Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Isteri Terbaring di Rumah Sakit, Suaminya, Jurnalis Muin L.O Raih Piala Kapolda Sulsel

Selasa, 19 Juli 2022 | 04:25 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-04T11:06:39Z
Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana saat menyerahkan piala dan uang pembinaan ke juara I Lomba Karya Jurnalistik, Nasrun Majid (kiri) dan siap-siap Abdul Muin L.O sebagai juara II (kanan) -- (Basir/NuansaBaru).

NUANSABARU.ID, MAKASSAR - Tak terbayangkan sebelumnya, kalau dilema ini dialami, Abdul Muin L.O, jurnalis peserta Lomba Karya Tulis perebutan Piala Kapolda Sulsel. Mendekati deadline pengumuman penyerahan hadiah, isterinya masuk UGD (Unit Gawa Darurat) rumah sakit di Makassar. 


Dilematisnya, wartawan yang kalau di kalangan jurnalis Sulsel dikenal dengan sapaan Bang Muin L.O ini berhasil meraih juara dalam lomba karya tulis tersebut.  Sementara isterinya, Ny. Nurhayati masuk UGD kemudian dirawat inap di RSUD Sayang Rakyat Makassar sehari  sebelum suaminya terima piala. 


Muin L.O yang disapa oleh sejumlah awak media, teman-temannya, usai menerima piala nampak terharu. Bahkan sempat meneteskan air mata. "Sory teman, isteri saya sedang di rumah sakit sekarang, saya sih gembira terima piala dari Kapolda Sulsel, tapi sedih juga karena ibu (isterinya) di rumah sakit, " ujarnya terharu sembari mengusap air matanya dengan tisu.


Wartawan yang terkesan suka mengakrabi sesamanya wartawan meski baru ketemuan ini, bukan eforia atas kemenangannya. Muin L.O juga tidak menangis karena cengeng. Namun, kesan bahagia bercampur sedih membuat ia tak bisa menyembunyikan rasa harunya. 


"Saya bersyukur dapat pengahargaan dari karya saya, tapi juga ikhlas menghadapi ujian Tuhan, karena isteri saya sakit. Aku harus tegar untuk terus menulis dan menulis, teman-teman," tegasnya sambil mengepalkan tinjunya bak ‘salam komando” menyemangati diri dan teman-temannya. 


Sebagaimana telah terpublikasi di berbagai media, bahwa Kepolisian Daerah Sulawei Selatan (Polda Sulsel) dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022, menggelar Lomba Karya Tulis Jurnalistik dan Lomba Domino. Lomba tersebut terbuka khusus untuk para wartawan di wilayah Polda Sulsel. 


Khusus lomba penulisan karya jurnalistik, salah satu persyaratannya, karya jurnalistik tersebut harus dimuat atau ditayangkan di media massa antara tanggal 5 -13 Juli 2022. Selain itu, narasi (naskah asli) dalam bentuk word dan screenshoot berita yang telah tayang di-posting ke panitia serta syarat-syarat lainnya.


Diperoleh informasi dari Panitia dan Staf Humas Polda Sulsel, hingga deadline (batas akhir) pemasukan karya tulis, Rabu, 13 Juli 2022, tercatat hanya 38 karya tulis jurnalistik yang terdaftar dan memenuhi syarat mengikuti lomba. Sedangkan lomba domino hingga batas akhir pendaftaran dapat memenuhi kuota sebanyak 100 peserta lomba. Meski lomba domino ini masih banyak yang berminat, namun terlambat mendaftar.

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana (duduk tengah) didampingi PJU Polda Sulsel dengan latarbelakang suasana lomba domino (Basir/NuansaBaru).


Lomba domino digelar sehari di Aula Mappaoddang Mapolda Sulsel, Jum'at, 15 Juli 2022. Pagi harinya, Lomba Domino dibuka langsung Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs Nana Sudjana, M.M. Dihadiri Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol CH Patopoi, Kabidhumas Polda Sulsel, Kombes Pol Komang Suartana, jajaran PJU Polda Sulsel, termasuk Dirkrimum dan Dirkrimsus Polda Sulsel yang baru.

