Duel Pekan ke-13 Liga 1 di Samarinda Dipastikan Sengit. Borneo FC Diunggulkan, PSM Makassar Tak Gentar


Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares adustrategi dengan pelatih Borneo FC Pieter Huistra di Stadion Segiri Samarinda. (Foto: Dok. Klub)


NuansaBaru ID, SEGIRI SAMARINDA - Setelah 'terluka' harus kalah 0-3 dari Hai Phong di ajang AFC Cup 2023/2024 dalam lawatannya ke Vietnam, kini PSM Makassar kembali turun berlaga di Liga 1 melawan Borneo FC.


Laga pekan ke-13 BRI Liga 1 2023/2024 antar PSM vs Borneo FC berlangsung di Stadion Segiri Samarinda Kaltim, Senin, (25/9-2023), pukul 19.00 WIB atau pukul 20.00 WITA di wilayah PSM. Laga tandang ini merupakan bagian dari perubahan jadwal PSM di pentas kasta teratas sepak bola Indonesia ini.

Sebelumnya, laga pekan ke-13 antar PSM vs Borneo FC ditetapkan sebagai laga kandang bagi PSM. Laga semula dijadwalkan di Markas PSM Stadion GBH, Minggu, (24/9-2023). Setelah terjadi perubahan, maka dijadwakan bergeser sehari dan berubah jadi laga tandang bagi PSM.

Secara statistik menuju laga ini Borneo FC di atas angin. Diantaranya, klasemen sementara jelang laga ini Borneo FC di posisi ke-2 dengan torehan poin 22 membuntuti Madura United di puncak klasemen yang telah melakoni laga ke-13 dengan koleksi poin 27. Sementara PSM, kini berkutat di papan tengah atau posisi ke-10 dengan koleksi poin baru 18.

Tak hanya itu, rekam jejak dalam 15 kali pertemuan, Borneo FC menang 7 kali, PSM hanya menang 4 kali dan imbang 4 kali. Termasuk dalam 5 laga terskhir kedua tim, Borneo juga unggul. Borneo FC menang 4 kali dan sekali kalah, sedangkan PSM, hanya menang 3 kali, seri 1 kali dan kalah 1 kali. Apalagi, tim berjuluk Pesut Etam itu termotivasi dengan dukungan suporter sebagai tuan rumah.

Oleh karena itu, sejumlah media mengunggulkan Borneo FC kali ini lebih besar peluangnya menang. Misalnya saja, Riau.pikiranrakyat.com memprediksi Borneo FC menang dengan skornya 2-0, sedangkan kabarpriangan.pikiran rakyat.com prediksi skornya Borneo FC vs PSM, 2-1, 1-0 atau paling tidak 1-1.

Kendati demikian, tim dengan julukan patriot "Ayam Jantan dari Timur" itu tentu tak bakalan menyerah begitu saja. Artinya, Borneo FC Diunggulkan, tapi PSM tak gentar.

Pelatih PSM Bernardo Tavares sendiri, meski timnya belum 100 % pemainnya bergabung, ia tetap percaya diri bahwa timnya dalam performa bagus dan siap tampil baik.

"Tim dalam kondisi bagus, energi bagus dan tentunya juga semangat bagus karena kami memenangkan pertandingan di detik akhir dan itu selalu menjadi perasaan yang bagus, " ujar pelatih asal Portugal itu.

Statemen Tavares tersebut lebih kurang bermakna, PSM itu tim yang pantang menyerah hingga akhir laga dan sering pada detik-detik terakhir PSM menciptakan gol dan memenangkan pertandingan. "Meskipun, bukan PSM 100 persen dan kami akan tetap mencoba memberikan yang terbaik," imbuh Tavares optimis.

Adustrategi 2 Pelatih Menentukan  

Pelatih Borneo FC, 
Pieter Huistra juga tak menatap sebelah mata PSM sebagai juara bertahan dan tetap mewaspadai kualitas dan kebangkitan tim dengan sebutan populer Juka Eja. 

"PSM adalah juara liga musim lalu. Jadi, kami harus siap. Mereka mulai untuk mengumpulkan poin lagi setelah memulainya dengan sulit, tapi kami sudah siap. Kami akan sangat siap terutama untuk mereka di hadapan pendukung kami di rumah yang mendukung kami. Kami akan sangat menantikan pertandingan ini,” kata juru racik Borneo FC itu.

Nah, siapa yang bakal menang ataukah justru imbang? Menarik disaksikan duel ini. Yang pasti, laga dipastikan sengit lantaran kedua tim dihuni sejumlah pemain kunci timnas dan juga alumni timnas. Borneo FC misalnya, ada Fajar Faturrachman, Adam Alis, Stefano Lilipaly dan yang lainnya.

Sementara di PSM, ada Yakob Sayuri, Yance Sayuri, Reza Arya Pertama dan seterusnya. Legium asing kedua tim juga dinilai sama-sama bagus, meski di PSM kaptennya Wiljan Pluim belum muncul lagi, tapi beknya Yuran Fernandes disebut-sebut mungkin sudah dimainkan.

Yang juga diperkirakan mendorong bikin seru laga ada juga statemen yang mengatakan Borneo FC komitmen membalas kekalahannya karena Borneo FC pernah kalah 0-3 dari PSM. Sementara PSM yang baru saja kalah 0-3 dari Hai Phong di AFC Cup bakal menjadikan Borneo FC sebagai pelampiasan. Intinya, adustrategi 2 pelatih sangat menentukan pemenangnya. (*).

Prakiraan Susunan Pemain 
Borneo FC vs PSM Makassar

Skuad Borneo FC :

Nadeo Argawinata; Fajar Fathurrachman, Leo Lelis, Silverio Junio, Diego Michiels; Kei Hirose, Hendro Siswanto, Adam Alis; Stefani Lilipaly, Felipe Cadenazzi, Terens Puhiri

Pelatih: Pieter Huistra
Pola: (4-3-3)



 Skuad PSM Makassar

Reza Arya Pratama; Erwin Gutawa, Akbar Tanjung, Yuran Fernandez; Dzaky Asraf, Kenzo Nambu, Muhammad Arfan, Rizky Eka, Yakob Sayuri; Everton Nascimento, Adilson Silva

Pelatih: Bernardo Tavares
Pola: (5-3-2)
. (*).

Penulis: M. RENALDI
Editor: ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :