Jonathan Christie Lolos ke Final, Pastikan Tunggal Putra All England 2024 All Indonesian Final

 Lewat Duel Menegangkan, Jonathan Taklukkan 

Pebulutangkis India Lakshya Sen 


Ketika tunggal putra India, Lakshya Sen seteru dengan Jonathan Christie semifinal All England 2024, Minggu dinihari, 17 Maret 2024. (Foto: Screenshoot video). 

NuansaBaru.ID. BIRMIGHAM - Lewat pertarungan yang menegangkan, tunggal putra Indonesia Jonathan Christie taklukkan Lakshya Sen dari India. Jonathan Christie yang akrab disapa Jojo, kandaskan Lakshya Sen dengan rubber game. Skornya, 21-12, 10-21 dan 21-15.

Atas kemenangan Jojo ini  menyusul Anthony Sinisuka Ginting lolos ke final All England 2024. Lolosnya kedua tunggal putra ke final ini memastikan terjadinya all Indonesian final. 

Dengan demikian, siapa pun pemenangnya, AS Ginting atau Jonathan Christie, Indonesia  memastikan mengunci 1 gelar juara All England 2024 di sektor tunggal putra.

Jalannya Duel Jonathan vs Lakshya Sen

Menyimak duel Jonathan vs Lakshya Sen, yang berlangsung, Minggu, (17/3-2024) dinihari WIB, di awal-awal gim pertama terjadi perolehan poin yang ketat. 

Dengan selisih poin hanya satu atau dua, bahkan beberapa kali terjadi poin sama. Misalnya, 3-3, 4-4, 5-5 dan 6-6. Mulai poin 7 untuk Lakshya Sen, Jonathan mulai mengendalikan permainan.

Jonathan kemudian merebut interval gim pertama dengan keunggulan 11-7. Bahkan berlanjut hingga poin 14-7 untuk keunggulan Jojo. 

 Yang jelas, Jojo terus menekan dan Sen tak mampu mengembangkan permainan. Lakshya Sen hanya mampu menguntit dengan satu atau dua poin, dan Jonathan terus menjauh. 

Dari poin 14-8 kemudian beranjak ke poin 17-10, 18-11 dan 19-11 untuk keunggulan Jonathan. Sampai akhirnya 20-12 dan Jonathan mengunci kemenangan gim pertama dengan skor 21-12.

Yang menegangkan awal gim kedua, Jonathan seperti drop dan Lakshya Sen balik menekan. Mulai pada poin 5-3 untuk keunggulan Lakshyan Sen. Jonathan banyak berbuat kesalahan sendiri, pengembalian membentur net atau penempatan bola melenceng keluar.  

Pebulutangkis India itu pun sempat meraih 7 poin beruntun. Mulai dari poin 5-3 hingga Lakshya Sen menutup interval gim kedua dengan skor telak 11-3.

Seterusnya, Lakshya Sen memegang kendali hingga poin-poin krusial 17-6, 18-7 hingga 19-10, dan akhirnya mengunci kemenangan gim kedua dengan skor 21-10 dan terjadi rubber game. 



Ini, sosok tunggal putra Indonesia Jonathan Christie dan lawannya di semifinal All England 2024 dalam kolase foto ajang lain. (Foto: Dok. NuansaBaru.ID/ABDUL).

Terseok di Gim Kedua Jonathan 
Bangkit Kembali di Gim Penentu

Di game penentu, Lakshya langsung merebut 3 poin sehingga skor 0-3 untuk ketertinggalan Jonathan, lalu imbang menjadi 3-3, hingga terjadi perebutan poin yang ketat hingga skor imbang lagi menjadi 8-8.

Ternyata mulai saat itu, Jonathan bangkit dan unggul di jnterval,gim ketiga dengan skor 11-8. Jonathan seperti menemukan kembali jatidirinya. Ia mampu kembali melaju dan mempertahankan keunggulah hingga mencapai poin 15-12.

Seterusnya, pada raihan poin 12 untuk Lakshya Sen, Jonathan mengunci lalu meraih 6 poin beruntun dan game point 20-12 untuk Jonathan. Rupanya Lakshya Sen belum menyerah.

Andalan India itu berhasil memperkecil ketinggalan dengan mendapatkan 3 poin berturut sehinngga game poin tertunda. Skor berubah menjadi 15-20 untuk Lakshya Sen atau 20-15 untuk Jonathan. Tak mau menunggu lama lagi, Jonathan kemudian menyudahi gim penentu itu dengan kemenangan 21-15.

Jonathan menang dan menyusul AS Gintlng lolos ke final All England 2024 sektor tunggal putra. Pelatih Jonathan spontan bersujud di lapangan kemudian saling berpelukan dengan Jonathan pertanda euforia kemenangan.

Jonathan akhirnya ketemu dengan rekan senegaranya Anthony Sinisuka Ginting dalam derby all Indonesian final sektor tunggal putra. Babak final All England 2024 ini digelar, Minggu, 17 Maret 2024, dimulai pukul 17.00 WIB sore sampai selesai. (*).

Penulis: M. RINALDI
Editor : ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :