Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Warga asal Sudiang Makassar Jadi Kapolres Parepare

Minggu, 23 Juli 2023 | 10:35 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-24T12:01:30Z

Dari Sulawesi ke Kalimantan lalu ke 

Sumatera dan Kembali ke Sulawesi


Kapolres Parepare yang baru, AKBP Arman Muis, S.H., S.I.K., M.M. (Foto: Istimewa) 

NuansaBaru.ID, PAREPARE -- Kepolisian Resort Parepare kini berganti kendali. Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) baru kota tua kedua setelah Makassar itu orangnya dibesarkan di Sudiang Makassar. Dia berdarah Bugis-Makassarar, namun lahirnya di Sorong Papua Barat.

Kapolres Parepare yang baru itu AKBP Arman Muis, S.H., S.I.K., M.M. Sosok AKBP Arman Muis telah resmi dilantik dan diserahterimakan oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs Setyo Boedi Moempoeni Harso, S.H., M.Hum. sehari sebelumnya di aula Mappaoddang Mapolda Sulsel, Jum'at, (21/7-2023).

Ketika itu, Arman Muis diserahterimakan berbarengan dengan 4 PJU Polda Sulsel dan 4 Kapolres di jajàran Polda Sulsel. Sejumlah 4 PJU Polda Sulsel yang diserahterimakan saat itu, Dir Intelkam, Dirresnarkoba, Dirlantas dan Kabidkum. Sedangkan 4 Kapolres yang juga diserahterimakan, Kapolres Parepare, Kapolres Pinrang, Kapolres Sinjai dan Kapolres Bulukumba.

Sebagai Kapolres Parepare AKBP Arman Muis menggantikan AKBP Andiko Wicaksono yang dialihttugaskan menjabat Kapolres Pinrang. Sedangkan Arman Muis sebelumnya menjabat sebagai Kabag Ops Polres Medan Sumatera Utara.

Kenal-Pamit Kapolres Parepare berlangsung di Mapolres Parepare, Jalan Andi Mappatola, Kota Parepare, Sabtu (22/7-2023). Pada suasana jumpa pertama, Arman Muis berkisah sekilas tentang asal-usul dan perjalanan kariernya di kepolisian.



Kapolres Pare AKBP Arman Muis dan Ny. Lenny Tri Bimasari sebagai Ketua Bhayangkari Cabang Parepare yang baru. (Foto: Istimewa).

Arman Muis Akui Berdarah 
Asli Bugis-Makassar

Arman Muis mengakui bahwa dirinya berdarah asli Bugis-Makassar, namun lahir di tanah Papua. Bahkan, ia dibesarkan di Sudiang, Kecamatan Biringkanaya Makassar.

“Saya Arman Muis, asli Bugis Makassar, cuma saya lahirnya di Soron. Kemudian besar di Sudiang, Makassar,” kisahnya.

Diungkapkannya bahwa setelah selesai lenddikannya di PTIK (Pendidikan Tinggi Ilmu Kepolisian), ia ditugaskan di Polda Kalimantan Tengah, kemudian mengikuti Sespim (Sekolah Staf dan Pimpinan). Setelah itu ditugaskan di Badan Intelijen Negara (BIN).

Setelah itu, Arman Muis mengikuti Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri (Sespim Lemdiklat Polri). Lepas dari Sespim Lemdiklat Polri, Arman Muis ditempatkan di Polda Sumatera Utara.

Jabatan terakhir di pulau ujung Barat Indonesia itu, Arman Muis mengemban amanah sebagai Kabag Ops Polres Medan selama lebih-kurang 2 tahun, tahun 2021 hingga tahun 2023. Sampai akhirnya di pertengahan Juli 2023 Arman Muis pulang kampung atau kembali ke Sulawesi Selatan.

"Jadi coba bayangkan, dari Sulawesi ke Kalimantan, baru dipindahkan ke Sumatera Utara dan kembali ke Sulawesi,” kilahnya.

Kapolres baru Kota Parepare tersebut menyebutkan, dari pendampingnya Ny. Lenny Tri Bimasari, memiliki 4 (empat) orang anak. Dari 4 anak tersebut, 2 diantaranya merupakan anak kandung dan 2 anak angkat. (*).

Penulis: MUSAFIR MUCHTAR
Editor: ABDUL 


Hukum

×
Berita Terbaru Update