Cawagub Sulsel Hj. Fatmawati Rusdi, Sosok Perempuan Ramah dan Dekat dengan Masyarakat



Sosok Hj Fatmawati Rusdi (Foto: Istimewa)

Titian Karier Hj Fatmawi Rusdi hingga Direkrut Jadi Cawagub ASS 

Nuansabaru.id, MAKASSAR - Penampilannya selalu apik dan anggun, posturnya ideal untuk ukuran orang Timur. Warna kulitnya, kuning langsat. Bila diajak bicara langsung direspon dengan gestur ceria dan murah senyum. 

Itulah lebih-kurang sosok Hj Fatmati Rusdi, Calon Wakil Gubernur (Cawagub) yang siap mendampingi Calon Gubernur (Cagub) Sulawesi Selatan fatahana Andi Sudirman Sulaeman, dalam pilkada gubernur 2024. 

Wanita karier yang bernama lengkap Hj Fatmawati Rusdi, S.E. M.M, bukan hanya dikenal sebagai perempuan pioner yang telah mengenyam pengalaman pada berbagai jabatan. Baik di birokrasi pemerintahan, legeslatif, perusahaan, organisasi kewanitaan dan yang lainnya.

Fatmawati, nama singkatnya, dikenal sebagai sosok perempuan yang dari sananya memang dikenal memiliki kepribadian luwes, ramah dan murah senyum serta dekat dengan masyarakat. Oleh karena itu, ia dinilai memang layak menduduki jabatan publik yang banyak bersentuhan dengan masyarakat banyak. 

"Bu, Fatma (Hj Fatmawati) itu enak, kita tidak tegang menghadapinya. Kemudian, orangnya ramah dan pemurah lagi, bahkan sangat memperhatikan bawahannya, " ujar Muin, mantan Staf Humas Pemkab Sidrapn era Bupati Sidrap, H. Rusdi Masse.

Muin, staf humas yang sering mendampingi Hj Fatmawati selaku Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Sidrap dan pengurusnya dalam berbagai kegiatan PKK, baik di Sidrap maupun di Makassar.
 
Purnabakti humas tersebut bernostalgia sekilas. Ia mengingat pernah difasilitasi Ibu Fatma selaku Ketua TP PKK, seluruh staf humas Pemkab Sidrap untuk menikmati sarana hiburan sepuasnya di TSM (Trans Studio Mall) di Jln Metro Tanjung Bunga Makassar.

Bahkan Ibu Fatma, katanya, terkadang turun menyapa dan memperhatikan sampai kepada hal-hal mendasar seperti masalah makanan staf atau bawahnnya. 

"Sudah makan semua, ayo pergi makan," kata Ibu Fatma, peduli stafnya pada satu kesempatan seperti dikenang Muin.

Tak cuma di Sidrap, Nur'anah, seorang ibu rumah tangga di Makassar mengakui, keramahan seorang Hj Fatmawati ketika menghadiri kegiatan sebagai Wakil Wali Kota Makassar.

"Ibu Wakil Wali Kota itu (Hj Fatmawati), baji ki tauwa oranna. Dia ramah dan murah senyum. Kita puas itu masyarakat kecil kalau seorang pejabat suka menyapa, apalagi nasawer ki, " kata Ibu Nur'anah setengah bercanda, terkesan simpatik dengan sikap Hj Fatmawati.



Pasangan suami-isteri H Rusdi Masse Mappasessu-Hj Fatmawati Rusdi.
(Foto: Instagram@Fatmawati).

Lebih Dekat dengan Sosok Hj Famawati 

Bila ditelusuri biodatanya, Hj Fatmawati ternyata wanita kelahiran, Kota Parepare, 9 Mei 1980. Mendiang ayahnya seorang pengusa Pertamina (Pom Bensin SPBU) yang terletak di Panreng Kecamatan Baranti Kabupaten Sidrap, poros Rappang-Parepare.

Ibunya bernama Puang Colong, tokoh masyatakat wanita di wilayah itu. Di samping kiri SPBU itulah terletak rumah orangtuanya.
Di kawasan inilah, sekira 1 kilometer dari Kota Rappang, ibukota lama Kabupaten Sidrap, Fatmawati menjalani masa kecil hingga sweet seventeen. Termasuk menjalani jenjang pendidikannya hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).
 
Jenjang pendidikan Fatmawati dijalani di sekolahan yang tak begitu jauh dari kediaman orangtuanya. Ia tamat SDN 4 Benteng Sidrap (1992), SMPN 1 Rappang Sidrap (1995) dan SMAN 1 Rappang Sidrap (1998).

Sedangkan pendidikan Strata satu (S1) diraih dari Fakultas Ekonomi Universitas Jayabaya Bogor Jawa Barat (2012). Lalu gelar strata dua (S2) juga diraih di kampus yang sama, Universitas Jayabaya Bogor (2018), program pasca sarjana.
Fatmawati dipersunting oleh H. Rusdi Masse, pria asal Rappang Sidrap. Dari hasil pernikahannya pasangan itu
dikaruniai 3 orang anak bernama Muammar Ferri Rae Gandi Rusdi, Adinda Qanifa Rusdi dan Alexandria Calista Rusdi.

Perjalan kehidupan terus bergulir mereka hijrah ke ibukota Jakarta. Waktu terus berjalan dan situasi pun berubah.  
Sosok bernama lengkap H Rusdi Masse Mappasessu, tumbuh dan berkembang sebagai pengusaha sukses di Jakarta dengan bidang usaha expedisi antarpulau.
Pada satu momen H. Rusdi Masse pulang kampung. Ia mencoba terjun ke dunia politik. Ujung-ujungnya, H. Rusdi Masse terpilih menjadi Bupati Sidrap. Bahkan, ia sukses terpilih menjadi Bupati Sidrap 2 periode (2008-2013 dan 2013-2018).
H Rusdi Masse Bupati Sidrap 2 periode, maka secara otomatis Hj Fatmawati berperan sebagai Ketua Tim Penggerak PKK selama 10 tahun (2008-2018). Termasuk juga Ketua Pembina Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sidrap (2008-2018).

