Masyarakat Sulsel Banjiri Puncak Perayaan HUT ke-78 TNI di Lapangan Karebosi Makassar

Hadirin Saksikan Gelar Pasukan, Parade/Defile Pasukan dan Alutsista, Demonstrasi, Baksos dan Hiburan Masyarakat



Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso dengan kendaraan Raider, selaku Irup Upacara Puncak Peringatàn HUT ke-78 TNI di Lapangan Karebosi Makassar, lakukan inspeksi pasukan. (Foto: Pendam XIV/Hsn)


NuansaBaru.ID, MAKASSAR - Puncak Perayaan  ke-78 TNI ditandai dengan pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia Tahun 2023. Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han) yang memimpin upacara.

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia tahun 2023 mengangkat tema, "TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju. " Upacara Peringatan HUT ke-78 TNI berlangsung di Lapangan Karebosi, Kota Makassar, Kamis (5/10-2023).

Upacara turut dihadiri Pj Gubernur Sulsel Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si., Kapolda Sulsel Drs. Setyo Boedi Moempoeni Harso, S.H., M.Hum. Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, S.H., M.Si.dan para unsur Forkopimda Sulsel lainnya.

Hari itu, selain di Kota Makassar, peringatan puncak HUT ke-78 TNI ini juga digelar di wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) dan Sulawesi Tenggara (Sultra), yang merupakan bagian dari wilayah teritorial Kodam XIV/Hasanuddin 


Gambar 2. Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, didamping Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, Kapolda Sulsel Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso dan Forkopimda lainnya beri keterangan pers tentanb HUT ke-78 TNI. 


Gambar 5. Pemotongan nasi tumpeng oleh Panhdam XIV/Hsn Maymen Totok diikuti oleh pejabat dan ibu-ibu.

Pangdam XIV/Hsn: Pegang Teguh Santiaji, Terus Jaga Kemanuggalan dan Kepercayaan Rakyat kepada TNI

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso selaku Irup membacakan amanat seragam Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.. Panglima TNI menyampaikan rasa bangganya kepada seluruh prajurit TNI yang telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan.

Sekaligus sebagai benteng terakhir NKRI selama 78 tahun. Dalam menghadapai berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa.

“Prajurit TNI harus tetap menjadi pagar serta fondasi utama dalam pertahanan, yaitu TNI yang semakin profesional dan manunggal dengan rakyat. Sebagai bentuk perwujudan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (total defence system), yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah maupun sumber daya nasional lainnya. Untuk menegakkan kedaulatan negara, melindungi segenap bangsa dan menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia,” jelas Panglima TNI.

Lebih lanjut Jenderal bintang dua lulusan terbaik Seskoad tahun 2002 ini menyampaikan penekanan Panglima TNI sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas, yakni senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, lalu memegang teguh Santiaji serta terus menjaga kemanuggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI.

Kemudian, melaksanakan komitmen netralitas TNI, menjalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan Polri, kementerian/lembaga dan komponen bangsa lainnya. Demi tercapainya stabilitas keamanan nasional, dan yang terakhir agar senantiasa menjaga nama baik TNI di manapun berada.

Sementara itu, sebagai rangkaian peringatan HUT ke-78 kali ini dilaksanakan berbagai agenda. Diantaranya, demonstrasi penanganan antisipasi kerusuhan saat Pemilu dan Pilkada serentak 2024, tampilan drama kolosal perjuangan Jenderal Soedirman dan penampilan tari kolosal kearifan budaya lokal Sulsel.

Tidak berhenti sampai di situ, kemeriahan puncak perayaan hari jadi TNI ini dilanjutkan dengan pemberian ribuan paket sembako kepada anak stunting, difabel, veteran, purnawirawan, tukang becak, wartawan, anak jalanan, warakawuri, masyarakat kurang ampu, FKPPI, Komcad, Benteng Komando, Ojek Online, pelajar, anak yatim dan buruh, baik di Sulbar maupun di wilayah Sultra.



Gambar 5.
Parade alutsiata warnai peringatan HUT ke-78 TNI di Makassar  

Gubernur Sulsel Akui TNI Berperan Penting Kawal Demokrasi dan Manunggal Bersama Rakyat

Pada momen peringatan HUT ke-78 TNI itu, juga dilaksanakannya penyerahan 8 (delapan) kunci sepeda motor ambulance roda 3 dari Pj Gubernur Sulsel kepada Kodam XIV/Hasanuddin. Motor ambulance tersebut nantinya akan diserahkan di jajaran guna mempermudah dukungan fasilitas kesehatan bagi wilayah yang tidak memungkinkan untuk dilintasi oleh kendaraan roda 4.

Tak hanya itu, yang cukup menyita perhatian tersendiri bagi masyarakat, juga dilaksanakan parade/defile pasukan dan karnaval alutsista, peresmian Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), dan pemberian penghargaan kepada prajurit TNI AD, AL dan AU, istri prajurit, wartawan dan PNS berprestasi dan acara hiburan masyarakat.

Pada kesempatan ini, ucapan selamat disampaikan oleh Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Bahatuddin memyampaikan ucapan selamat atas perinbatan Hari Jadi ke-78 TNI yang telah berperan penting dalam mengawal demokrasi dan selalu manunggal bersama rakyat. Selain itu Pj Gubernur Sulsel juga menyampaikan rasa bangga atas penyelenggaraan HUT TNI yang sangat luar biasa hasil kerja keras Pangdam bersama unsur TNI lainnya.

“Dari melihat rangkaian kegiatan yang dibuat oleh Panglima, kita lihat bahwa kesiapsiagaan TNI bersama Polri dan seluruh komponen masyarakat termasuk gladi PAM Pemilu saya yakin dan percaya sebagai Gubernur, pelaksanaan Pemilu 2024 dan pilkada serentak akan berjalan aman dan lancar dan kesiapsiagaan aparat keamanan sangat siap sekali dalam mengamankan seluruh wilayah Sulsel,” tuturnya pungkas. (*).

Referensi: Pendam XIV/Hsn
Penulis/Editor: ABDUL 


Topik Terkait

Baca Juga :