Sertijab Jangan Dimaknai Kegiatan Rutin. Ada Tugas Harus Dijalankan dengan Inovasi dan Terobosan

Pesan Pangdam dalam Sertijab 

Sejumlah PJU Kodam XIV/Hasanuddin



Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso Pimpin Upacara Sertijab sejumlah PJU Kodam XIV/Hsn.  (Foto: Pendam XIV/Hsn).

NuansaBaru,ID, MAKASSAR -- Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han)., memimpin acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) sejumlah Pejabat Utama (PJU) Kodam dan Tradisi Penerimaan warga baru Kodam.


Sertijab berlangsung di di lapangan Makodim 1408/Makassar, Kamis (10/8/2023). Dohadiri sejumlah PJU Kodam, termasuk pejabat yang diserahterimakan, dan hadirin lainnya.

Adapun para PJU Kodam yang beralih tugas sebanyak 4 (empat) jabatan. Jelasnya, Kakesdam XIV/Hsn Kolonel Ckm dr. Masri Sihombing, Sp.OT., M.Kes yang baru menggantikan pejabat lama Kolonel Ckm dr. Adhy Sugih Arto, Sp., M.Kes. Kemudian, Kainfolahtadam XIV/Hsn Kolonel Inf Rafiudin Hanafi yang baru, menggantikan pejabat lama Kolonel Inf Drs. Sahabuddin.

Selanjutnya, Kabekangdam XIV/Hsn Kolonel Cba V. Fancy Dwi Cristanto, S.Sos., M.Si., yang baru menggantikan pejabat lama Kolonel Cba Trijoko Sulistio, S.E., dan Komandam Kodim (Dandim) 1408/Makassar Letkol Inf Lizardo Gumay, S.H., M.M., M.I.Pol. menggantikan pejabat lama Kolonel Cba Trijoko Sulistio, S.E.
.
Seperti kebanyakan institusi lain, mutasi dan sertijab dianggap sebagai hal yang biasa dan lumrah untuk penyegaran dan pengembangan karier belaka. Lain halnya dengan Pangdam XIV/Hassnuddin justru berpesan kepada pejabat abar jangan dimaknai sebagai kegiatan rutin dan biasa-biasa saja.

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso menyampaikan semacam pesan tegas kepada para pejabat yang diserahterimakan agar kegiatan sertijab ini jangan dimaknai sebagai kegiatan rutin (belaka).

Mayjen Totok menegaskan bahwa ada tugas dan harus segera dijalankan dengan inovasi dan terobosan. “Tidak ada target untuk pejabat baru. Harus segera beradapsi, khususnya Dandim 1408/Makassar. Apalagi sudah masuk ke tahapan Pemilu, " tegasnya. 


Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen Totok Imsm Santoso lantik dan serahterimakan srjumlah PJU Kodam XIV/Hsn (Foto: Pendam XIV/Hsn). 
Pejabat Baru Diminta Cepat Beradaptasi
Pucuk pimpinan TNI yang mewilayahi Sulsel, Sulbar dan Sultra ini berharap pejabat yang baru jangan bekerja biasa-biasa saja dan jangan anggap tugas seperti (bahan) hafalan. Pejabat harus punya inovasi dan ide baru.

"Saat ini perkembangan cukup masif, terutama medsos (media sosial) dan lingkungan. Karena jika tidak ada inovasi atau ide-ide baru, kita akan kalah. Olehnya itu pejabat baru, segera punya terobosan baru sehingga saat dilibatkan dalam tugas sudah siap, " tandasnya.

Sosok orang nomor satu di Kodam Hasanuddin ini juga berharap kepada pejabat yang baru bisa dengan cepat mempelajari, menindaklanjuti dan mengevaluasi, sehingga tak lama beradaptasi dan menyesuaikan diri.

Selanjutnya, Mayjen Totok krmudian menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada pejabat yang baru. “Saya yakin mereka bisa optimal di tempat baru karena sudah digembleng, " ujarnya optimis.

Selain Sertijab PJU Kodam, di hadapan Ketua Persit Chandra Kirana (KCK) PD XIV/Hasanuddin, Ny. Desi Totok Imam dan pengurus - dalam rangkaian waktu yang bersamaan - juga dilaksanakan Sertijab Ketua Persit KCK Cabang Kodim 1408/Makassar, Kesdam, Bekangdam dan Infolahtadam. (*).

Referensi: Pendam XIV/Hsn

Penulis/Editor: ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :