Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Babak 16 Besar Piala Dunia Qatar 2022 Didominasi Negara Eropa

Jumat, 02 Desember 2022 | 09:32 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-28T15:00:25Z

 


Timnas Inggris, salah satu wakil Eropa yang gregetnya di fase grup baik dan lolos ke-16 besar. (Foto: /Youtube FOOTBALL TEAM)


NUANSABARU.ID, DOHA QATAR - Setelah melalui laga ketat dan memunculkan kejutan-kejutan di fase grup, akhirnya 14 tim negara resmi lolos untuk siap berkompetisi memperebutkan tiket ke 8 besar atau perempat final yang siap digelar, 3 hingga 7 Desember 2022. 


Sejumlah 14 Tim Negara yang telah lolos ke 16 besar per 2 Desember 2022 yakni, Timnas Prancis, Brasil, Portugal, Belanda, Senegal, Inggeris, Amerika Serikat, Australia, Argentina, Polandia, Marokko, Kroasia, Jepang dan Spanyol. Dua slot negara lainnya menunggu laga tera sisa di Grup G dan Grup H. 

Jikalau melihat ke-14 negara tersebut, tergambar bahwa tim yang lolos ke 16 besar FIFA World Cup 2022 di Qatar ini masih didominasi oleh tim dari negara-negara Eropa. Selebihnya, dari Amerika Selatan (Amerika Latin), dari Benua Afrika dan Asia serta Amerika Utara (Amerika Serikat).

Gambarannya, dari Eropa yakni, Francis, Portugal, Belanda, Inggris, Polandia dan Kroasia. Kemudian dari Amerika Selatan ada Brasil dan Argentina. Selebihnya, dari Benua Afrika ada Sinegal dan Marokko, dari Benua Asia  ada Australia dan Jepang dari Amerika Utara ada Amerika Serikat.

Bagi publik sepak bola Indonesia umumnya negara-negara tersebut telah diketahui keberadaannya. Bahkan tidak sedikit penduduk negeri ini tersebar jadi TKI atau sebagai mahasiswa mengikuti pendidikan di luar negeri atau kepentingan lainnya. Bagi awam, tersebarnya penduduk Indonesia itu baru diketahui ketika terjadi kasus atau bencana sehingga pihak KBRI (Kedutaan Besar Republik Infonesia) yang bertugas di negara itu 
mempublikasi. 


Negara-negara yang lolos ke-16 besar, relatif hanya 3 negara yang letaknya belum diketahui secara luas yakni, Kroasia, Sinegal dan Marokko.


Brasil dengan 5 kali Juara Dunia lolos 16 besar Piala Dunia Qatar 2022  (Foto:Twitter @ CBF_Futebol)

Negara Sepak Bola yang tak Lolos 16 Besar

Sekilas dapat digambarkan bahwa Kroasia itu merupakan negara yang terletak di Benua Eropa Selatan -Tengah. Kroasia berbatasan dengan Slovenia dan Hongaria di Utara, Bosnia Herzegovina di Timur, Montonegro di Tenggara dan Laut Adratik di Barat. 


Kemudian Sinegal merupakan negara Afrika Barat yang berbatasan dengan Samudra Atlantik. Jelasnya, negara Mauritania di Utara, Mali di Timur, Guinea di Selatan dan Samudra Atlantik di Barat.

Sedangkan Maroko adalah negara Afrika Utara terletak di ujung Barat Laut Afrika di ujung Benua Eropa. Marokko dipisahkan Selat Gibraltar dengan Spanyol. Maroko berbatasan dengan Samudra Atlantik Utara di Barat, dan sisi Barat Laut Tengah di Utara.

Sementara itu, imbas dari kejutan-kejutan dan juga dinilai sebagai dinamika perkembangan persepakbolaan dunia, beberapa 'negara sepak bola' harus angkat koper (pulang) setelah babak penyisihan (fase grup).

Negara sepak bola dimaksudkan, tim negaranya mantan peraih piala dunia atau piala Eropa ataukah pesepakbolanya banyak yang menjadi bintang
di klub-klub elit. Ironinya, jutru gagal lolos ke-16 besar.

Diantaranya, Jerman, Uruguay, Denmark, Meksiko, Kamerun, Ghana dan yang lainnya. Bahkan bukan cuma di babak 16 besar situasi 'anomali' ini terjadi sejak di ajang kualifikasi menuju Piala Dunia Qatar. Sejumlah tim negara secara mengejutkan tidak sempat menginjakkan kakinya di Qatar alias tidak lolos ke putaran final Piala Dunia Qatar 2022. Diantaranya, Italia, Cekoslavakia, Sokotndia, Rusia dan yang lainnya. (*)


Jepang wakil Asia, tumbangkan Jerman dan Spanyol, lolos 16 besar dengan juara Grup E 

Penulis: RENALDI

Editor: SUCI SRI WAHYUNI  


Hukum

×
Berita Terbaru Update