Setelah Mem-'bandang' China Taipei 9-0, Setengah Langkah Lagi Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Putaran Final Piala Asia 2024


Rafael Struick dan Pratama Arhan euforia, masing-masinh sumbanh 1 gol di babak pertama dan 1 gol di babak kedua Kulaifikasi AFC Cup di Stadion Manahan Solo (Foto: Instagram @pssi.org).


NuansaBaru.ID, SOLO -- Debut awal Timnas Indonesia U-23 di ajang Kualifikasi Piala Asia 2024 mengejutkan. Timnas Indonesia U-23 melibas Timnas China Taipei U-23 dengan skor telak 9-0 tanpa balas. 


Meminjam istilah dalam Bahasa Daerah Bugis, boleh, kan. Di kompetisi sepak bola tarkam (antarkampung) di wilayah Bugis, kalau sebuah tim menang besar dalam nada gurau distilahkan 'bandang" atau mem-bandang (menang telak) dan kalau tim dikalah disebutkan di-bandang (dikalah telak).

Kembali ke rekap sembilan gol yang dikemas Timnas Indonesia U-23, 2 gol diborong Marseino Ferdinan (2'dan). Sedangkan 7 gol lainnya dicetak oleh Ramadhan Sananta (6'), Rafael Struick (19'), Witan Sulaeman (28'), Ilham Rio Fahmi (40'), Elkan Bagott (58'), Hokki Caraka (78') dan Pratama Arhan (85').

Sepeti diketahui matchday pertama bagi Indonesia dan kedua bagi China Taipei (Taiwan), berlangsung di Stadion Manahan Solo, Sabtu, (9/9-2023), pukul 19.00 WIB. Begitu kick off babak pertama, Indonesia langsung menyerang untuk mencoba menciptakan gol cepat.

Barisan pertahanan China Taipei kaget, ibarat 'perang' tiba-tiba di bombardir. Akibatnya, mereka langsung panik dan berbuat pelanggaran di kotak terlarang. Wasit menunjuk titik putih. Algojo penalti, Marselino Ferdinan berhasil menyelesaikan tugasnya. Marselino menciptakan gol pertama bagi Indonesia menit ke-2.

Ternyata nyali gol cepat itu dibuktikan. Skuad Timnas U-23 terpicu semangatnya. Sebaliknya, China Taipei jadi tegang dan terlihat merasa tertekan. Hanya berselang sekira 5 menit kemudian, Ramadhan Sananta yang berhadapan dengan pertahanan, melihat kiper maju meninggalkan sarangnya.

Striker muda timnas itu lalu menendang bola lewat selangkangan atau bawa celah kaki Chang Hsiang Chun, penjaga gawang China Taipei. Ramadhan Samanta membukukan gol kedua untuk Indonesia sekitar menit ke-7. Artinya, belum berjalan 10 menit, Indonesia telah unggul 2-0.

Berikutnya, giliran Rafael Struick ikut menunjukkan tajinya. Pemain usia 19 tahun berdarah Indonesia-Belanda yang baru di-naturalisasi jelang FIFA Matchday Indonesia vs Agentina, Juni 2023. Memanfaatkan assist dari Witan Sulaemen Rafael Struick mencatatkan namanya di papan skor sebagai pencetak gol ke-3 menit ke -17.

Timnas China Taipei Jadi Bulan-bulanan

Unggul 3 gol, rupanya tim asuhan pelatih Shin Tae-yong (STy) tak mengendorkan agresifitasnya. Terbukti, Witan Sulaeman yang punya pengalaman merumput di Eropa sana, berani menerobos ke depan. Meski barisan pertahananan China Taipei seolah memasang perangkap off side.

Witan Sulaeman ternyata terhindar dari jebakan off side dan berhasil memperdaya kiper lawan. Peseoakno.a asal Palu Sulteng itu mencetak gol ke-4 bagi Indonesia menit ke-28. Belum selesai, ha ya jedah 10-an menit kemudian Ilham Rio Fahmi tak mau ketinggalan. Pilar Persija itu menyumbang gol ke-5 di babak pertama menit ke-40. Skor 5-0, ertahan hingga jedah babak pertama.

Di babak kedua, meski Timnas China Taipei U-23 asuhan pelatih Tssng Tai Lin berusaha bangkit, namun Marselino dan kawan-kawan tak memberi ruang untuk menciptakan gol. Bahkan, tetap menjadi 'bulan-bulanan' Tim Garuda U-23.

Terbukti, 4 gol lagi berhasil disarangkan anak-anak Indonesia ke gawang China Taipei. Jelasnya, gol dicetak oleh Elkan Baggott (58'), Marseino Ferdinan ( ), Hokki Caraka (78') dan Pratama Arhan (85').

Pasca kemenangan telak ini, Timnas Indonesia U-23 di ambang pintu untuk lolos ke putaran Final Piala Asia 2024. Dengan produktifitas gol 'sekeranjang' (9 gol tanpa kemasukan) itu tim besutan STy ini sisa membutuhkan hasil seri pada laga berikutnya melawan Turkmenistan, 12 September 2023, untuk melenggang ke putaran final. 

Kalau menang (3 poin) dikonotasikan 1 langkah lagi, kalau hanya membutuhkan hasil seri (1 poin) lagi, bisa dimaknai Timnas Indonesia U-23 sisa setengah langkah lagi untuk lolos ke putaran Final Piala Asia 2024. 

Yang pasti dari kemenangan besar ini, Timnas Indonensia U-23 memuncaki klasemen Grup K karena unggul produktifitas gol, menggeser Turkmenistan turun ke posisi ke-2. Sedangkan China Taipe stagnan di posisi buncit dengan 2 kali tumbang. Kalah 0-4 dari Turkmenistan dan kalah 0-9 dari Indonesia. (*). 

Penulis: M. RENALDI
Editor  : ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :