Pernyataan Realistis STy Menatap Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026

Tak Berpikir Terlalu Jauh, STy hanya Berencana Tim Garuda Lolos ke Penyisihan Terakhir Grup  


Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ketika memantau pemainnya yang bermain di Eropa. Ini berpose bersama Marselino Ferdinan yang merumput di Belgia (Foto: Istimewa) 

NuansaBaru.ID, JAKARTA - Pasca kemenangan Timnas Indonesian atas Vietnam 3-0, muncul asa dan suara-suara harapan tentang peluang Skuad Garuda uniuk .olos ke Piala Dunia 2026. Ekspektasi itu muncul lantaran menyaksikan performanya yang mampu membungkam Viernam di kandangnya dengan berbekal amunisi baru yang mumpuni.

Untuk diketahui Piala Dunia 2026 akan digelar sebulan lebh yakni, 11 Juni sampai dengan 19 Juli 2026. Piala dunia kali ini akan dihelat di 3 negara, yakni Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat. Pesta sepak bola terakbar ini akan diikuti oleh tim sepak bola dari 48 negara.dari konfederasi. 

Lantas, bagaimana peluang Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia 2026? Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STy) buka suara dan memberikan pernyataan jujur dan relistis alias tidak muluk-muluk. 

Kemenangan 2 kali atas Vietnam pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, second round (putaran kedua), membuat Timnas Indonesia berpeluang besar bisa lolos ke putaran ketiga mendampingi Irak dari grup F. 

Lengkapnya dari 4 kali tampil, di putaran pergama hingga kedua, Timnas Indonesia menang 2 kali, 1 kali seri dan 1 kali kalah. Praktis, Indonesia kini mengoleksi 7 poin dan kokoh di peringkat kedua grup F.  Tim Merah Putih saag ini menyisakan 2 laga lagi, melawan Irak dan Filipina.

Peluang besarnya dalam 2 kali laga yang akan dilakoni, Indonesia cukup memenangkan 1 pertandingan, maka Skuad Garuda dipastikan lolos ke putaran ketiga. 

Lolos ke putaran ketiga saja sebenarnya, sudah menorehkan satu raiha positif karena sesuai regulasi Timnas Indonesia berhak mendapatkan tiket untuk ikut Piala Asia 2027 mendatang. 

Hanya saja, situasi paling buruk masih bisa saja terjadi. Kalau Vietnam menang 2 kali ataukah Filipina menang 2 kali di laga tersisa, sementara Indonesia kalah 2 kali, maka kejadiannya lain.



Ragnar Oratmangoen, debut pertamanya bersama Timnas Indonesia vs Vietnam, langsung mencetak 1 gol. (Foto Dok. Istimewa).

STy Hanya Ingin Fokus ke 
Babak Kualifikasi Dahulu

Nah, apa kata STy tentang tentang Timnas Indonesia menatap langkah selanjutnya?

Coach Sty rupanya berkata jujur dan realistis aliasbtak muluk-muluk. Sty mengaku tidak ingin berpikir terlalu jauh, membicarakan tentang peluang Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026. STy hanga ingin fokus ke babak kualifikasi terakhir. Yang dimaksudkan, babak kualifikassi putaaran ketiga, keempat dan kelima,.

"Saya hanya berpikir untuk melaju ke babak kualifikasi terakhir. Kami berencana untuk melaju hingga ke babak penyisihan akhir," ungkap STy kepada media Korea Selatan, Nate seperti dilansir Viva.com.

Artinya, untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026, perjalanan Timnas Indonesia memang masih relatif cukup panjang.  
Secara bertahap Timnas Indonesia harus lolos dahulu ke putaran ketiga. Selanjunya, juga lolos ke putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.  

Kalau Timnas Indonesia berhasil lolos hingga putaran keempat, lalu mampu meraih juara grup, maka Indonesia dipastikan lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2026. 

Namun, jika di putaran keempat hanya bisa runner up, maka ia hanya lolos ke putaran kelima (terkahir). Timnas Indonesia melakoni babak play off melawan tim dari grup lain untuk memperebutkan kuota tiket loloz ke putaran final Piala Dunia 2026.

"Kami berencana untuk melaju hingga ke babak penyisihan akhir. Memang benar bahwa ini positif, tetapi ini belum selesai. Oleh karena itu, kami tidak boleh lengah atau santai," ucap STy rada fokus. 



Ini, 2 dari sekian pemain keturunan yang  masuk radar STy. Kiri: Striker muda Ole Romeny dari FC Utrect dan bek Calvin Vedronk dari NEC Nijmegen. (Foto: Dok. Istimewa).

Pengamat AS dan Malaysia serta Media Vietnam Prediksi Tim Garuda Lolos ke Piala Dunia 2026

Kendati STy tak muluk-muluk menargetkan untuk lolos Piala Dunia 2026, namun dari aksinya spartan dan terus memasang radar merekrut pemain keturunan. 

Belakangan santer informasi sedikitnya 5 pemain yang ditangkap radarnya STy berpeluang di-naturalisasi lagi. Mulai dari penjaga gawang, bek hingga striker tajam. 

Terkini yang sempat ketemuan STy di Hotel  Le Merediem 0 Jakarta, Senin, (1/4-2024) namanya, Calvin Verdonk. Bek dari klub NEC Nijmegen yang berrdarah Aceh-Belanda tersebut bahkan diupayakan sudah bisa diturunkan ketika Timnas Indonesia kontra Irak lanjutan Kualifikasi PD 2026, 6 Juni 2024 mendang. 

Tak hanya itu, ada lagi nama Marten Vincent Paes, penjaga gawang klub FC Dallas yang dikenal pernah menepis tendangan berbahaya Lionel Messi. Nama lainnya, Tristan Gooijer, bek tengah Jong Ajax juga dilirik.

Termasuk, Jens Javen, penyerang berdarah yogya dan 1 lagi striker Ole Romeny  yang merupakan tandem Ivar Jenner di klub Utrect, pemain keturunan berdarah Medan juga masuk dalam daftar pemain yang diincar STy.  

Yang sedikit mengejutkan muncul suara-suara pengamat dan juga media dari 3 negara justru memprediksi Timnas Indonesia berpeluang besar lolos ke babak berikutnya, bahkan lolos ke Piala Dunia 2026. 

Sebut saja dari Amerika Serikat, pengamat,  Saltero dan Edward Reynose dalam wawancara di Channel YouTube Give N Go memprediksi Timnas Indonesia bakal lolos Piala Dunia 2026. 

Demikian juga media Vietnam Zoh8 a Vn ikut memprediksi Timnas Indonesia lolos ke babak berkutnya. Sementara pengamat Malaysia Faiz Gurun juga memprediksi Timnas Indonesia bakal lolos ke Piala Dunia 2026. (*).

Penulis: M. RINALDI
Editor: ABDUL  


Topik Terkait

Baca Juga :