Bidang Humas Ujung Tombak dan Corong Informasi Positif Bangun Citra Kepolisian

 


Kiri: Kapolda Sulsel Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni
didampingi Kabidhumas Polda Sulsel Kombers Pol Komang Suartana diwawancarai wartawan dalam satu acara.

Kanan:
dari kiri Wakapolda Sulsel Brigjen Pol CH Patoppoi,
Kapolda Sulsel Irjen Setyo Boedi Moempoeni, Irwasda Kombes Pol dan Kabidhumas Pol Kombes Komang Suartana dalam suasana rakernis dengan latarbelakang peserra Rakernis Bidhumas 2023. (Foto: Design NuansaBaru.ID/ABDUL).

NuansaBaru.ID, MAKASSAR - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Kapolda Sulsel) Irjen Pol. Drs. Setyo Boedi Moempoeni Harso., S,H., M. Hum menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Bidang Hubungan Masyarakat (Bidhumas) Polda Sulsel dalam melaksanakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) tahun 2023.

Kapolda Setyo Boedi menegaskan, Bidang Humas memiliki salah satu fungsi utama Polri yakni menjadi ujung tombak dan corong infomasi, serta mewadahi arus informasi yang masuk. Terutama dalam hal pemberitaan yang positif dalam membangun citra kepolisian di masyarakat.

Demikian disampaikan Kapolda Sulsel Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso ketika membuk secara resmi pelaksanaan Rakernis Bidang Humas Polda Sulsel tahun 2023. Rakernis berlngsung di Ah,a Mammpaoddang, Kamis, (15/6-2023). Dihadiri Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Chuzaini Patoppoi, Irwasda ..., para PJU Polda Sulsel.

Pelaksanaan Rakernis Bidhumas tahun 2023 ini mengusung tema, “Humas Polri Presisi Siap Mengawal Tahapan Pemilu 2024, serta Mengamankan Agenda Nasional dan Internasional Tahun 2023 dalam rangka Mendukung Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan”.

Rakernis diikuti oleh 125 peserta dari personel pengemban fungsi humas atau Kepala Seksi Humas (Kasie Humas) yang biasa juga disebut juga Sihumas dari seluruh Polres jajaran se-wilayah Polda Sulsel. Selain itu, giat ini juga diikuti oleh Petugas Pengelola Informasi dan Dokumentasi Satker (Satuan Kerja) Polda Sulsel.

Kapolda Sulsel, mantan Wadan Korbrimob Polri itu lebih jauh mengatakan, di tengah arus gempuran informasi terhadap Polri saat ini, memperkuat citra positif kepolisian merupakan tugas utama Bidang Humas. Dalam hal ini. Bidang Humas bertanggung jawab untuk memperkenalkan kepolisian secara positif kepada masyarakat.

"Hal ini dapat dilakukan melalui publikasi kegiatan yang dilakukan oleh kepolisian, baik itu operasi keamanan, kegiatan sosial, maupun kegiatan edukatif, ” cetus jenderal polisi bintang dua itu.

Bidhumas Diharap Ikut Sukseskan Pemilu 2024

Sementara itu Kepala Bidang Humas (Kabidhumas) Polda Sulsel Kombes Pol Komang Suartana, menyampaikan penyelenggaraan Rakernis Bidang Humas Polda Sulsel merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan berdasarkan hasil Rakernis Divisi Humas Polri.

Oleh karena itu di samping melaksanakan tugas-tugas pokok dan fungsi kehumasan, Kabidhumas juga berharap Bidhumas Polda Sulsel dapat menyukseskan pelaksanaan proses dan Pemilu tahun 024.

“Diharapkan peran Humas Polda Sulsel dapat mensukseskan Pemilu 2024 yang akan datang dengan menciptakan kamtibmas yang sejuk (menyejukkan), ” pinta Komang Suartana.

Adapun rangkian kegiatan rakernis hari itu dilanjutkan dengan Diskusi Panel bersama narasumber dari kalangan akademisi. Nararumber yang dihadirkan saat itu antara lain, Dr. Ir. Zakir Sabara dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) dan nara sumner lainnya yang membahas Strategi Kehumasan. (*).

Penulis: M. BASIR
Editor: SUCI SRI WAHYUNI


Topik Terkait

Baca Juga :