Pelaksanaan Tes IQ di SDN 102 Sigalapang Julu Menuai Kontroversi, Kepala Sekolah Menolak Beri Kejelasan

 




Ini, SDN 102 Sigalapang Julu Kabupaten Mandaling Natal, Sumut.


NuansaBaru.ID, MANDALING NATAL - Program Tes IQ (Intelegensia) yang baru saja diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal Povinsi Sumatera Utara menuai kontroversi.


Oleh karena itu, untuk memberikan informasi ke publiik terkait dengan kebijakan itu, sejumlah awak media berupaya menemui pihak terkait untuk konfirmasi dan era Utaramendapatkan kejelasan.

Salah satunya, Kepala sekolah, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 102 Sigalapang Julu Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandaling, Sumatera Utara, Rini Hartati. Kepala sekolah tersebut ditemui awak media, Sabtu, (13/1-2024).

Ironisnya, Kepala SDN 102 Sigalapang tersebut terkesan tak bersedia ditemui dan enggan memberikan kejelasan. Buktinya, ia malahan berkelit dan sempat berbohong kepada wartawan. Ketika seorang jurnalis menanyakan keberdaan kepala sekolah.

"Mana kepala sekolah, " tanya seorang wartawan.

"Lagi ke.uar Pak, " jawab seorang ibu yang sebetulnya dia Ibu Rini Hartati yang tak lain Kepala SDN 102.

Serunya, seorang jurnalis yang kebetulan kenal dengan ibu trsebut langsung menanggapi.

"Kenapa ibu berbohong, kan ibu kepala sekolah di sini toh," timpal wartawan yang mengenalinya.

Sampai akhirnya kepala sekolah tersebut 'ngomong" juga atau sempat bicara. Sayangnya, komentar kepala.sekolah tersebut tak sesuai harapan para jurnalis. Ia tak menjawab dan memberi kejelasan apa yang diprtanyakan wartawan tentang pelaksanaan tes intelegensia tersebut.

Kadis Pendidikan Mandaling Natal
Patut Beri Penjelasan ke Publik

Sejatinya, poin-poin yang hendak dikonfirmasi dan diklarifikasi awak media saat itu, antara lain, berapa banyak siswa yang ikut Tes IQ itu dan atas dasar perintah siapa pelaksanaan program Trs IQ ini.

Diperoleh informasi tes Iq tersebut menggunakan dana Boss. Nah, wartawan juga bermaksud mempertanyakan, apakah ada petunjuk teknis (juknis) yang mengatur dan mendasari penggunaan dana Boss untuk kegiatan itu?

Harapan para jurnalis untuk mendapatkn kejelasan mengenal hal tersebut tak kesampaian. Kepala SDN 102 Sigalapang Julu, Rini Hartati justru berkelit dengan jawaban lain.

"Kenapa lagi diungkit-ungkit masalah test IQ, kan sudah selesai, " tepisnya singkat rada ketus. Akibatnya, awak media menangkap kesan seperti ada sesuatu yang disembunyikan.

Hingga informasi ini dipubkikasi, belum sempat dikonfirmasi dengan pihak terkait lainnya. Namun, tentu saja kontroversi yang melilit pelaksanaan Tes IQ bagi siswa di daerah ini pihak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mandaling Natal patut memberikan penjelasan ke publik. (*).

Penulis : Tim
Editor: ABDUL 



Topik Terkait

Baca Juga :