Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Menang 3-0 Lawan Timor Leste, Timnas Indonesia U-23 Pastikan Diri Lolos ke Semifinal SEA Games 2023

Minggu, 07 Mei 2023 | 21:12 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-07T23:49:38Z

 


 Euforia Ramadha Sananta usai mencetak gol pembuka saat Garuda Muda melawan Timor Leste. Di belakangnya terlihat Witang Sulaeman dan Pratama Arhan membelakangi lensa. (Foto: PSSI). 
Timor Leste. Di belakangnya terlihat Witan Sulaeman dan Pratama Arhan, membelakangi lena. (Coto: PSSI).
NuansaBaru,ID - PHNOM PENH KAMBOJA - Timnas Indonesia U-22 kembali menunjukkan performa apik menundukkan Tomor Leste 3-0 dalam laga lanjutan SEA Games ke-32 tahun 2023 ini.     

K
etiga gol tersebut diciptakan Ramadhan Sananta menit ke 44 (44') dan 2 gol lainnya dicetak Muhammad Fajar Fathur Rahman (62' dan 77'). Duel Timnas Indonesia U -22 vs Timnas Timor Leste U-22 
berlangsung di National Olympic Stadium, Phnom Penh Kamboja, Ahad, (6/5-2023) pukul 16.00 WIB.

Kemenangan Tim Garuda Muda hingga kini mencatatkan diri sebagai tim tak terkalahkan di fase grup SEA Games kali ini. Sekaligus kian kokoh sebagai pemuncak klasemen grup A dengan akumulasi poin 9.

Terhitung, Ahad, 7 Mei 2023, klasemen sementara Grup A, posisi 1: Indonesia (9 poin), ke-2: Kamboja (4 poin) ke-3: Timor Leste (3 poin) ke-4: Myanmar (3 poin) dan ke-5: Filipina (1 poin).

Tak hanya itu, Garuda Muda juga merupakan tim produktif gol dan gawangnya masih bersih alias belum pernah kebobolan.

Dalam laga perdana, Timnas Indonesia menaklukkan Filipina dengan skor 3-0, kemudian di laga kedua melibas Myanmar 5-0 dan di laga ketiga mengalahkan
lagi Timor Leste 3-0. Dengan demikian timnas telah mengoleksi 11 gol, bahkan 2 pemainnya M. Fajar Fathurrahman telah mencetak (4 gol) dan Ramadhan Sananta (3 gol) berpeluang untuk bersaing menjadi top skorer.

Kemenangan ketiga dengan koleksi 9 poin ini juga membuat Timnas Indonwsia memastikan diri lolos ke semifinal, meski Timnas Indonesia masih menyisakan 1 laga lagi di fase grup. Jelasnya, Timnas Indonesia akan duel dengan tuan rumah Kamboja, 10 Mei 2023, pukul 19.00 WIB. 


Muhammad Fajar Fathurrahman berselebrasi usai menjebol gawang Timor Leste. (Foto: PSSI).

Tinjauan Jalanya Laga Timnas
Indonesia vs Timor Leste


Duel Timnas Indonesia vs Timor Leste di babak pertama menyajikan permainan cukup seru. Di awal,
laga, Indonesia langsung mencoba menekan gawang Timor Leste dan Garuda Muda mendapatkan tendangan pojok menit pertama di sudut kanan area Timor Leste.

Namun, peluang tendangan pojok yang dieksskusi Pratama Arhan belum dapat dimanfaatkan penyerang Timnas untuk menciptakan gol. Berikutnya anak asuhan Indra Syafri yang dari awal mengedalikann
permainan sebetulnya mampu menciptakan sejumlah peluang.

Namun, masih terkendala di penyelesaiam akhir. Misalnya, peluang Witan Sulaemen menit ke-5, umpan Pratama Arhan yang disundul Ramadhan Sananata ternyata melambung di atas mistar gawang.

Timor Leste kemudin mencoba melakukan serangan balik. Pada menit ke-10, pemain bernomor punggung 10 Timor Leste, Mouzinho De Lima nyaris lolos, namun masih mampu dibendung oleh Risky Ridho dan kawan-kawan.

Hingga menit ke-40-an pendukung kedua tim masing-masing tahan nafas. Sejumlah peluang Garuda Muda belum dapat berbuah gol. Sementata Timor Leste yang mengandalkan serangan balik juga mampu menciptakan beberapa peluang.

