Tekuk Christo Povop Prancis, Tunggal Putra Indonesia AS Ginting Melenggang ke Final All England 2024


Christo Povop Prancis dan Anthony Sinisuka Ginting Indonesia tunjukkan sportivitas, tetap akrab usai duel semifinal All England 2024. (AP Photo/Ruis Vieira).

NuansaBaru.ID, BIRMIGHAM - Duel semifinal tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting (AS Ginting) Indonesia seteru dengan Chtisto Povop Francis berlangsung seru. Berlangsung 3 gim, Ginting yang tak,uk di gim pertama dengan  skor ketat 19-21, akhirnya di gim kedua dan ketiga, Ginting menekuk Povop dengan skor meyakinkan, 21-5 dan 21-11. 


Atas kemenangan ini Indonesia memastikan 1 tiket ke babak final ajang BWF Super 1000. Ginting, tunggal putra terbaik Indonesia ini menunggu hasil semifinal antara Jonathan Christie Indonesia vs Lakshya Sen dari India.

Duel Ginting vs Povop yang berkangsung xi Birmingbam, (16/3-2024) sore, di gim pertama, sedikit menegangkan karena Ginting yang merupakan unggulan kelima turnamen mampu diredam Povop sehingga pebulutangkis andalan Prancis itu merebut gim pertama dengan skor 21-19.

Di gim kedua, adu permainan cepat dan taktis terus tersaji. Namun, Ginting rupanya berupaya menekan Povop. Dengan kombinasi permainan smash terarah, netting dan plesing yang mengecoh, akhirnya Povop tak mampu berbuat banyak. 

Ginting memenangkan gim kedua dengan skor telak, 21-5 sehingga terjadi rubber game. Di gim ketiga sebagai gim penentu, Ginting tak mau kecolongan lagi.

Pebulutangkis tunggal putra peringkat empat dunia itu terus mengendalikan permainan. Meski Povop berusaha bangkit lagi, dengan sesekali mencuri poin, namun ia tak mampu mengejar petolehan poin Ginting. 


Anthony Sinisuka Ginting, tunggal putra Indonesia dan Christo Povop, Prancis. (Kolase foto: Dok. NuansaBaru.ID/ABDUL). 

Gim Kedua dan Ketiga, AS Ginting 
Kendalikan Permainan 

Secara detail, perjalanan poin gim penentu ditampilkan berikut ini. Poin pertama diraih Povop sehingga skor awal 0-1. Berikutnya dengan perminan netting, Ginting menyamakan menjadi 1-1. 

Selanjutnya dengan gaya plesing yang mengecoh, Ginting meraih 2 poin beruntun lagi, skor 2-1, 3-1. Povop juga mencoba permainan netting dan berhasil, skor menjadi 3-2.   

Berikutnya, dengan smash silang mematikan kemudian plesing netting, Ginting mengoleksi 3 poin berturut lagi. Skornya dari 4-2, 5-2 hingga 6-2. Ginting mulai menjauh 4 poin. Ternyata Povop belum habis, ia juga berhasil merebut 2 poin dan memperkecil ketinggalan, skor berubah madi 6-3 kemudian 6-4.

Lewat permainan taktis seperti sebelumnya, pukulan smash dan permainan netting, Ginting berhasil melaju hingga unggul 6 poin. Perjalanan riilnya, dari poin, 7-4, 7-5, 8-5, 9-5, 10-5 dan dengan smash lurus yang tak bisa ditebak Povop, Ginting menutup interval gim ketiga dengan skor 11-5.

Memasuki paruh kedua gim ketiga, kendati Povop tetap berupaya meraih 1-2  poin, rupanya ia tak mampu keluR dari tekanan. Urutan raihan poin berikutnya, dari 11-6, 12-6, 12-7, 12-8, 13-8, 14-8, 15-8, 16-8, 16-9 dan 16-10.

Pada momen ini, kalau bisa disebut Ginting memberikan pukulan terbaik berupa smash backhand yang praktis arah shutlechock tak dapat dijangkau Povop. Skor menjadi 17-10, terpaut 7 poin. 

Di poin-poin kritis ini Povop masih sempat meraih 1 poin lagi sehjngga skor menjadi 17-11. Setelah itu, di poin 11 untuk Povop, Ginting mengunci. Momen akhir perjalanan poin babak semifinal pertama tunggal putra, Ginting merebut 4 poin beruntun.

Jelasnya, dari poin 18-11, 19-11, 20-11:dan Hinting menbunci kemenagan dengan skor meyakinkan, 21-11. Dengan demikian, meski Ginting telah mengoleksi sejumlah tropi dari berbagai turnamen, namun untuk pertama kalinya di ajang bergensi All England 2024 ini Anthony Sinisuka Ginting melenggang ke final. 

Kemenangan itu juga menorehkan sejarah sebab 22 tahun baru pebulutangkis tunggal putra Indonesia comeback di All England 2024 ini.

Hingga artikel ini tayang, sekira pukul 19.35 WIB,  semifinal kedua tunggal putra All England 2014 belum berlangsung dan menunggu jadwal sesi kedua pukul 24.00 WIB sampai selesai. (*),

Penulis: M, RINALDI
Editor: ABDUL

Topik Terkait

Baca Juga :