Inovasi Motor Ambulance Kodam untuk Pelayanan Kesehatan Lebih Cepat di Pelosok segera Diluncurkan

Kodam XIV/Hasanuddin (Hsn) di bawah kepemimpinan Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Totok Imam Santoso terus berinovasi. Buktinya, dalam waktu dekat akan diluncurkan Motor Ambulance. Inovasi ini merupakan salah satu wujud tugas pokok Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Tentang bentuk kepedulian tersebut, betikut uraiannya. (Redaksi). 



Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso mengecek langsung proses pembuatan Motor Ambulance Kodam XIV/Hsn di Perbengkelan Daerah (Bengrah) Paldam XIV/Hsn di Kota Makassar. (Foto: Pendam XIV/Hsn).  

NuansaBaru.ID, MAKASSAR - Kondisi geografis wilayah khususnya daerah pelosok atau terpencil, menjadi tantangan tersendiri bagi Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han)., dalam menjalankan salah satu tugas pokoknya.

Tugas pokok yang dimaksudkan yaitu, Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang tertera pada UU Nomor 34/2004, tentang TNI. Dalam hal membantu tugas pemerintah daerah yang bertanggungjawab atas ketersediaan akses terhadap informasi, edukasi dan fasilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Atensi orang nomor satu di Kodam Hasanuddin ini, dalam memperhatikan kesulitan masyarakat menginginkan inovasi motor ambulance yang telah di launching beberapa waktu lalu dapat segera beroperasi.

Mayjen Totok pun meluangkan waktu mengecek langsung kondisi pembuatan motor ambulance tersebut, Senin (7/8-2023). Sebagai diketahui pembuatan motor ambulance tersebut dilakukan di Perbengkelan Daerah (Bengrah) Paldam XIV/Hasanuddin Kota Makassar. 


Ini performa Motor Ambulance Kodam XIV/Hsn berwatna ijo TNI (hijau tua) yang sudah kelar dan siap diluncurkan. (Foto: Pendam/XIV/Hsn).

Program Motor Ambulance Pangdam, Implementasi Perintah Harian Kasad 

Pembuatan/pengadaan sepeda motor ambulance Kodam XIV/Hasanuddin merupakan salah satu program Pangdam XIV/Hsn Mayjen Totok, sebagai implementasi Perintah Harian Kasad (Kepala Staf Angkatan Darat). Selanjutnya motor ambulance tersebut sejumlah 38 unit akan dibagikan kepada Kodim-Kodim di jajarannya.

"Kita berupaya segera selesai, dan langsung kita bagikan ke jajaran, tidak usah lama-lama, kita aksi segera. Harapan kami ini dapat membantu seluruh lapisan masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan secara cepat dan tepat, " tegasnya.

Wilayah kita lanjutnya, banyak di pelosok, dan terpencil yang wilayahnya tak dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda empat. "Nah, motor ambulance ini nantinya akan menjajal hingga ke pelosok daerah, ini akan kita kirim ke sana, " tandasnya.

Seperti diketahui pembuatan/pengadaan Sepeda Motor Ambulance Kodam XIV/Hasanuddin ini telah di launcing beberapa waktu yang lalu, bertepatan dengan puncak Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam XIV/Hasanuddin yang ke-66 tahun. (*).

Penulis: M. BASIR
Editor: SUCI SRI WAHYUNI

Topik Terkait

Baca Juga :