Geliat Pangdam XIV/Hasanuddin Rajut Kebersamaan Wujudkan Aksi Bebas Sampah di Pantai Losari

Sambut HUT RI ke-78 dan HUT Sulsel ke-354, TNI, Polri, Pemda, IKA Unhas, Pelajar dan Masyarakat Bersinergi Gelar Aksi Bebas Sampah 



Kiri: Pangdam XIV/Hsn, Mayjen TNI Totok Imam Santoso, turun langsung ber-aksi bebas sampah. Kanan: Personel TNI-Polri dan masyarakat yang siap beraksi di seputaran Pantai ?osari Makassar. (Foto: Pendam XIV/Hsn).


Sisi kiri, kolaborasi TNI-Polri, Pemda dan masyarakat yang siap beraksi dan sisi kanan area Pantai Losari Maassar yang disasar (ditarget). (Foto: Pendam/Hsn).

NuansaBaru,ID, MAKASSAR -- Menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, tak hanya melaksanakan berbagai kegiatan perlombaan. Prakarsa yang tak kurang pentingnya, dilaksanakan Aksi Bersih Pantai. Giat tersebut sekaligus untuk menyambut Hari Jadi Sulawesi Selatan ke-354. 

Informasi yang dihimpun dari Pendam XIV/Hasanuddin menyebutkan, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han)., bersama Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, ST., dan jajaran Forkopimda Prov Sulsel mengikuti Aksi Bersih Pantai, Sabtu, (5/8-2023). 

Kegiatan kolaborasi Pemprov Sulsel, unsur TNI-Polri dan berbagai komponen bangsa ini, dicanangkan dan diorakarsai oleh Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA UNHAS).

Di hadapan awak media, Pangdam menuturkan bahwa, sekutar 4 hingga 5 ribu personel gabungan TNI yang kompak hadir, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan Sulsel.


"Sekitar 4 hingga 5 ribu personel yang dihadirkan ini adalah menyasar lokasi strategis di Makassar, dan ini tempat wisatawan, tempat berkumpul dan berolahraga, juga menikmati hiburan serta makan dan udara segar, jadi sangat bagus, " ujar Mayjen Totok yang ketika itu tak sungkem-sungkem alias turun langsung bersih-bersih sampah.

"Hari ini kita melaksanakan kerja bakti bersama dan juga sekaligus sebagai wujud sinergi dan kemanunggalan TNI-Polri, Pemda, IKA Unhas dan seluruh masyarakat. Dan tidak kalah pentingnya hari ini ada adik-adik anak sekolah, kita sambil edukasi mereka betapa pentingnya kebersihan, betapa penting menjaga lingkungan, " imbuh pucuk pimpinan Kodam XIV/Hsn itu.


Kegiatan ini merupakan wujud sinergitas TNI, Polri, Pemda, IKA Unhas, pelajar dan masyarakat dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 dan HUT Sulsel ke-354 tahun 2023. 


Pangdam XIV/Hsn Mayjen Totok ketika diwawancarai awak media di sekitar lokasi aksi bebas sampah. (Foto: Pendam XIV/Hsn).

Gubernur Sulsel Nyatakan Giat ini
Lebih dari Panggilan Tugas

Menurutnya, antusiasme kehadiran ribuan personel gabungan di tempat yang menjadi ikon Kota Makassar ini selain untuk bersilatuhrahmi juga merupakan bentuk pengabdian kepada negara dalam membantu program kerja pemerintahan.


"Memang mereka juga cukup antusias, jadi mereka pingin disamping untuk silaturahmi dan kebersamaan, mereka juga ingin menunjukkan baktinya kepada pemerintah provinsi, khususnya di wilayah Kota Makassar," tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan terutama kebersihan dan kenyamanan guna menjaga lingkungan tetap sehat.

Gubernur Sulsel pun menyampaikan apresiasi kepada Pangdam Hasanuddin atas bantuan dan dukungan yang diberikan. Gubernur berharap agar kegiatan seperti ini dapat terselenggara kembali.

"Terima kasih kepada Pak Pangdam, IKA Unhas, Pangdiv, Pangkoops, semuanya yang telah membantu. Dan ini sudah lebih dari panggilan tugas dan tentu kami sangat apresiasi dan kami berharap kerjasama, sinergitas ini terus bisa kita lanjutkan secara berkala di tempat-tempat yang kita target bersama, " jelasnya.

Penulis: M. BASIR
 
Editor: SUCI SRI WAHYUNI
 


Topik Terkait

Baca Juga :