Rekam Jejak dan Disukai Masyarakat, Kartu Truf Syahruddin Alrif untuk Bersaing Jadi Pemimpin Sidrap


H. Syaharuddin Alrif Sekjen dan H. Rudi Masse, Ketum DPW Partai Nasdem Sulsel. (Kolase foto Nunsabaru.id/ABDUL)

Nuansabaru.id, SIDRAP - Kabupaten Sidrap saat ini termasuk satu dari sekian kabupaten/kota yang siap mengelar suksesi kepemimpinan dalam pilkada 2024. Praktis, masih 7 bulan lagi menuju ke pesta demokrasi sekali 5 tahun geliatnya mulai terasa.


Perang dingin dan persaingan bakal cabup-cawabup dalam bursa pencalonan mulai menghangat. Ditandai dengan mencuatnya sejumlah nama bakal cabup yang diiringi dengan pemasangan baliho, poster-poster dan spanduk di berbagai tempat.

Salah satu bakal cabup yang cukup populer dan ramai diperbincangkan bernama Syaharuddin Alrif. Bakal Cabup yang bernama lengkap H. Syaharuddin Alrif, S.I.P., M.M merupakan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan periode 2019-2024

Meski kru media ini belum sempat bertemu langsung belakangan ini dengan bakal calon yang satu ini, namun diperoleh sejumlah data yang komprehensip siapa sejatinya Syahruddin Alrif itu.

Diketahui bahwa kepopuleran nama bakal cabup yang diusung Partai Nasdem ini bukan tanpa alasan. Syaharuddin Alrif yang di masa remajanya akrab disapa Sahar atau Syahar ini tampil sebagai bakal calon dengan 'kepala tegak'.

Syaharuddin Alrif yang saat ini tren diakronim dengan panggilan SAR, rupanya memiliki kartu truf yang menjadi modal kuat baginya untuk bersaing dengan bakal calon lainnya.

Kartu truf SAR yang dimaksudkan berisi amunisi berupa reputasi keunggulannya sebagai politisi dalam kepartaian, rekam jejaknya yang mumpuni dan sosoknya yang suka tampil sederhana, luwes dan komunikatif membuat ia disukai banyak orang.


Ketua DPRD Sulsel dan Wakil Ketua DPRD Syaharuddin Alrif Sulsel dalam satu kesempatan. (Cropping foto NB) 

Politisi Sukses yang Partainya Pemenang
Pemilu di Sidrap dan juga di Sulsel


Dimulai dari eksistensinya sebagai politisi sukses. Sebagai Wakil Ketua Dewan dan juga Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Prov Sulsel periode 2019-2024, ia tampil kembali berkontestasi dalam pileg 2024 lalu sehingga terpilih lagi.

Hasilnya, tidak tanggung-tanggung. Partainya menjadi pemenang pemilu dan peraih suara terbanyak. Baik di tingkat provinsi Sulsel maupun di tingkat Kabupaten Sidrap dan daerah lainnya.

Jelasnya, perolehan kursi hasil pileg 2024 DPRD Sulsel, Partai Nasdem memperoleh 17 kursi, Golkar 14 kursi, Gerindra 13 kursi, PPP 8 kursi, PKB 8 kursi, PKS 7 kursi, Demokrat 7 kursi dan PDIP 6 kursi.

Sementara hasil pileg 2024 di DPRD Sidrap Partai Nasdem menang telak dengan perolehan 12 kursi, Gerindra 5 kursi, Golkar 4 kursi, PKS 4 kursi, Demokrat 4 kursi, PPP 3 kursi, Perindo 2 kursi dan PAN 1 kursi.

Dari keunggulannya dalam pemilu legeslatif tersebut membuat Syahruddin Alrif ibarat seorang pesepakbola, bisa disebut ia sedang in (berkibar) atau dalam performa terbaiknya.

Artinya, karena Partai Nasdem sebagai pemenang pemilu di Sulsel, praktis kalau Syahruddin Alrif mau memilih tetap sebagai caleg terpilih DPRD Sulsel dalam Pemilu 2024 ini, maka otomatis ia akan duduk dan dilantik sebagai Ketua DPRD Sulsel periode 2024-2029.

