Kemenangan 3-1 atas Hougong United di Ajang AFC Cup, Indikasi Konsisten Kebangkitan PSM


Everton Nascimento dan Yuran Fernandez euforia usai yecipta gol perdana PSM berkat sundulN Yuran Fernandez yang terarah dituntaskan Safruddin Tahar. (Foto: Screenhoot/NB)  

NuansaBaru.ID, GIANJAR -  Laga ke-3 PSM Makassar di ajang AFC Cup musim ini, menuai hasil positif. PSM menang 3-1 atas Hougang United FC. Gol dicetak Safruddin Tahar 22', Yuran Fernandez 29' dan Adilson da Silva 55". Sedangkan gol balasan Hougong diciptakan Dorde Maksimovic 78' (P).

9
Dengan kemenangan ini, PSM langsung terangkat dari dasar klasemen grup , meng-kudeta Hougong United di posisi ketiga. Meski masing-masing meraih 3 poin dengan sekali kemenangan, namun PSM unggul head to head. 

Seperti diketahui capaian PSM kali ini merupakan kemenangan perdana di AFC Cup 2023, setelah sebelumnya tumbang 2 kali. Kalah 0-3 dari klub Vietnam Hai Phong di matchday pertama dan di matchday kedua kalah lagi 0-5 dari Sabah FC Malaysia.    

Di matchday ketiga kemudian baru bangkit dan percaya diri membungkam Hougong United 3-1. Oleh karena itu, kemenangan ini juga dinilai sebagai gejala konsistensi kebangkitan PSM dalam 2 kali penampilan terakhir

Sebelumnya di laga pekan ke-16 di pentas Liga 1 Indonesia, 20 Oktober 2023, PSM telah mengalahkan Arema FC 3-0. "Semoga tren posif dan konsistensi itu berlanjut ke depan, " kata Musafir, seorang PSM mania di Kota Parepare. 

Tinjauan Jalannya Laga

Tampil sebagai tuan rumah di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu, (25/10-2023), pukul 19.00 WIB atau 20.00 WITA, Muh, Arfan Cs mulai menunjukkan kembali jatidirinya sebagai tim yang  tak mudah ditembus lawan. 

Tak hanya itu, Hougang United yang lebih banyak menguasai bola dengan operan-operannya, namun itu tadi tak bisa menaklukkan kokohnya pertahanan PSM. Justru serangan PSM lebih efektif dan acapkali mengancam tim yang mewakili Singapura itu.

Terbukti, berawal dari tendangan bebas Dzaky Asraf dari sisi kiri yang mengarah ke depan gawang, Yuran Fernandez yang sudah menunggu menyundul ke pojok kanan gawang dan Safruddin Tahar tinggal mencocor bola sedikit dengan kakinya, gol pembuka PSM tercipta menit ke-22 lewat kaki bek PSM itu.

Usai menciptakan gol PSM tetap mencoba mengurung pertahanan Hougang. Tercatat hanya 6 menit kemudian Everton Nascimento memberikan umpan ke Yuran Fernandez. Karena posisinya agak membelakangi gawang Yuran terlebih dahulu menjinakkan si kulit bundar dengan 2-3 kali sentuhan.

Setelah itu, Yuran Fernandez menendang bola melewati celah pertahanan Hougang. Bola mengarah ke pojok kanan gawang dan tak dapat dijangkau penjaga gawang Hougong United, Zaiful Nizam.

Bek jangkung PSM, Yuran Fernandez mencetak gol kedua bagi PSM menit ke-29. Skor 2-0 untuk keunggulan PSM. Bahkan di menit ke -31 giliran Adilson da Silva punya peluang lagi, namun belum berbuah gol.
 
Sementara Hougang United hanya punya peluang di masa injury time 45+2", itupun masih kesulitan menembus pertahanan PSM. Skor 2- 0 untuk PSM yang bertahan hingga jedah babak pertama. 



Yuran Fernandez berpelukan dengan Adilson da Silva usai cetak gol disertai Daffa Salman (kiri) dan Ananda Rehan (kanan) merayakan gol ketiga PSM (Foto: Dok. PSM)   

Strategi Permainan PSM Lebih Efektif

Di awal babak kedua, Hougang United berupaya menyerang, mencari celah untuk membobol gawang PSM mrmperkecil ketinggalan. Namun, Dorde Maksimovic yang mendapat peluang, tak dapat menaklukkan  Ardia syah, penjaga gawang PSM.
Menjelang 10 menit sejak kick off babak kedua, PSM Makassar melakukan serangan balik cepat. Hougang yang berupaya bangkit mwnyerang justru sedikit lengah di pertahanan. 

Rupanya Adilson Silva mulai tumbuh kepercayaan dirinya. Begitu mendaoatkan umpan teriobosan dari temannya, ia kemudian memainkan bola sejenak mengecoh pertahanan Hougan United lalu melepesaka tendangan ke gawang.    

