Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Upaya Wujudkan Jurnalis Cerdas, Kritis dan Berkarakter, HIPMI Sidrap Gelar Pelatihan Jurnalistik Modern

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 23:41 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-13T15:41:43Z


Kadis Infokom Sidrap, H. Bachtiar wakili Bupati buka Diklat Junalistik (Foto: Diskominfo Sidrap). 

NUANSABARU.ID, PANGKAJENE SIDRAP -- Segala bentuk upaya dan inovasi untuk peningkatan kualitas suatu profesi patut diapresiasi. Demikian halnya, upaya peningkatan kualitas para jurnalis sebagai sebuah profesi kontekstual di era digital. 


Adalah Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sidrap menggelar Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Jurnalistik yang berjuluk, Pelatihan Junalistik Modern.

Diklat Jurnalistik tersebut mengusung tema,"Mewujudkan Jurnalis Cerdas, Kritis dan Berkarakter." Pelatihan diikuti berbagai organisasi kepemudaan, serta Humas Kodim dan Polres Sidrap.

Diklat berlangsung di ruang Very Importen Person (*VIP Room)) Lantai 2, Kedai Ruby, Pangkajene, Kecamatan Maritengngae, Sidrap, Sabtu, (13/8-2022).

Pelatihan jurnalistik ini menghadirkan pemateri dari Direktur PT. Katasulsel Media Utama, Edy Basri, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sidrap-Enrekang, H. Purmadi dan Perwakilan Polres Sidrap, IPDA Ibrahim.

Tampak hadir dalam acara, Ketua Karang Taruna Sidrap, Muhammad Yusuf DM, Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sidrap, A.M Yusuf Ruby dan hadirin lainnya.

Serangkaian pelatihan jurnalis ini, Ketua BPC HIPMI Sidrap, Heriyani Yuki Ruby mengatakan, pelatihan bertujuan untuk mencerdaskan bangsa, salah satunya membuka akses informasi pendidikan formal dan informal.

"Pelatihan jurnalistik ini tentunya tidak lepas dari yang namanya zaman 'now,' zaman digital di mana informasi serba cepat," sebutnya.

Heriyani Yuki Rubi juga mengungkap satu kutipan. "Jika seseorang mengatakan hujan dan yang lain mengatakan musim kemarau bukan tugas Anda mengutip keduanya. Tugas Anda melihat keluar jendela mencari tahu mana yang benar." tuturnya bernuansa ungkapan bijak.

"Artinya, kita tidak boleh langsung mempercayai berita yang beredar, melainkan kita harus lebih cerdas dan jeli memilah berita yang berkualitas, itulah mungkin harapan dan tujuan pelatihan ini dilaksanakan," cetusnya.


Kadis Infokom Sidrap, H. Bactiar (tengah) didampingi Ketua BPC HIPMI Sidrap, Heriyani Yuki Ruby dan panitia serga Ketua PWI Sidrap-Enrekang, H. Purmadi Muin (kiri). (Foto: Diskominfo Sidrap)


Kadis Kominfo Sidrap, H. Bachtiar
Pesan, Jurnalis Berpikir Holistik


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidrap, H. Bachtiar, mengajak jurnalis untuk berpikir holistik atau menyeluruh dalam membuat berita.

Hal itu disampaikannya saat mewakili Bupati Sidrap ketika membuka Pelatihan Jurnalistik Modern yang digelar Pengurus Cabang HIPMI Sidrap, Sabtu (13/8/2022).

"Mari ke depannya kita berpikir holistik, kita jangan langsung percaya dengan satu sumber berita, melainkan kita bisa turun ke lapangan melakukan observasi," tutur Bachtiar.

Kadis Infokom yang pernah dipercaya mengelola Persandian Pemkab Sidrap ini berpesan, setelah pelatihan jurnalistik modern tersebut, ke depan ada pola pikir yang holistik yang artinya menyeluruh dalam membuat suatu berita.

"Melalui pelatihan jurnalistik modern ini, peserta yang dari berbagai latar belakang pendidikan ini ke depannya dapat berpikir holistik," harap Bachtiar lagi.

H. Bactiar yang juga dikenal masyarakat daerah ini sebagai mubaliq, selanjutnya menyampaikan apresiasi atas pelatihan jurnalistik modern yang digelar BPC HIPMI Sidrap tersebut. (Diskominfo Sidrap/OCHA-NB) 


Peserta Pèlatihan Jurnalistik Modern di Sidrap (Foto: Diskominfo Sidrap). 
 






Hukum

×
Berita Terbaru Update