Sepeti diketahui, jabatan Ketua DPRD Prov Sulsel itu merupakan level pimpinan daerah tertinggi di tingkat provinsi. Ketua DPRD Prov itu merupakan salah satuunsur Fokopimda Provinsi, selevel dengan Gubernur, Pangdam, Kapolda, Kajati, dan Ketua PT dan yang lainnya.

Kendati demikian, ternyata SAR terlihat komitmen mempersiapkan diri untuk bakal maju bertarung untuk memperebutkan kursi Bupati Sidrap periode 2024-2029.

Lagi, media ini belum memperoleh keterangan langsung dari Syaharuddin Alrif apa motivasi kuat dan pertimbangannya sehingga ia memilih maju berkontestasi dalam pilbub Sidrap.

Namun, tentu saja Partai Nasdem bersama Syahruddin Alrif yang selama ini sebagai Sekjen Partai Nasdem mendampingi H. Rusdi Masse sebagai Ketum DPW Partai Nasdem Sulsel, sudah melalui (mendasarinya) dengan pertimbangan matang.

Yang pasti, sebagai bakal cabup Partai Nasdem, Syahruddin Alrif tak pusing lagi mencari kendaraan politik untuk maju sebagai cabup. Bahkan 12 kursi Partai Nasdem di DPRD Sidrap lebih dari cukup. Karena setiap bakal cabup yang akan maju disyaratkan minimal hanya 7 kursi.



Baliho Bakal Cabup H. Syaharuddin Alrif yang terpasang di berbagai temoat di Sirap. (Foto: Nuansabaru.id/ABDUL).  


H. Rusdi Masse: Syahruddin Alrif
Sosok yang Disukai Masyarakat

Bagaimana amunisi kartu truf tentang rekam jejaknya? Putra terbaik kelahiran Sidrap, 20 November 1980 itu cukup dikenal masyarakat. Sahar muda dikenal sebagai organisatoris kader Muhammadiyah.

Sosok Syaharuddin Alrif sarat dengan pengalaman kepemimpinan, dalam organisasi maupun dalam organisasi pengusaha. Diantaranya, pernah menjadi Ketua Pemuda Muhammadiyah Sidrap dan Ketua Pemuda Muhammadiyah Sulsel.

Selain itu, juga telah menduduki jabatan penting di DPD KNPI Sidrap, KNPI Sulsel, BPD HIMPI Sulsel, APINDO Sulsel dan yang lainnya.

Terakhir, yang juga menjadi bagian dari kartu truf bakal cabup ini tentang kedekatannya dengan masyarakat. Syahruddin Alrif dikenal sebagai figur yang sangat memasyarakat dan dibuktikan dengan berkali-kali terpilih sebagai anggota DPRD Sulsel.

Wajarlah kalau pada acara buka puasa bersama simpatisan Partai Nasdem di Cekeas Kota Pangkajene Sidrap, (1/4-2024) lalu, Ketum DPW Partai Nasdem Prov Sulsel H. Rusdi Masse memberikan sekilas statemen tentang sosok Syaharuddin Alrif.

Rusdi Masse yang akrab disapa RMS menilai Syahruddin Alrif adalah sosok yang disukai masyarakat. Karena, Syaharuddin Alrif punya nurani yang suka berpihak kepada masyarakat. Atas dasar itu juga sehingga ia terpilih berkali-kali sebagai anggota DPRD Sulsel.

"Dia punya nurani untuk keberpihakan kepada orang banyak, itu dulu modal (utama). Untuk apa kita cerita sana-sini kalau tidak punya manfaat kepada orang banyak. Mana mungkin dia mau menang begini (terpilih menjadi anggota DPRD Sulsel) kalau dia tidak disukai masyarakat,” tutur Rusdi Masse seperti dilansir kosongsatu.com. (*).

Penulis/Editor: ABDUL

Informasi: Berita ini juga dimuat Okesulsel.com (media terverfikasi Dewan Pers), media partner Nuansabaru.id.

Topik Terkait

Baca Juga :