Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

PT Sinar Gowa Sukses Usung Visi Jadi Perusahaan Distribusi Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Jumat, 13 Oktober 2023 | 12:11 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-16T04:39:36Z

Kutipan Hasil Wawancara Khusus dengan Mansur Suking, General Manager PT Sinar Gowa Sukses  



Direktur PT Sinar Gowa Group, Delon Picardy (ketiga dari kiri) bersama General Manager (GM) PT Sinar Gowa Sukses, Mansur Suking (kedua dari kiri) dan 2 orang anggotanya dalam satu momen. (Foto: Dok. PT Sinar Gowa Group). 


NuansaBaru.ID, MAKASSAR - Mendistribusikan produk dari pabrikan merupakan satu matarantai tak terpisahkan dari gerak roda perekonomian. Produser (pabrikan) dan distributor (pendistribusi) ibarat 2 sisi mata uang yang menyatu hingga produk bisa sampai ke tangan konsumen. 

Salah satu perusahaan yang mengemban misi itu, namanya PT Sinar Gowa Sukses, anak perusahaan yang berada di bawah payung PT Sinar Gowa Group. Head office (Kantor Pusat) perusahaan ini terletak di Jalan Ir Sutami Nomor 88 Sangalinna Kelurahan Bira Kecamatan Tamalanrea Makassar.

General Manager (GM) PT Sinar Gowa Sukses, Mansur Suking yang ditemui di Warkop Villa Mutiara, Kamis, (12/10-2023) mengungkapkan, PT Sinar Gowa Group sejatinya terdiri dari 2 anak perusahaan yakni, PT Sinar Gowa Industri dan PT Sinar Gowa Sukses.

PT Sinar Gowa Sukses inilah yang berperan sebagai perusahaan yang bergerak di bidang usaha distributor atau FMCG (Fast Moving Consumer Goods). Ruang lingkup distribusinya mempunyai cakupan yang luas. Dalam hal ini mendistribusikan produksi dari unit PT Sinar Gowa Industri sendiri dan berbagai jenis produk dari pabrikan lain.

General Manager PT Sinar Gowa Sukses yang biasa disapa 'Bung Jenderal' ini, kemudian mengungkap sekilas tentang histori cikal-bakal berdirinya perusahaan ini.

Saat ini, katanya, PT Sinar Gowa Group, dipimpin oleh seorang Direktur bernama, Delon Picardy. PT Sinar Gowa didirikan sejak tahun 1971 oleh seorang tokoh pengusaha di Makassar bernama Charles Picardy, yang tak lain merupakan ayah kandung Delon Picardy.

Namun, Charles Picardy saat ini non aktif dan mendelegasikan wewenang kepada putra pertamanya Delon Picardy untuk memimpin perusahaan ini. Semula, PT Sinar Gowa hanya memproduksi dan mendistribusikan produksinya sendiri. Namun, selanjutnya managemen berinovasi untuk mengembangkan cakupan usaha dengan membentuk anak perusahaan PT Sinar Gowa Sukses sejak tahun 2008.



Sesi foto bersama Direktur PT Sinar Gowa Group, Delon Picardy (keempat dari kiri) dan jajarannya pada Peringatan HUT ke-46 PT Sinar Gowa (SG) Group, beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. PT Sinar Gowa Group). 

Komitmen Berdayakan Masyarakat
dan Buka Lapangan Kerja


Mulai saat itu PT Sinar Gowa Group terbagi menjadi 2 anak perusahaan. Pertama, PT Sinar Gowa Industri dan PT Sinar Gowa Sukses. PT Sinar Gowa Industri memproduksi mie kering dengan merek Mie Kepiting atau Mie Kering Cap Kepiting, Mie Kering Spesial Cap Udang, Mie Kering Cap Perahu dan produk lainnya.  

Selain menuturkan selintas tentang histori pendirian perusahaan ini, Sang General Manager perusahaan ini juga memaparkan Visi-Misi PT Sinar Gowa Sukses di bawah kendali Direktur Delon Picardy, seperti berikut ini.

Visi PT Sinar Gowa Sukses, adalah menjadi salah satu perusahaan distribusi terbaik dan terpercaya di Indonesia. Sedangkan Misi PT Sinar Gowa Sukses: Misi (1), Memberikan pelayanan distribusi terbaik bagi Principal.

Misi (2), Membangun kepercayaan Konsumen dan Principal melalui integritas, kedisiplinan, loyalitas, inisiatif serta inovasi yang menjadi budaya karyawan kami. Misi (3), Kami sukses karena memberdayakan masyarakat sekitar, membukakan lapangan pekerjaan, memberikan pengetahuan kepada masyarakat dan turut membangun kesejahteraan.

Awalnya, urainya lagi, tahun 2008, PT Sinar Gowa Group membentuk anak perusahaan dengan nama PT Sinar Gowa Sukses merupakan perusahaan manufactured yang memproduksi AMDK (Air Minum Dalam Kemasan), merek SG beserta minuman rasa merek JOPY dengan berbagai varian rasa.

Tahun 2010, menjalankan usaha distribusi, namun masih sebatas produksi sendiri. Efektif tahun 2014, perusahaan memperluas jasa distribusi untuk produk-produk luar (barang campuran).

