Laga Terakhir Lawan Filipina Fase Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia Lebih Berpeluang Menang


Aksi invidual striker Timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen seperti ini yang bisa jadi kartu trup ciptakan gol.
(Foto: Dok. PSSI)  

Nuansabaru.id, JAKARTA - Timnas Indonesia akan menjajal Filipina di laga terakhir fase Grup F round 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Uniknya, Indonesia akan melawan Filipina tapi bersaing dengan Vietnam untuk lolos ke putaran ketiga.

Sesuai jadwal laga Timnas Indonesia vs Filipinan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa, (11/6-2024), pukul 19.30 WIB. Disiarkan langsung SCTV dan Indosiar serta live streaming video.

Melawan Filipina Tim Garuda nyaris tak ada beban moral, karena Filipina di posisi buncit klasemen dan baru meraih 1 poin sehingga dipastikan tak ada peluang lagi ke round 3, walaupun menang karena hanya meraih poin 4.

Tak hanya itu, head to head Indonesia-Filipina dalam 28 kali pertemuan, Indonesia unggul jauh di atas Filipina. Indonesia menang 23 kali, seri 4 kali dan Filipina hanya menang 1 kali.

Meski demikian, Filipina tentu tak akan menyerah begitu saja, karena ini menang atau seri saja melawan Indonesia sangat berarti baginya karena ini matchday FIFA yang berpengaruh pada peringkat dunia versi FIFA.

Indonesia juga Lebih Berpeluang Lolos ke Putaran Ketiga Ketimbang Vietnam

Uniknya duel ini justru Indonesia harus bersaing dengan rival klasiknya Vietnam untuk lolos ke putaran ketiga. Namun demikian, Indonesia di atas angin, lebih untung sehingga lebih berpeluang lolos ke putaran ketiga ketimbang Vietnam.

Alasannya, Indonesia kini berada di posisi ke-2 klasemen Grup F dengan raihan poin 7, sedangkan Vietnam di posisi 3 dengan poin 6. Selain itu di laga terakhir Indonesia main kandang dan melawan Filipina, tim yang peringkatnya di bawah Indonesia.

Sedangkan Vietnam di laga terakhir, main tandang dan melawan Irak, tim yang peringkatnya di atas Vietnam. Kendati Indonesia lebih diunggukkan lolos, namun dalam sepak bola segala kemungkinan bisa terjadi.

Kedua tim, Indonesia dan Vietnam, tetap bersaing memperebutkan tiket ke round 3. Peluang lolos Indonesia pertama, kalau Indonesia menang lawan Fililipina dipastikan lolos dengan perolehan poin 10, walapun Vietnam juga menang lawan Irak karena raihan poinnya hanya 9.

Kemungkinan ke-2, Indonesia bisa lolos, hanya seri lawan Filipina, tapi Vietnam juga tidak menang alias seri atau kalah lawan Irak. Yang berarti Indonesia poinnya 8 dan Vietnam poinnya 7 kalau seri dan hanya 6 kalau kalah, Indonesia yang lolos.

Kemungkinan ketiga, Indonesia kalah lawan Filipina dan Vietnam juga kalah lawan Vietnam berarti Indonesia poinnya tetap 7 dan Vietnam juga tetap 6, berari Indonesia lolos.

Peluang pertama Vietnam bisa lolos hanya kalau Vietnam menang lawan Irak dan Indonesia hanya seri atau kalah dari Filipina. Artinya, Vietnam poinnya 9, sedangkan Indonesia hanya 8 kalau seri dan hanya tetap 7 kalau kalah.

Kemungkinan kedua, Vietnam seri melawan Irak sedangkan Indonesia kalah lawan Filipina. Yang berarti poin sama, Vietnam poinnya jadi 7 dan Indonesia juga 7, maka berhitung selisih gol.

Selisoh gol antara Vietnam dan Indonesia saat ini sama-sama - 2. Kalau Vietnam seri lawan Irak maka selisih golnya tetap -2 dan Indonesia kalah lawan Filipina berarti selisih golnya turun. Dalam hal ini Vietnam yang lolos karena menang selisih gol walaupun sama poin 7.

Nah, hasil akhirnya apa yang akan terjadi? Kembali kepada ungkapan sepak bola adalah misteri. Artinya meski Indonesia diunggulkan dan lebih berpeluang lolos, namun harus tetap waspada dan tak meremehkan Filipina karena segala kemungkinan bisa saja terjadi. (*).

Penulis: ABDUL/ NURYADIN SUKRI
Editor : ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :