi Susunan Pemain

Timnas U-23 Indonesia:
Ernando Ari; Muhammad Ferarri, Alfeandra Dewangga, Komang Teguh; Fajar Faturrahman, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan; Rafael Struick

Pola     : (3-4-2-1)

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas U-23 Guinea:
Mory Keita; Madiou Keita, M. Soumah, Saidou Sow, Ibrahim Diakite; Aguibou Camara, Issiaga Camara, Ilaix0 Moriba; Lamine Souma, Ousmane Camara, Algassime Bah.

Pola    : (4-3-3): 

Pelatih: Kaba Diawara

Referensi: Wawancara Khusus dengan Pemerhati 
                    Sepak Bola, Nuryadin Sukri & yang lain.

Penulis/Editor: ABDUL 

Topik Terkait

Baca Juga :