Kapolda Suls1el, Irjen Pol Nana Sudjana dan jajarannya terlihat begitu konsen menghadiri langsung pembukaan hingga penyerahan hadiah pemenang lomba karya tulis jurnalistik dan pemenang lomba domino, Jum'at, (15/7)


Juara I Karya Tulis: Nasrun (Lutim), Domino: Sahar (Wajo)


Adapun pemenang lomba karya tulis junalistik selengkapnya masing- masing, Juara I, Nasrum Majid (Pimpred Lutimterkini.com), dengan raihan nilai 267 dan skor akhir 89,00. Sedangkan juara II diraih Redaktur MERPOSnews.com, Abdul Muin L.O yang mendapatkan rekap nilai 266 dengan skor akhir 88,67. Dalam hal ini beda tipis hanya 1 angka dan skor akhir hanya beda 0,33 bagi juara I dan juara II. 


Perolehan juara selengkapya, Juara I: Nasrun Majid (Lutimterkini.com) Lutim dengan nilai (N) = 267 dan skor akhir= SA= 89,00), Juara II: Abdul Muin L.O (MERPOSnews.com) Makassar, N = 266 dan SA = 88,67. Sedangkan Juara III: Mustamin (TVRI Sulsel) Makassar, N = 260 dan SA = 86,6. Juara 3 besar tersebut masing-masing mendapatkan piala, penghargaan dan uang pembinaan


Selanjutnya, sebagai Juara Harapan I: Firmansyah (Inilahcelebes.com) Wajo, N = 259 dan SA = 86,33, Juara Harapan II: Endra Mardani (FAJAR.co.id) Makassar, N = 258 dan SA = 86,00) serta Juara Harapan III: M. Dahlan Abu Bakar (Republiknews.co.id) Makassar, N = 246 dan SA = 82,00. Ketiganya juga mendapatkan penghargaan dan sejumlah uang pembinaan.


Sementara untuk Lomba Domino yang berhasil menjadi 6 terbaik masing-masing, Juara I: Sahar, jurnalis peserta lomba domino utusan (Polres Wajo), juara II: Ahkam (Polres Barru) dan juara III: Muh. Haris (Polres Jenneponto). Kemudian, Juara Harapan I: Yusrizal (utusan Polresta Makassar), Juara Harapan II: Agus (Polres Gowa) dan Juara Harapan III: Chairil (Polres Maros). 


Para wartawan yang tak meraih hadiah dari lomba karya jurnalistik dan lomba domino, masih berpeluang 1mendapatkan hadiah undian doorprize bagi yang beruntung. Undian doorprize berdasarkan nomor meja dan nomor kursi yang diduduki masing-wartawan. Hadiah doorprize juga lumayan menggembirakan, mulai dari kipas angin, dispenser, kompor gas, lemari es hingga televisi terkini jenis LED. 


Setelah Jum'at paginya dibuka langsug oleh Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs Nana Sudjana, M.M, maka sore harinya sekira pukul 16,00 Wita, orang nomor satunya Polda Sulsel itu bersama PJU Polda juga meluangkan waktunya untuk menyerahkan langsung piala dan pengahargaan kepada para pemenang. Baik pemenang Lomba Penulisan Karya Junalistik maupun Lomba Domino.


Kapolda Sulsel, Irjen Pol serangkaian kegiatan ini mengatakan memilih tema,”Memupuk sinergitas antara Polri dan media untuk meningkatkan kualitas pemberitaan.” Kapolda Sulsel berharap komunikasi, kordinasi dan kolaborasi terus terjalin. “Semogabke depan hubungan kita semakin baik dan sinergitas akan terus kita tingkatkan,” cetusnya. (BASIR -NB)

Hukum

×
Berita Terbaru Update