Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Menanti Komitmen STy Siap Tancapkan Tonggak Sejarah Menangkan Timnas Indonesia di Kandang Vietnam

Selasa, 26 Maret 2024 | 04:37 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-25T23:58:19Z

Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Vietnam vs Indonesia di Hanoi




 Ini, 2 wajah baru Timnas Indonesia, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen berpotensi diturunkan dalam laga tandang di Hanoi Vietnam, Selasa, 26 Maret 2024. (Foto: Dok. Istimewa). 

NuansaBaru.ID, HANOI VIETNAM - Timnas Indonesia akan melakoni matchday ke-4 lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sesuai jadwal Timnas Indonesia akan bermain kandang  melawan Timnas Vietnam di Stadion My Dinh Hanoi, Vietnam, Selasa, (26/3-2024), pukul 19.00 WIB, live di RCTI. 

Mampukah Tim Garuda terbang tinggi? Dalam hal ini memenangkan pertandingan di kandang Golden Star, julukan Vietnam? Pertanyaan itu akan terjawab hari ini setelah laga antara dua rival klasik tim negara Asia Tenggara ini tuntas. 

Hanya saja, rekam jejak tampil bermain tandang di Vietnam dalam kurun waktu hampir 20-an tahun terakhir historisnya kurang menguntungkan. Timnas Indonesia tak pernah menang dan paling maksimal hanya meraih hasil imbang.

Dalam sejarah persepakbolaan negeri ini,  Timnas Indonesia hanya tercatat pernah memenangkan pertandingan di kandang Vietnam, 11 Desember 2004 (lebih kurang 20 tahun silam). Ketika itu Timnas Indonesia melakoni duel fase grup Piala AFF.

Hasilnya, lumayan menorehkan sejarah manis. Timnas Indonesia menang dengan skor meyakinkan, 3-0 tanpa balas. Saat itu gol diciptakan oleh pesepakbola Indonesia bernama Mauly Lessy, Boas Salossa dan Ilham Jaya Kesuma.

Reputasi bermain kandang di Vietnam yang kurang baik itu ternyata disadari pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STy). Terbukti, pelatih asal Korea Selatan itu dalam kesempatan konferensi pers menjelang laga, memberikan statemen penyemangat.  

"Pertandingan besok (hari ini -red) dapat dianggap sebagai pertandingan terpenting tahun ini dan kami di sini (di Vietnam) untuk menang," ujar Shin Tae-yong, dalam konferensi pers, Senin, (25/3-2024).

Pelatih yang pernah melatih Timnas Korea Selatan di piala dunia itu menyadari pertandingan melawan Vietnam ini mungkin akan sulit. Akan tetapi dia berpikir ini juga menjadi kesempatan bagi Timnas Indonesia untuk meraih kemenangan di kandang Vietnam.

"Kami sudah siap untuk tampil baik besok (hari ini -red)," ujar STy yakin. 

Tentang sejarah bahwa Indoesia tak pernah menang di kandang Vietnam dalam 20 tahun terakhir, justru STy merespon dengan komitmen untuk mencatat sejarah baru.

"Statistik selalu bisa berubah. Kami percaya, kali ini, kami bisa memecahkan rekor lama untuk menciptakan tonggak sejarah baru bagi sepak bola Indonesia, " responnya mantap.




Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong didampingi pemain Egy Maulana Vikri, dalam konferensi pers, Senin, 25 Maret 2024. (Foto: PSSI).

Ujian Adustrategi Pelatih 

Shin Tae-yong vs Flippe Troussier

Sebetulnya, tentu bukan tanpa alasan STy punya komitmen untuk memulai tonggak sejarah baru Timnas Indonesia menang di kandang Vietnam. Bahwa selama Timnas Indonesia di tangan STy, telah dilakukan semacam revolusi skuad.

Dalam prakteknya, meski STy sempat mendapat kritikan karena dalam sistem rekruitmen pemain seolah-olah memotong satu generasi untuk merekrut dan memberdayakan kebanyakan pemain muda, namun STy tak begitu menghiraukan kritikan.

Termasuk doktrin kedisiplinan bagi pemain, sehingga sejumlah pemain yang tidak disiplin didepak. Belakangan, agenda aktual yang diprioritaskan, STy bersama Ketum PSSI Erick Thohir, merekrut banyak pemain naturalisasi. 

Yang terbaru, 2 pemain keturunan yang yang baru resmi menjadi pemain Timnas yakni, Thom Haye, pemain tengah dari klub SC Heerenveen dan Ragnar Oratmangoen, striker dari klub Fortun Sittard. Dikabarkan kedua amunisi baru ini telah diikutkan ke Vietnam. 

Sebelumnya yang juga rekrutan baru, pemain bernama Jay Idzes (posisi back) dan Nathan Tjoe-A-On (pemain sayap). Kedua pemain tersebut telah diturunkan sekali di laga pertama melawan Vietnam di SUGBK, Jakarta, 21 Maret 2024, lalu. 

Termasuk pemain naturalisasi yang sudah lama masuk skuad Garuda saat ini seperti  Rafael Struick, Justin Hubner, Sandi Walsh, Elkan Baggott, Jordi Amat, Ivan Jenner, bisa menjadi banyak alternatif bagi STy bila ada yang berhalangan. 

Sementara pemain pribumi andalan STy juga memiliki performa di atas rata-rata, seperti Marselino Ferdinan, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Pratama Arhan, Ricky Kambuaya, Yakob Sayuri, dan yang lainnya. Termasuk Asnawi Mangkualam yang juga sudah bisa diturunkan di laga tandamg melawan Vietnam.

Sementara itu, Timnas Vietnam sebagai tuan rumah, harus diwaspadai apalagi tampil di hadapan pendukungnya. Tentu saja The Golden Star beruapaya tIdak dipermalukan di hadalan publiknya sehingga duel kali dipastikan bakal ketat. 

Jelasnya, derby ini menjadi ujian bagi pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong untuk adustrategi dengan pelatih Vietnam Flippe Troussier.  Siapa yang bakal sukses, menarik untuk ditunggu. (*).  

Penulis: M. RINALDI

Editor: ABDUL


Hukum

×
Berita Terbaru Update