Sebagai Ketua TP PKK, Hj Fatmawati dan pengurusnya proaktif mengenjot program-program strategis terkait dengan pemberdayaan masyarakat, utamanya meningkatkan petanserta ibu-ibu rumah tangga di Sidrap.   

Diantaranya, peningkatan pendidikan dan itelektual anak, peningkatan kesejahteraan keluarga, pemberantasan buta aksara Al Qur'an dan sebagainya.

Di sisi lain, Hj Fatmawati juga termasuk seorang pengusaha. Ia aktif berorganisasi di asosiasi pengusaha kapal kargo, Indonesian National Shipowners Association (INSA) dan juga di Gabungan Forwarder dan Ekspedisi Indonesia (GEFEKSI). Hj Fatmawati juga sebagai Direktur PT Bayumas Jaya Mandiri Jakarta.

Awalnya Hj Fatmawati sebetulnya bukan politisi. Namun, ketika memasuki periode kedua masa jabatan suaminya H. Rusdi Masse sebagai Bupati Sidrap (2013 -2018), Hj. Fatmawati mencoba terjun ke panggung politik yakni bergabung dengan PPP (Partai Persatuan Pembangunan).

Hasilnya, dewi fortune memayungi wanita sarjana ekonomi itu. Hj Fatmawati terpilih di Dapil III Sulsel menjadi anggota DPR RI (2014-2018) dari PPP. Ia duduk di Komisi V DPR RI yang membidangi perhubungan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, pembangunan pedesaan dan kawasan tertinggal.


 Bakal Cagub-Cawagub Sulsel 2024, Andi Sudirman Sulaemen-Hj Fatmawati Rusdi. (Foto: Dok. Istimewa).

Karier Politik Fatmawati Membaik

Sementara itu momen berikutnya, H. Rusdi Masse terpilih menjadi Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Sulsel. Hj Fatmawawati lalu menyeberang ke Partai NasDem. Bahkan, Hj Fatmawati mendapat mandat sebagai Wakil Bendahara Umum Bidang Penggalangan Dana DPP Partai NasDem oleh Ketua Partai Nasdem Surya Paloh.

Karier politiknya terus membaik. Dalam Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota Makassar 2021-2024, Calon Wali Kota Muhammad Ramadhan Pomanto (Danny Pomanto) meminangnya sebagai pendamping atau Calon Wakil Wali Kota.

Akhirnya, pasangan Danny Pomanto -Hj Fatmawati Rusdi sukses terpilih menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar (2021-2014).

Tak sampai di situ, belum selesai masa jabatannya mendampingi Danny Pomanto, Hj Fatmawati undur diri. Hj Fatmawati kembali turun berkontestasi dalam Pemilu Legelatif DPR RI 2024 melalui Partai NasDem.

Tentu strategi ini direstui orang terdekatnya, H. Rusdi Masse sebagai Ketua DPW Partai NasDem Prov Sulsel. Akhirnya, berkat perjuangannya, Hj Fatmawati sukses kembali meraih suara signifikan dan sukses terpilih  menjadi anggota DPR RI 2024 dari Partai NasDem Dapil I Sulsel. 
 

Hj Fatmawati Rusdi sukses mengikuti jejak H Rusdi Masse yang terpilih menjadi anggota DPRI RI  2024 Dapil I Sulsel dengan meraih suara terbanyak di Sulsel.

Sementara itu, nuansa pilkada 2024 mulai berhembus, termasuk di Kota Makassar. Di bulan Ramadhan 1445 H lalu, Hj Fatmawati mencuat namanya menjadi salah satu figur bakal calon kuat Wali Kota Makassar 2024.
Prediksi itu beralasan, karena Hj Fatmawati Rusdi mantan Wakil Wali Kota Makassar. Banyak terjadi, selama ini wakil walikota/wakil bupati (02) maju sebagai calon walikota/bupati (01) dan sukses terpilih.
Ekskalasi politik Pilkada Gubernur Sulsel 2024 mulai menggeliat dan ujung-ujungnya berkata lain. Angin segar berhembus kencang ke Partai NasDem sebagai pemenang Pemilu 2024 di  Sulsel, dengan perolehan 17 kursi di DPRD Sulsel.
Kubu bakal calon gubernur incumbent Andi Sudirman Sulaeman mendekati pihak , Fatmawati Rusdi. Rupanya, gayung bersambut, kedua pihak menguat sebagai bakal calon kuat gubernur-wakil gubernur 2024.

Momen itu merebak ketika H. Rusdi Masse sebagai Ketua DPW Partai NasDem Sulsel diketahui publik bersilaturahmi dengan Mentan RI Andi Amran Sulaeman yang juga kakak kandung Andi Sudirman Sulaeman. 

Selanjutnya diperoleh informasi, perkembangan terakhir yang terjadi menyebutkan pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Sulsel 2024, Andi Sudirman Sulaeman-Hj Fatmawati Rusdi, hampir pasti menjadi salah satu calon resmi pilihan masyarakat kelak dalam Pilkada Gubernur Sulsel 2024 mendatang. (*).

Referensi        :
 Berbagai Sumber
Penulis/Editor: ABDUL MUIN L.O.


Topik Terkait

Baca Juga :