Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kapolres Parepare Attensi 2 Agenda Penting, Pengaman Sepak Bola dan Operasi Mantap Brata

Senin, 15 Mei 2023 | 21:25 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-15T18:23:25Z


Dari Apel Pagi Jam Pimpinan 

Dirangkaikan Sosialisasi Penggunaan APAR



Praktek Penggunaan Alat Pemadam Kebakaran Api Ringan (APAR) di halaman Mapolres Parepare. Terlihat apinya masih berkobar/meluap dan sebentar akan disemprotkan APAR (Foto: Sihumas Polres Parepare).

NuansaBaru.ID, PAREPARE - Polres Parepare akan melakoni sejumlah agenda kegiatan penting ke depannya. Sejumlah agenda kegiatan besar akan kita lakoni beberapa waktu yang akan datang. Antara lain, pengamanan sepak bola dan Operasi Mantap Brata. 

Demikian ditegaskan Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Parepare, AKBP Andiko Wicaksono, S.I.K. dalam amanatnya ketika memimpin Apel Pagi Jam Pimpinan, yang berlangsung di halaman apel Mapolres Parepare, Senin, (15/5-2023).

Apel pagi rutinitas minggu ke-3 bulan Mei 2023, diawali dengan pengucapan Tribrata dan Catur Prasetya oleh 2 (dua) personil Bintara Remaja. Pengucapan ini untuk mengingatkan seluruh personil Polres Parepare pada landasan hidup seorang anggota Polri.

Untuk diketahui, Kapolres Parepare Andiko Wicaksono, terkait dengan turnamen akbar BRI Liga 1 musim 2022/2023 sempat menjadi perhatian. Kapolres dinilai berhasil mengkoordinasi pengamanan pertandingan sepak bola ketika PSM Makassar main kandang di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare sebagai home base PSM.

Andiko Wicaksono merupakan penggagas motto dengan tagline, "Kordinasi, Kolaborasi dan Sinergitas" untuk mewujudkan pengamanan yang maksimal. Bahkan dalam satu kesempatan silaturahmi dengan suporter PSM, Presiden Suporter PSM The Marc Man, Ocha Alim menokohkan Kapolres Parepare Andiko Wicaksono sebagai bapak angkat Thr Marc Man.

Pada suasana apel pagi, Senin 15 Mei 2023 itu, dengan jajarannya, Kapolres menyampaikan  kepada anggotanya memberikan anttensi menghadapi 2 agenda penting yakni, pengaman sepak bola dan Operasi Mantap Brata.

"Dua agenda kegiatan ini, membutuhkan konsistensi dari kita dalam melakukan pengamanan, yang tentunya juga akan bertepatan dengan giat rutin pelayanan masyarakat. Olehnya itu, saya minta rekan-rekan untuk tetap jaga kesehatan, " tegasnya.

Sementara itu, usai apel pagi, dilaksanakan satu agenda lain yang telah dipersiapkan dan dikordinasikan sebelumnya dengan pihak terkait. Jelasnya, giat Sosialisasi penggunaan alat semprot APAR (Alat Pemadam Kebakaran Api Ringan) dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Pemkot Parepare.


Kapolres Parepare, Andiko Wicaksono didampingi Kasi Damkar dan Penyelamat Pemkot Pareparr, H. Suparto mencoba penggunaan APAR  dan apinya langsung padam. 


Seorang polwan personil Polres Parepare juga mencoba menggunakan APAR, apinya terlihat sudah hampir padam. 

(Foto-foto: Sihumas Polres Parepare).

Bila Disemprotkan APAR,
Api Langsung Padam 

Sosialisasi penggunaan APAR dipimpin oleh H. Suparto, Kasi Pendataan, Pemeriksaan dan Pengawasan Dinas Damkar dan Penyelamatan Pemkot Parepare. Di hadapan Kapolres Parepare dan selurih personil, H. Suparto memperagakan tata cara penggunaan beberapa peralatan semprot APAR itu.

Dalam prakteknpenggunaan alatntersebut, sejumlah personil mencoba memadamkan api menggunakan APAR. Bahkan Kapolres Parepare juga ikut mencoba menggunakan alat semprot APAR ini.

H. Suparto yang ditemui usai sosialisasi, mengungkapkan perihal tata cara memadamkan api ringan dengan menggunakan alat semprot APAR.

"Hari ini (Senin 15/5) sosialisasi kita lakukan di Polres Parepare, Pak Kapolres mengundang kami untuk menjelaskan tata cara penggunaan APAR kepada seluruh personil Polres Parepare. Dengan harapan setiap personil Polres Parepare tahu dan faham cara penggunaan APAR, " ujar Suparto.

Dikatakan, sosialisasi akan dilanjutkan ke tingkat kelurahan dan kecamatan, dengan harapan masyarakat Kota Parepare juga mengetahui fungsi vital dari APAR. H. Suparno menganjurkan agar masyarakat memiliki APAR di rumah masin-masing, untuk mencegah kebakaran yang bermula dari kompor gas yang meledak, listrik korslet dan sebagainya.

Kasi dari Dinas Damkar itu menyebutkan, semprot APAR berisi powder dan N2 yang sangat efektif memadamkan api ringan. Maksudnya, bila disemprotkan ke api yang sedang menyala, maka apinya langsung padam.

"Iya betul sekali, APAR mampu langsung memadamkan api dengan seketika, jika api berasal dari kompor yang meledak itu di semprot dengan APAR, apinya langsung padam seketika. Peralatan ini sangat berguna untuk dimiliki oleh setiap rumah tangga, "
jelasnya.

Untuk pengamanan kantor, pihak Polres Parepare telah menyiagakan sejumlah alat semprot APAR di setiap ruang kerja. Pada kesempatan sosialisasi ini juga menjadi sarana yang penting untuk mengetahui secara detail penggunaan dari APAR.(*).

Penulis: MUSAFIR MUCHTAR
Editor: SUCI SRI WAHYUNI

Hukum

×
Berita Terbaru Update