Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Indonesia Repotkan Vietnam dan Menang. Betulkah?

Sabtu, 13 Mei 2023 | 08:05 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-13T03:28:31Z

 

               Semifinal Sepak Bola SEA Games 

Kamboja 2023 Dipastikan Ketat


Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Syafri dan pelatih Vietnam, Fhilippe Trossier di SEA Games Kamboja 2023. (Foyo: Ist/Design NuansaBaru.ID).

NuansaBaru.ID, PHNOM PENH KAMBOJA - Timnas Indonesia U-22 menjalani laga krusial di babak semifinal SEA Games 2023 melawan Vietnam. Betapa tidak, Vietnam merupakan juara bertahan 2 kali (2019 dan 2021). Selebihnya, di fase grup SEA Games 2021 di Vietnam Indonesia takluk 0-3 dari Vietnam.

Lantas, bagaimana di SEA Games Kamboja 2023 ini? Tentu kondisinya berbeda. Di fase grup tercatat Indonesia lebih super, satu-satunya tim tak terkalahkan alias mencukur semua lawannya dan meraih poin maksimal 12 poin dan mengoleksi 13 gol dalam 4 kali laga fase grup.

Termasuk mengubur impian tuan rumah Kamboja di laga terakhir fase grup. Bahkan, gawang Garuda Muda nyaris clean sheet dan hanya kebobolan sekali ketika melawan Kamboja. Jelasnya, Timnas Indonensia tekuk Phlipina 3-0, lumat Myanmar 5-0, libas Timor Leste 3-0 dan bungkam Kamboja 2-1.

Praktis Indonesia melenggang ke semifinal sebagai juara grup A dan duel dengan Vietnam sebagai runner up grup B. Vietnam di fase grup hanya menang 3 kali dan seri 1 kali atau hanya meraih 10 poin sama dengan Thailand, namun Thailand sebagai juara grup karena unggul selisih gol.

Dikatakan kondisinya berbeda SEA Games 2021 di Vietnam dan SEA Games 2023 di Kamboja dipenbaruhi berbagai hal. Diantaranya, perkembangan sepak bola kedua negara (Indonesia dan Vietnam), munculnya pemain-pemain baru bertalenta dan pergantian pelatih masing-masing tim. Termasuk dipengaruhi usia pemain, apalagi di ajang SEA Games kali ini di-plot ke batas usia U-22 dan sebelumnya U-23.

Kendati demikian, tim-tim yang sering duel di babak menentukan masih itu-itu juga. Dalam hal ini, Thailand, Vietnam, Indonesia dan Malaysia. Termasuk, Myanmar, Phlipina dan Singapura juga terkadang menunjukkan tajinya. Artinya, laga semifinal Indonesia vs Vietnam dipastikan akan berjalan ketat.

Meninjau selintas, perkembangan kondisi Timnas Indonesia di SEA Games kali ini, publik sepak bola Indonesia banyak memprediksi Garuda Muda akan mengatasi Vietnam karena munculnya muka baru yang bertalenta.


Timnas Indonesia U-22 SEA Games Kamboja 2023 (Foto: Dok. NuansaBaru.ID)

Yang Ditelan Batas Usia Di-plot ke U-23
dan Senior, Muka Baru Muncul 

Sejumlah nama baru yang belum eksis di SEA Games 2021 kini muncul di SEA Games 2023 dan menunjukkan performa apik di fase grup. Sebut saja ada striker spartan Ramadhan Sananta (3 gol) dan Fajar Fathurrahman (4 gol), ada Titan Agung (2 gol), Bagas Kaffa (1 gol) dan ada Ananda Raehan, Pratama Arhan dan yang lainnya.

Sementara pemain lama yang telah muncul di SEA Games 2021 yang dinilai fenomenal tetap direkrut pelatih Indra Sjafri. Diantaranya ada Marselino Ferdinan, Rizky Ridho, Witan Sulaeman, Alfeandro Dewangga, Ilham Rio Fahmi, Irfan Jauhari dan seterusnya.

Sedangkan pemain yang juga jadi harapan timnas yang muncul di SEA Games 2021 dibatasi usia sehingga di-plot ke Timnas U-23 dan Timnas Senior. Yang dimaksudkan ada, Asnawi Mangku Alam, Egy Maulana Vikri, Elkan Baggott, Fachruddin Aryanto, Rycky Kambuaya, Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani dan yang lainnya.

