Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kapolda Sulsel Lepas 75 Personil Ditlantas untuk Penugasan di KTT Asean Summit 2023 di Labuhan Bajo NTT

Selasa, 02 Mei 2023 | 13:50 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-02T08:45:28Z

 


Kapolda SulseI Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni ketika diwawancarai awak media didampingi Kabidhumas (2 dari kiri), Irwasda (2 dari kanan) dan Dansat Brimob (paling kiri yang sedang berpaling). (Foto: NuansaBaru.ID/ABDUL).

NuasaBaru,ID, MAKASSAR - Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel) kembali mendapat kepercayaan mengutus jajarannya untuk bertugas ikut mengawal dan mengamankan even internasional. 

Kali ini, Kapolda Sulsel, Inspektur Jenderal Polisi Setyo Boedi Moempoeni melepas 70-an personil Ditlantas Polda Sulsel untuk bertugas di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean Summit ke-42 Tahun 2023 di Labuhan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sejumlah Personil tersebut, akan bertugas ikut mengatur dan mengamankan jalur lalu lintas yang terkoneksi dengan lokasi pusat pekaksanaan konferensi tertinggi negara-negara Asean tersebut.

Pelepasan personil berlangsung di Aula Biru Ditlantas Polda Sulsel Jalan A.P. Pettarani Makassar, Senin, (2/5-2023), pukul 08.00 Wita. Dalam giat tersebut Kapolda Sulsel didampingi, Dirlantas Polda Sulsel Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Faizal S.I.K., MH.

Selain itu terlihat pula ikut mendapingi Kapolda, Kabidhumas, Kombes Pol Komang Suartana, Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Heru Novianto, S.I.K., M. Han, Irwasda Kombes Pol Joko Tutukonoto S.H., S.I.K., dan jajaran Ditlantas Polda Sulsel.

Kapolda Sulsel ketika diwawancarai wartawan di depan pintu aula usai upacara pelepasan mengungkapkan, bahwa satu kebanggaan bagi Polda Sulsel, khususnya Ditlantas Polda Sulsel, karena kembali mendapat kepercayaan untuk menugaskan personilnya di ajang internasional tersebut.

Setelah sebelumnya, kata Kapolda, personi Polda Sulsel juga dipercaya dan sukses bertugas di KTT G 20, beberapa waktu di Bali. Kapolda juga mengungkapkan di wilayah ini untuk penugasan di KTT Asean Summit 2023, selain personil Polda Sulsel, juga ditunjuk personil Polda Sulawesi Utara (Sulut) dan Polda Sulawesi Tenggara (Sultra). 


Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel AKBP Restu Widjayanto uniform Polri) di Warkop Hai Kong Pelita Raya Makassar, berbaur dengan awak media. (Foto: NuansaBaru.ID/ABDUL).
.
Pengalaman di KTT G 20 di Bali Jadi Acuan untuk Penugasan di KTT Asean Summit di Labuhan Bajo

Kapolda menyebutkan, jumlah personil yang ditugaskan sebanyak 75 orang dan lama penugasan sesuai dengan jadwal konferensi. Sebagaimana diketahui KTT Asian Summit ke-42 Tahun 2023 berlangsung di daerah destinasi wisata Labuhan Bajo, 9 hingga 12 Mei 2023.

Ketika dipertanyakan tentang pesan dan apa-apa saja yang menjadi tugas utusan tersebut, Kapolda Sulsel mengatakan utusan itu personil berpengalaman dan bukan orang baru. Menurut Kapolda mantan Wadankorbrimob Polri itu, pengalaman dalam penugasan di KTT G 20 di Bali menjadi pelajaran (acuan). Artinya, yang baik diterapkan dan yang menjadi kekurangan disempurnakan.

Sayangnya, saat itu awak media sedikit menemui kendala sebab wartawan yang masuk di lokasi acara dibatasi, hanya 3 sampai 5 orang yang diperbolehkan masuk di aula saat itu.

Akibatnya, sejumlah wartawan harus memarkir diri di luar gedung padahal mereka diundang. Beruntung selesai acara baru diberi kesempatan melakukan wawancara dengan Kapolda Sulsel di depan pintu aula.

Kendati demikian, ending acara hari itu menyegarkan para kuli tinta (nama klasik wartawan sebelum era digital). Rombongan jurnalis dipimpin (salah) oleh AKBP Restu Widjayanto. Bukan dipimpin tapi dikawal (aduh, salah lagi). Kok, wartawan dikawal oleh perwira polisi.

Yang benar, AKBP Restu Widjayanto, S.I.K, Kasbdit Regident Ditlantas Polda Sulsel menyertai wartawan untuk ngopi bareng dan santap siang bersama di salah sebuah warkop tak jauh dari lokasi acara. Tepatnya, di Warkop Hai Kong Jalan Pelita Raya. Suasananya, santai, rileks dan menyegarkan para wartawan. (*).

Penulis/Editor: ABDUL 

Hukum

×
Berita Terbaru Update