Tes Urine Mendadak ala Kapolres Bukukumba, Upaya Pencegahan dan Warning untuk tidak Mengkonsumsi Narkoba


Kalpolres Bulukumba AKBP Andi Erma Suryono pantau pelaksanaan tes urine dadakan di Mapolres Bulukumba, Rabu 17 Desemver 2024. (Foto: Dok. Bidhumas Polda Sulsel). 


NuansaBaru.ID, BULUKUMBA - Jajaran Kepolisian Resort Bulukumba (Polres Bukukumba) kembali melakukan tes urine dadakan kepada personel usai menggelar rutinitas apel pagi, Rabu, (17/1/2024).


Kapolres Bulukumba AKBP Andi Erma Suryono, S.H., S.I.K., M.M mengatakan, tes urine itu dilakukan sebagai upaya preventif atau pencegahan dan identifikasi potensi penyalahgunaan narkoba di lingkungan kepolisian, khususnya di Polres Bulukumba.

"Hari ini kami melakukan pengecekan urine anggota secara rutin guna mengetahui atau mengidentifikasi sebagai upaya pencegahan dan warning untuk tidak mengkonsumsi narkoba," kata Andi Erma dalam rilis tertulis yang direkam dari Bidhumas Polda Sulsel.

Kapolres juga mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk atau upaya Polres Bulukumba dalam memerangi atau memberantas peredaran narkoba yang dimulai dari internal.

"Anggota Kepolisian harus menjadi contoh kepada masyarakat, untuk mampu menjauhi dan tidak menggunakan barang har
am tersebut, apapun alasannya" tegasnya. 



Suasana pelaksanaan tes urine mendadak di Mapolres Bulukumba. (Foto: Dok. Bidhumas Polda Sulsel).

Anggota yang Terbukti Langgar
Aturan akan Ditindaktegas


Kapolres Bulukumba menegaskan bagi anggota yang terbukti melanggar aturan terkait penyalahgunaan narkoba, akan ditindak tegas sesuai peraturan yang berlaku.

Namun, hasil pemeriksaan urine anggota saat itu ternyata nihil. Oleh karena itu Kapolres memberi apresiasi kepada personelnya karena dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan anggota yang positif menggunakan narkoba.

Dengan keberhasilan pemeriksaan urine kali ini, Polres Bulukumba menunjukkan komitmennya dalam upaya menjaga kebersihan dari narkoba sehingga dapat memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

Selama kegiatan terlihat personel dari jajaran Propam Polres Bulukumba mengawasi langsung jalannya pemeriksaan atau cek urine tersebut. (*)

Penulis/Editor: M. BASIR


Topik Terkait

Baca Juga :