Langkah-langkah perusahaan misalnya, tahun 2015, menandatangani kontrak kerjasama/MoU (Memorandum of Understanding) sebagai distributor resmi PT Atje (Blg). Berikutnya, tahun 2016 menandatangani MoU sebagai distributor resmi PT Sido Muncul dengan varian produk Kuku Bima, kemudian tahun 2017 melakukan kerjasama serupa dengan PT Sekar Laut, dan seterusnya.

Langkah-langkah tersebut terus dilakukan dengan perusahaan lain sehingga saat ini, dari langkah inovasi tersebut, PT Sinar Gowa Sukses telah mendistribusikan sebanyaik 30-an jenis produk, baik dari produksi pabrikan sendiri, maupun dari pabrikan lain.

Dicontohkannya, dari 30-an jenis barang atau produk yang didistribusikan tersebut antaralain, Minyak Goreng Fitri, Minyak Goreng Tropical, Mie Kering Cap Kepiting, Mie Kering Spesial Cap Udang, Mie Kering Cap Perahu dan Terigu Segi Tiga Biru, Minyak Goreng Fitri, Minyak Goreng Tropical dan sebagainya 

Tak hanya itu, imbuhnya, PT Sinar Gowa Sukses juga mendistribusikan jenis barang kebutuhan rumah tangga ataupun perkantoran. Misalnya, Bola Lampu Panasonic, Bola Lampu Hori, Baterei Panasonic, Sabun Mandi Shin Shiu dan jenis pruduk lain yang tak disebutkan semua.




Ini, General Manager PT Sinar Gowa Sukses, Mansur Suking dengan latarbelakang aktivitas perusahaan. (Foto: Dok. PT Sinar Gowa Group) 

Pekerjakan 350 Karyawan, Buka 15 Cabang di Sulsel, Sulbar dan Sulteng 

Dari perjalanan derap langkah perusahaan ini, kini PT Sinar Gowa Sukses telah memiliki 15 cabang di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Barat (Sulbar) dan juga telah merambah ke wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Seiring dengan itu, PT Sinar Gowa kini telah mempekerjakan sebanyak 350-an orang karyawan. Termasuk di kantor pusat dan menyebar di cabang-cabang perusahaan yang ada," sebut Mansur Suking.

Adapun cabang-cabang PT Sinar Gowa Sukses yang dimaksud, ada di Gowa, Jeneponto, Bulukumba, Sinjai, Bone, Sengkang, Sidrap, Pinrang, Palopo, Mangkutana, Polmas dan Mamuju (Sulbar), Palu (Sulteng) dan daerah lainnya.

Tak semua kabupaten/kota dibuka cabang. Sejumlah kabupaten/kota diproyeksikan bisa meng-cover daerah lainnnya. Misalnya, Kantor Pusat Makassar bisa meng-cover Maros dan Pangkep, Cabang Gowa bisa meng-cover Takalar, Pinrang bisa meng-cover Kota Parepare dan Pinrang, dan sebagainya.

Ketika ditanya tentang seberapa besar omzet PT Sinar Gowa Sukses per bulan saat ini, GM perusahaan itu menyebutkan kisaran riil sekian M sampai sekian M (miliar) per bulan. Namun, agar tak terkesan pamer dan ada nada pongah, ia meminta omzetnya tak elok disebutkan nilai riilnya.

"Yaaa...., omzet PT Sinar Gowa Sukses saat ini, katakanlah di kisaran puluhan miliar rupiah per bulan," jelas General Manager itu sembari tersenyum ceria.

Menurut GM PT Sinar Gowa Sukses, Mansur Suking, sudah menjadi kiat dan komitmen Direktur Delon Picardy, sesuai dengan visi-misi perusahaan, bahwa dalam kiprahnya PT Sinar Gowa Sukses ini berupaya menjadi perusahaan distribusi terbaik di Indonesia.

"Intinya, harapan direktur sesuai misi, memberikan pelayanan distribusi terbaik, membangun kepercayaan konsumen dan principal melalui integritas, kedispilinan, loyalitas serta inisiatif dan inovasi. Selain itu, memberdayakan mayarakat sekitar, membuka lapangan kerja, turut meningkatkan kesejahteraan dan seterusnya, " tutur Mansur Suking GM yang berdarah Jeneponto itu.

Mansur Suking menambahkan untuk mewujudkan sinergitas dan kebersamaan serta guna menciptakan suasana kerja yang sehat dan harmonis, perusahaan melaksanakan buka puasa bersama dan serentak seluruh cabang pada bulan Ramadan.

Di samping itu, pihak petinggi perusahaan secara berkala mengunjungi cabang-cabang untuk silaturahmi dan santap malam bersama. Termasuk pemberian THR (Tunjangan Hari Raya) selayaknya kepada para karyawan pada waktunys, serta berbagai wujud kepedulian lainnya. (*).


Ini, sampel 2 varian produk PT Sinar Gowa Industri berupa Mie Kering Cap Kepiting dan Mie Kering Spesial Cap Udang yang terdistribusi bersama 30-an produk lainnya ke wilayah distribusi melalui kinerja PT Sinar Gowa Sukses. (Foto-foto: Dok. PT Sinar Gowa Group)

Penulis: SUCI SRI WAHYUNI
Editor: ABDUL


Hukum

×
Berita Terbaru Update