Bagaimana dengan Vietnam, bila ditelisik sekilas juga melakukan regenerasi serupa. Vietnàm yang sebelumnya dilatih Park Hang-seo kini ditukangi Pelatoh anyar, Philippe Trossier.

Skuadnya juga dirombak, wajah barunya ada Tran Quang Thinh, Vu Tien Long, Vo Minh Trong dan yang lainnya dinpertahankan. Di barisan tengah ada Nguyen Duc Phu, Le Quoc Nhat Nam, Dinh Xuan Tien dan seterusnya.

Di depan ada, Nguyen Thanh Nhan, Nguyen Van Tung, Nguyen Van Truong dan sebagainya. Sedangkan wajah lamanya yang tersisa ada Long Dui Cuong, Vu Tien Long, Levan Do, Huynh Vonh Den dan yang lainnya. Sejumlah seniornya seperti Nguyen Tien Linh, Nguyen Hoang Duc, Do Hung Dung dan lainnya tak kelihatan lagi.

Nah, siapa yang bakal memenangkan duel seru Indonesia - Vietnam? Jawabannya, jangan lupa menyaksikan laga semifinal pertama SEA Games 2023 antara Indonesia vs Vietnam yang akan berlangsung di National Olympic Stadium, Phnom Penh Kamboja, Sabtu, (13/5-2023), pukul 16.00 WIB.

Sedangkan semifinal kedua dijadwakan berlangsung, Sabtu, (13/5-1023) pukul 20.00 WIB. Pertandingan disiarkan langsung RCTI, Livestriming video.com.


Aksi Timnas U-22 Vietnam dalam laga dalam ujicoba dengan klub dalam negerinya. (Foto: REUTERS/CHALINEE THIRASUPA).  

Banyak Diprediksi Indonesia Menang, 
Ada juga Prakiraan Terjadi Adupenalti

Prediksi sejumlah media dan juga simpatisan Timnas Indonesia, banyak mengunggulkan Garuda Muda akan menyulitkan Vietnam dan Rizky Ridho dan kawan-kawan memenangkan pertandingan.

Sebut saja bangka.tribunnews.com memprediksi, skornya 2-1 untuk kemenangan Indonesia, NuansaBaru.ID prediksinya, Indonesia menang 3-1
dan Okesulsel.com mengunggulkan Garuda Muda menang tipis, 1-0.

Dari perorangan penggemar bola yang sempat dihubungi, Sabtu pagi, (13/5-2023), juga ikut memprediksi dengan orakiraan yang variatif. Yadin, Staf Diskominfo Kabupaten Sidrap, Sulsel memprediksi Timnas Indonesia menang 2-1 lawan Vietnam dan yang mencetak gol Ramadan Sananta dan Ananda Raehan Alif, hehehe.....(sedikit berguyon -red).

Prediksi lain, Pak Asbar Staf Bidhumas Polda Sulsel memprediksi laga berimbang, sehingga skornya 1-1 atau 2-2, yang berarti adupenalti. Namun, tak menyebutkan skornya berapa. Kalau Fadly seorang mahasiswa di Makassar begitu yakin Indonesia dengan skuad yang ada saat ini akan merepotkan Vietnam. Perkiraannya, skornya telak, Indonesia menang, 4-1.

Jika melirik sedikit pelatih kedua tim, ada yang menilai Indra Sjafri termasuk pelatih tenang dan bertangan dingin yang dekat dengan pemain dan membuat ruang ganti segar dan bergairah. Pembuktian prestasinya, lumayan. Pelatih asal Sumatera Barat itu terbaru telah membawa Timnas Indonesia U-22 juara Piala AFF 2019.

Sebelumnya, juga mengantar Timnas U-19 menjuarai Piala AFF 2013. Selain itu, Indra Sjafri juga telah mengusung Timnas U-17 mengukir prestasi di ajang International Youth Football Invitation Tournament (Turnamem Internasional Invitasi Sepak Bola Usia Muda). Dengan istilah juara HKTA tahun 2012.

Bagaimana dengan pelatih Timnas Vietnam U-22, Philippe Trossier? Pelatih asal Prancis itu akan menerapkan strategi ala Prancis dengan variasi seraangan sporadis. Philippe juga tetap optimis menang dan menargetkan Vietnam akan mempertahankan reputasinya sebagai juara bertahan SEA Games 2021. Meski ia menyadari bahwa timnya akan ditekan oleh sejumlah tim di ajang SEA Games ini. (*).

Penulis/Editor : ABDUL

Hukum

×
Berita Terbaru Update