Latihan Dasar Kepemimpinan Ajang Penggemblengan Siswa Jadi Pribadi Lebih Kuat dan Tangguh

Seruan Kepala Sekolah pada Pembukaan LDKS MTsN 2 Sidrap 



Ketika Kepala Sekolah MTsN 2 Sidrap membuka LDKS di sekolahan itu (Foto: Humas MTsN Sidrap).  

NuansaBaru.ID, PANGKAJENE SIDRAP - Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa atau LDKS jadi tempat penggemblengan siswa agar menjadi pribadi yang lebih kuat dan tangguh. Kegiatan LDKS ini dilakukan dalam rangka menyeleksi siswa-siswi yang akan ditunjuk sebagai pengurus OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah) di Madrasah tahun 2023-2024.

Demikian disampaikan Kepala Madrasah Tsanawiah Negeri 2 (MTsN 2) Sidrap Harsono, S. Pd., M. Pd, ketika secara resmi membuka LDKS MTsN 2 Sidrap di Pangkajene Sidrap, Jumat, (29/9-2023).

Kepala Madrasah tersebut berharap dengan melalui LDKS ini lahir calon-calon pemimpin di sekolah ini khususnya dan di Kabupaten Sidrap pada umumnya. 

"Semoga dari LDKS ini lahir calon pemimpin-pemimpin khususnya di Madrasah kita maupun di Kabupaten Sidrap nantinya," tutur Kamad Harsono berharap.

Giat (baca: kegiatan) LDKS MTsN 2 Sidrap dilaksanakan di aula pertemuan sekolah itu, mulai Jumat 29 September s.d. Ahad 1 Oktober 2023. Latihan kepemimpinan tersebut diikuti oleh 71 siswa dengan penuh semangat dan antusias. Ini terlihat dari tiga hari kegiatan mereka tetap konsisten mengikuti kegiatan ke kegiatan lainnya.

Senada dengan itu Wakil Kepala Madrasah MTsN 2 Sidrap, Bagian Kesiswaan Ibrahim, S.Pd. mengucapkan rsa syukur atas pelsksanaan LDKS ini.

"Alhamdulillah, LDKS ini dihadiri oleh 71 siswa dan disambut dengan penuh semangat dan antusias, dari Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ini diharapkan semua siswa yang jadi pengurus OSIM memiliki kemampuan berorganisasi," ujar Ibrahim di sela-sela acara.



Nuansa religi dan kebersamaan tampak dalam giat ini. (Foto: Humas MTsN Sidrap) 

Giat Tahap Awal Siapkan Kader Pengurus OSIM

Sementara itu Pembina OSIM MTsN 2 Sidrap Hendrawan Yasin menyampaikan bahwa kegiatan tersebut tentunya sebagai tahap awal menyiapkan kader-kader ketua, wakil ketua, serta pengurus OSIM tahun pelajaran 2023-2024.

"LDKS ini untuk persiapan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM MTsN 2 Sidrap yang insya Allah dilaksanakan bulan Oktober ini, supaya terbentuk jiwa pemimpinnya sebelum siswa itu terpilih," kilah Hendrawan Yasin.

Adapun jenis kegiatan dari LDKS MTsN 2 Sidrap ini antara lain, pembukaan, materi keorganisasian, metode persidangan, salat tahajjud, salat lima waktu dan ceramah. Maytinlainnya, penyajian materi kepemimpinan, nasionalisme dan patriotisme, dinamika kelompok, public speaking, keajaiban berpikir besar, pengukuhan, dan penutupan. (*).

Referensi: Humas MTsN Sidrap
Penulis/Editor: SUCI SRI WAHYUNI


Topik Terkait

Baca Juga :