Seleksi Calon Gubernur Sulsel 2024 Bakal Ramai dan Bersaing Seru

 Lebih dari 10-an Putra Terbaik Sulsel Namanya Muncul Ramaikan Bursa Prapencalonan Gubernur 



Ini diantaranya sosok bakal Cagub Sulsel yang muncul. Dari kiri, Andi Sudirman Sulaeman, H Rusdi Masse Mappasessu, Mayjen Purn TNI Andi Muammad Bau Sawa Mappanyukki, Ilham Arief Sirajuddin, Muhammad Ramadhan Pomanto dan AM Nurdin Halid. (Kolase foto: NuansaBaru.ID/ABDUL)


NuansaBaru.ID, MAKASSAR - Pemilhan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2024 masih sekitar 8 bulan lagi dari sekarang. Namun demikian, saat ini sudah bermunculan lebih dari 10-an nama yang berpotensi meramaikan bursa cagub dan cawagub Sulsel kali ini.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tertanggal 26 Januari 2024, Pilkada Serentak, Gubernur-Wakil Gubernur akan berlangsung, Rabu, 27 November 2024 mendatang. Inklud dengan pilkada kabupaten/kota. 

Meski belum jelas siapa saja calon gubernur (cagub) maupun calon wakil gubernur (cawagub) yang bakal bertarung, sinyal bakal ramainya bursa pencalonan dan serunya persaingan telah menggejala. Ditandai dengan terpublikasinya sejumlah calon penantang Andi Sudirman Sulaeman sebagai patahana.

Deretan bakal cagub yang bermunculan namanya - urutannya acak, tak berarti berdasarkan elektabilitas - antara lain, (1). Andi Sudirman Sulaeman, mantan Gubernur Sulsel, (2). Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, mantan Pangdam XIV/Hasanuddin,  (3). H. Rusdi Masse Mappasessu, Ketua DPW Partai Nasdem Sulsel

Nama lainnya, (4). Muhammad Ramadhan Pomanto, Walikota Makassar, (5). Ilham Arif Sirajuddin, mantan Walikota Makassar, (6), AM Nurdin Halid, anggota DPR R.I, (7). Adnan Purichta Ichsan, Bupati Gowa, dan (8). HM Taufan Pawe, mantan Walikota Parepare dan juga (9). Indah Iriani Putri, Bupati Luwu Utara.

Bahkan nama (10). Andi Amran Sulaeman, Mentan R.I saat ini juga menjadi satu sosok yang dianggap sangat layak jadi Cagub Sulsel, (11). Bahtiar Baharuddin, Pj Gubernur Sulsel sekarang dan belakangan mencuat pula nama (12). Muhammad Fadil Imran, kini Kabaharkam Polri, serta kemungkinan bakal calon lainnya.



Tiga dari sosok bakal Cagub yang juga muncul namanya. Dari kiri: Bahtiar Baharudin, Komjen Pol Muhammad Fadil Imran dan Adnan Peruchta Ichsan. (Kolase Foto: NB/ABDUL).

Sudah Ada yang Komitmen 
dan Ada Wait and See?

Dengan ramainya bakal cagub yang bermunculan itu, mengundang masyarakat untuk mulai bertanya-tanya tentang kredibilitas masing-masing sosok itu. Selanjutnya, masyarakat akan berpikir-pikir untuk kelak menjatuhkan pilihannya dalam pemilhan langsung kelak. 

Sementara bagi para bakal cagub tersebut, diantara sekian nama yang muncul, kemungkinannya sejumlah nama sudah bulat hati alias komitmen untuk maju. Kemungkin lainnya dalam istilah politisnya masih membaca perkembangan situasi dan kondisi atau wait and see

Yang pasti sebagaimana lazimnya, ramainya bakal calon dalam sebuah perhelatan politik pada waktunya akan mengerucut juga. Terseleksi sendiri setelah melalui perkembangan situasi dan kondisi yang terkait dengan berbagai hal. (*).

Penulis-Editor: ABDUL 


Topik Terkait

Baca Juga :