Sebut saja, pemain pilarnya, Moutinho yang bebituntampil sparga hari itu. Tercatat sedikitnya 3 kali nyaris mencipatkan gol yakni menit ke10, 13 dan ke- 39. Beruntung permainan solid Garuda Muda di sega.a lini membuat pemain Timor Leste tak bisa juga lolos.

Dalam suasana tahan nafas, bermula dari perjuangan Witan Sulaeman bekerjasama dengan Fajar Faturraham di rusuk kanan pertahanan Timor Leste. Fathurrahman berhasil memeberikan umpan ke depan gawang. 

Ramadhan Sananta yang menerima umpan menepis
bola dengan sundulan kepala yang mengarah ke sudut kiri gawang Timor Leste. Ramadhan Sananta akhirnya menciptakan gol pembuka menit ke-44, men jelang akhir babak pertama. Skor 1-0 untuk Timnas Indonesia yang bertahan hingga jedah babak pertama.

Fajar Borong 2 Gol, 
Ramadhan 1 Gol 1 Assist

Di babak kedua, ritme permaianan semakin dikuasai Timnas Indonesia sehingga anak asuhan pelatih 
tae Timor Leste, Park Soon-tae, agak kesulitan menciptakan peluang. Apalagi Indra Sjafri mem-plot 2 amunisi baru, Bagas Kahfa dan Irfan Jauhari menggantikan Ilham Rio Fahmi dan Witan Sulaemen. 

Sekira 15 menit pertandingan berjalan, striker asal PSM Makassar Ramadhan Sananta memperlihatkan kelasnya dalam mengolah si kulit bundar. Ketika menerima bola di rusuk kanan pertahanan Timor Leste, Ramadhan Sananta mampu meliuk-liuk melewati sejumlah pemain Timor Leste. Atas kerjasama Ramadhan Sananta dengan teman-temannya di barisan depan, bola mendekat ke depan gawang. 

Di depan gawang Ramadhan Sananta memberikan assit dengan menyodorkan bola empuk ke Fajar Fathurrahman yang berdiri bebas. Akhirnya Fajar Fathurrahman menjebol gawang Timor Leste menit ke- 62, menambah keunggulan Indonesia menjadi 2-0.

Seturusnya, menit ke-65, menerima umpan dari Irfan Jauhari, Ramadhan Sananta kembali nyaris menjebol gawang Timor Leste. Sayangnya bola plessingnya hanya mengenai tiang kanan gawang Timor Leste.

Menit ke-71 -pelatih Indra Sjafri menarik keluar Marse.ino Ferdinan dan Ramadhan Sananta. Kedua pemain yang performana sedang in itu digantikan Becham Putra dan Sroyer. Diduga kebijakan Indra Syafri ini untuk mengamankan dan mengistirahatkan keduanya menuju laga berikutnya.

Meski demikian, permainan Timnas tetap impresif. Hanya sekira 5 menit kemudian, Timnas Indonesia membuat kemelut di depan gawang Timor Leste. Fajar Fathurrahman kembali memperlihatkan naluri mencetak golnya yang tajam.

Begitu menerima bola dari temannya, Fathurrahman langsung menendang bola ke gawang yang mengenai bagian atas mistar gawang. Bola memantul dan Fathurrahman menunjukkan aksi ciamiknya. Ia membelakangi gawang kemudian menendang setengah melingkar yang akhirnya berbuah gol menit ke-77. Skor 3-0 untuk Timnas Indonesia yang bertahan hingga laga usai. (*.).

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia: 

Muhammad Adisatryo; Ilham Rio Fahmi (Bagas 46'), Rizky Ridho, Komang Teguh, Pratama Arhan; Marselino Ferdinan (Beckham 70'), Ananda Raehan, Alfeandra Dewangga; Fajar Fathur Rahman, Ramadhan Sananta (Sroyer 70'), Witan Sulaeman (Irfan Jauhari 46').

Timnas Timor Leste: 

Georgino Da Silva, Jhon Frith Oliveira, Orceilo Da Silva, Anizo Correia, Cristevao Fernandes, Mouzinho De Lima, Zenivio Mota, Olagar Xavier, Joao Halle, Luis Figo, Ricardo Bianco.


Penulis: MUH. RENALDI
Editor: SUCI SRI WAHYUNI


Hukum

×
Berita Terbaru Update