Pangdam Resmi Buka Persami Pramuka SWK Kodam XIV/Haasanuddin T.A. 2024


Pangdam XIV/Nasanhddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun buka secara resmi Persami Pramuka SWK Kodam XIV/Hsn TA 2024 di Bumi Perkemahan Desa Jenetaesa, Maros Sulsel, Sabtu 3 Februari 2024. (Foto: Pendam XIV/Hsn). 


NuansaBaru.ID, MAROS - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., resmi membuka Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Kodam XIV/Hasanuddin T.A. 2024.


Persami Gerakan Pramuka SWK Kodam XIV/Hsn tersebut berlangsung di lapangan Bumi Perkemahan Desa Jenetaesa, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sabtu, (3/02/2024).

Persami SWK ini diselenggarakan terpusat di lapangan upacara Bumi Perkemahan Kiara Payung Jatinangor Sumedang Jawa Barat, yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak M.Sc.. 

Persami ini dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran TNI AD di wilayah tanah air. Khusus Kodam XIV/Hasanuddin dilaksanakan di wilayah teritorial Korem 141/Toddopuli (Korem 141/TP), Korem 142/Taro ada taro gau (Korem 142/Tatag) dan Korem 143/Haluleo. (Korem 143/HO). 





Suasana Upacara Pembukaan Persami Pramuka SWK Kodam XIV/Hsn (atas), kolase foto dengan  Kasad secara virtual (bawah). (Foto-foto: Pendam XIV/Hsn). 

Bentuk Generasi Muda Miliki Karakter 
dan Wawasan Kebangsaan yang Kuat

Kasad dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pangdam menyampaikan bahwa TNI AD melaksanakan pembinaan kepramukaan SWK sebagai bentuk tanggungjawab moral dan panggilan jiwa untuk membina, membentuk generasi muda agar memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat. 

Dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin serta kepedulian terhadap kelestarian lingkungan alam sekitar. 

Kegiatan Persami SWK ini akan dilaksanakan selama dua hari yang ditandai dengan penyematan tanda peserta, penyerahan bibit pohon dan penyematan Tiska Siaga tanggap bencana oleh Pangdam. 

Usai pembukaan dilanjutkan demonstrasi siaga bencana oleh anggota pramuka, penanaman pohon sejumlah 23.130 pohon, pemberian bantuan sosial (bansos) kepada anak stunting dan masyarakat kurang mampu sejumlah 670 paket sembako.

Selain itu juga dilaksanakan pengobatan gratis dan donor darah sejumlah 500 orang serta dilanjutkan dengan dialog dengan Kasad secara virtual. (*).

Penulis: M. BASIR
Editor: ABDUL.


Topik Terkait

Baca Juga :