Adilson Silva menjebol gawang Hougan United menitbke-55. Gaya mencetak golnya mirip dengan 2 gol yang diviptakan Adilson saat melawan Arema FC pada pertandjnan sebelumnya. Menerima umpan terobosan kemudian mengandalkan skil individu mengecoh dan melewati pertahanan lawan. 

Skor 3-0 untuk keunggulan PSM. Adilson yang terus ke.uarvperformanya mwnit ke 58 masih bisa melakuakn yendangan onntarbrebke gawanb Hougang,ntapintendangannya masihnlemahndan mudahnsaja diamankannpenajabawang. 

Momen berikutnya, kapten PSM Muh Zrfan yang biasanya main full time ditatik keluar menit ke-60. Terlihat ada gangguan di pergelangan kakinya sehingga ban kapten diserahkan ke Yance Sayuri yang telah masuk di awal babak kedua menggantikan Dzaky Asraf. 

Upaya saling saling serang pun sering terjadi, apalagi kedua pelatIh telah mengganti sejumlah pemainnya. Namun, mendekati menit ke 80, skor masih bertahan 3-0 untuk PSM. 

Hougang United berusaha menekan. Salah satunya, dari rusuk kanan pertahanan PSM, Hazzuan Halim mencoba menusuk ke jantung pertahanan PSM. Di garis sisi kanan kotak penalti PSM, Hazzuan Halim bermaksud memberikan umpan tarik ke depan gawang, namun dihadang oleh Andy Harjito.

 Petakan bagi PSM, pemain pengganti PSM Andi. Harjito dinyatakan melanggar di kotak terlarang. Wasit pun menunjuk titik putih. Dorde Maksimovic yang menjadi algojo penalti akhirnya menjebol gawang PSM. Hougang United memperkecil ketinggalannya lewat penalti menit ke-78. Skor berubah menjadi 3-1 untuk PSM. 

Meski Hougang United terus berupaya menekan pertahanan PSM, namun tak berhasil menciptakan gol lagi hingga skor bertshan 3-1 untuk kemenangan PSM. 

Mengutip sekilas ringkasan statistik pertandingan, tergambar berikut ini. Khusus penguasaan bola, operan dan akurasi operan, sejatinya Hougang mengungguli PSM. Statistik PSM vs Hougang (penguasaann bola; 34 % : 64 %, operan; 319 : 572 dan akurasi operan;  74 % : 84 %). 

Namun, dalam hal jumlah tendangan (tembakan), tembakan ke arah gawang dan tendangan sudut PSM lebih unggul. Jelasnya, PSM vs Hougang statistiknya (tembakan; 22 : 6, tembakan ke arah gawang; 7 : 2 dan tendangan sudut; 6 : 1).     

Logika sederhananya, serangan atau keunggulan penguasaan bola Hougang United FC Singapura tidak efektif dan tak bisa menembus pertahanan PSM lewat skema open play.

Sementara PSM yang unggul jumlah tembakan, tembakan ke arah gawang dan tendangan sudut, menandakan PSM bermain lebih efektif dan lebih banyak menekan gawang Hougang United. Hasilnya, PSM mencetak 3 gol melalui openplay, sedangkan Hougang United hanya mencetak 1 gol, itupun hanya lewat tendangan penalti. (*)  


Ini, debut PSM vs Hougang United babak kedua, terlihat Kenzo Nambu dan Everton (kanan) dihadang 2 pemain Hougang United (Foto: Dok. PSM).
  
Susunan Pemain PSM Makassar 
Vs Hougang United FC Singapura

PSM Makassar : 

Muh Ardiansyah; Safrudin Tahar, Yuran Fernandez, Daffa Salman; Rizky Eka Pratama (Joao Pedro 73'), Akbar Tanjung, M Arfan (Kenzo Nambu 60'), Ananda Raehan (Ricky Pratama 91'), Dzaky Asraf (Yance Sayuri 46'); Everton Nascimento, Adilson Silva (Andy Harjito 73').

Pelatih: Bernardo Tavares
Formasi: (3-5-2)
Kapten: Muh Arfan (Yance Sayuri  59')

Hougang United FC: 

Zaiful Nizam; Takayama Kazuma, Naoki Kuriyama, Abdil Qaiyyim Mutalib (Jordan Vestering 46'), Anders Aplin (Sahil Suhaimi 84'); Zulfahmi Arifin; Hazzuan Halim (Louka Jun Cheng 78'), Shahdan Sulaiman (Amir Zalani 78'), Irwan Shah Arismail (Amy Recha 59'), Nazrul Nazari; Dorde Maksimovic.

Pelatih: Marko Kraljevic
Formasi: (4-1-4-1)
Kapten: Zufahmi Arifin 

Penulis: M. RENALDI
Editor: ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :