Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Refleksi Satu Setengah Tahun Mayjen Totok Pimpin Kodam XIV/Hasanuddin

Kamis, 28 Desember 2023 | 09:55 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-31T00:48:56Z

 

 

Mayjen TNI Totok Imam Santoso di hadapan peserta apel  bersama jajarannya, membeberkan capaian kinerjanya selama 1,5 tahun pimpin Kodam XIV/Hasanuddin. (Foto: Pendam XI     V/Hsn)   
 
NuansaBaru.ID, MAKASSAR – Menjelang masa purna jabatan sebagai Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoslo, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han)., mengelar apel bersama, “Laporan Kinerja Pangdam XIV/Hasanuddin”. Apel digelar di Lapangan M. Yusuf Makodam, Kota Makassar, Rabu, (27/12-2023). 

Apel bersama yang juga mendekat ke pergantian tahun 2023 ke 2024 ini diikuti oleh seluruh Pejabat Utama (PJU) Kodam Hasanuddin, prajurit dan PNS jajaran se-Garnisun Kota Makassar. Giat tersebut dilanjutkan melalui Video Conference (Vicon) diikuti seluruh jajaran Kodam XIV/Hasanuddin, baik di wilayah Sulsel, Sulbar dan Sultra. 

Dalam arahannya, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso mengungkapkan bahwa forum anggota merupakan suatu forum tertinggi dalam organisasi Kodam XIV/Hasanuddin. Oleh karenanya, jenderal bintang dua yang dikenal terbuka ini, dirinya menganggap perlunya untuk melaporkan tentang amanah yang diemban, guna para anggota dapat menanggapi, menyarankan dan mengoreksi.

Di kesempatan ini, Mayjen Totok membeberkan terkait kinerja dan hasil membanggakan yang didapatkan sejak mengemban tugas sebagai Pangdam XIV/Hasanuddin dalam rentang waktu lebih kurang 1,5 tahun lamanya. 

Adapun pencapaian positif yang didapatkan pada bidang perencanaan yaitu, Rumah Sakit (RS) Tk. II Pelamonia Kodam XIV/Hasanuddin meraih penghargaan sebagai Satker Zona Integritas (ZI) menuju WBK/WBBM (Wilayah Bebas Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) Tahun 2023.

Selain itu, urainya, kegiatan hibah di lingkup Kodam Hasanuddin lebih tinggi dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Terutama dalam hal pe-renovasi-an bangunan Kodam, pembuatan sumur bor, sepeda motor ambulance, pembangunan Kantor Persit KCK dan RS Mamuju. Selebihnya, Mayjen Totok juga telah meresmikan 1 (satu) Satuan Batalyon, 1 (satu) Kodim dan Koramil,  tersebar di jajaran teritorialnya. 



 Suasana Apel Bersama Penyampaian Laporan Kinerja Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen Totok Imam Santoso jelang akhir tugasnya di Kodam Hasanuddin. (Foto: Dok. Pendam XIV/Hsn). 

Dari Perkuatan Aparat Intelgen dan 
Silaturahmi hingga Capaian Prestasi

Di bidang Intelijen, orang nomor satu di Kodam XIV/Hasanuddin ini menyampaikan bahwa tidak ada kondisi (masalah) yang menonjol selama dirinya menjabat. Di mana hal ini berkat perkuatan dari aparat Intelijen, serta beberapa kali (sering) mengadakan silaturahmi dengan berbagai pihak.

Baik bersilaturahmi dengan insan media (insan pers), para tokoh, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), kemudian BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) perguruan tingggi, dan berbagai organisasi lainnya.

Begitu pula di bidang Operasional, Personalia, Logistik dan Teritorial, serta Koperasi Kodam, yang telah berjalan dengan baik tanpa adanya penonjolan negatif dan bahkan dapat meningkatkan citra Kodam XIV/Hasanuddin di kanca nasional.

“Bidang Teritorial saya berterima kasih atas kegiatan kerjasama yang cukup banyak, mulai dari pembangunan rel kereta api, pembangunan bendungan, ketahanan pangan, penanaman pohon, dan yang lainnya.

Seterusnya, Mayjen Totok juga menyebutkan, dalam pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) telah mendapatkan Juara, yakni Juara 2 Lomba Karya Jurnalistik TMMD ke-118 oleh Kodim 1420/Sidrap, Juara 2 Kampung Pancasila tingkat TNI AD oleh Kodim 1421/Pangkep dan menyabet Juara 1 dari 3 kategori lomba Karya Bakti TNI 2023 oleh Kodim 1408/Makassar, piala Muri Sujud Syukur terbanyak di dunia. 

Terakhir, Mayjen Totok selanjutnya mengungkapkan penilaian pimpinan atau institusi lain terhadap Kodam XiV/Hsn. Di mana sering kali Kodam XIV/Hasanuddin mendapatkan penilaian positif, yang sering dilontarkan oleh para pimpinan TNI serta dari pimpinan instansi lainnya. 

“Kemarin kunjungan Komisi I (DPR RI), menyampaikan dari semua Kodam yang dikunjungi Kodam XIV/Hasanuddin terbaik, kemudian dari ustadz (ulama) juga kaget melihat Kodam bagus sekali, indah, rapi dan tertib. Panglima TNI juga menyampaikan bahwa Kodam yang paling siap Pemilu dan membuat buku saku adalah Kodam XIV/Hasanuddin. Kemudian, kunjungan Kasad kemarin bahkan menyampaikan bahwa Kodam kita akan menjadi model bagi Kodam lain,” tutur Mayjen Totok.  (*)

Referensi: - Pendam XIV/Hsn       
            
Penulis/Editor: ABDUL

Hukum

×
Berita Terbaru Update