Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Peringatan Serius Kapolres Sidrap untuk Antisipasi Dampak El Nino

Sabtu, 09 September 2023 | 09:16 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-11T18:43:42Z

Ditekankan Pentingnya Upaya Konservasi Air dan Pengelolaan 

Sumber Daya Alam Berkelanjutan



Kapolres Sidrap. AKBP Erwin Syah beri peringatan serius waspadai dampak El Nino. (Foto: Humas Polres Sidrap/AZIS) 

NuansaBaru.ID, PANGKAJENE SIDRAP - Kepala Kepolisian Resort Sidenreng Rappang (Kapolres Sidrap), AKBP Erwin Syah, S.I.K, memberikan peringatan serius kepada masyarakat, mengenai potensi bahaya El-Nino yang dapat memengaruhi kondisi iklim dan cuaca di wilayah Sidrap.

El-Nino, urai Kapolres, adalah fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu permukaan laut di Samudera Pasifik. Fenomena ini dapat menyebabkan peningkatan suhu dan kekeringan yang berdampak buruk pada pertanian, ketersediaan air dan lingkungan secara keseluruhan.

Pencerahan itu disampaikan Kapolres Sidrap di Pangkajene, Jumat, (8/9-2023). Dia mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada terhadap potensi dampak El-Nino yang dapat terjadi dalam beberapa bulan ke depan.

"El-Nino bisa mengakibatkan penurunan curah hujan dan suhu udara yang tinggi, sehingga berpotensi menyebabkan kekeringan dan gangguan pada pertanian," jelasnya. 

Perlu Menjaga dan Menggunakan
Sumber Daya Air dengan Bijak


Kapolres yang dikenal intensif berinteraksi dengan masyarakat itu menekankan pentingnya upaya konservasi air dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. "Kita perlu menjaga dan menggunakan sumber daya air dengan bijak serta melakukan tindakan pencegahan terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan," tambahnya.

Oleh karena itu, Erwin Syah mengajak masyarakat untuk aktif melaporkan kejadian yang mencurigakan terkait dengan kebakaran hutan dan lahan. "Kami siap bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat dalam menghadapi potensi dampak buruk El-Nino ini," ujarnya.

Dikatakan, kepedulian dan kerja sama semua pihak, termasuk masyarakat, sangat penting dalam menghadapi ancaman El-Nino ini. "Kami berharap agar masyarakat bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan dan bersiap menghadapi situasi yang mungkin terjadi," kilahnya berharap.


Peringatan serius dari Kapolres Sidrap ini menjadi panggilan penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai perubahan iklim dan potensi dampaknya serta untuk bersiap menghadapinya dengan tindakan yang tepat. (*)

Penulis: MUSAFIR MUCHTAR
Editor: SUCI SRI WAHYUNI

Hukum

×
Berita Terbaru Update