Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

IWO Sidrap Cetuskan Program Diklat Jurnalistik Online, Literasi Media, Kolaborasi dan Perkuat Jaringan. Realistis!

Jumat, 19 Mei 2023 | 12:58 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-20T06:29:14Z

  

Dari Rakerda I PD IWO Sidrap 2023 
di Permandian Lejja Soppeng


Kasihumas Polres Sidrap, AKP H. Zakariah, (tamu kehormatan IWO Sidrap), Ketua PD IWO Sidrap, Edy Basri dan Sekretarisnya. (Foto: Dok. SimpulRakyat.com). 

NuansaBaru.ID, LEJJA SOPPENG – Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I IWO (Ikatan Wartawan Online) Kabupaten Sidrap 2023 berlangsung sukses. Raker tersebut berlangsung selama 2 (dua) hari di Pemandian Air Panas Lejja Soppeng, Selasa-Rabu (16-17/5 -2023).

Giat ini dihadiri seluruh Pengurus Daerah IWO Sidrap dan menghasilkan sejumlah program kerja yang akan dilaksanakan di masa mendatang. Demikian dilansir SimpulRakyat.co.id.

Rakerda I IWO Sidrap diawali dengan acara pembukaan. Dihadiri Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah, S.I.K. yang diwakili Kasi Humas Polres Sidrap, AKP H. Zakaria yang juga selaku salah satu Dewan Pembina/Kehormatan IWO Sidrap.

Dalam Rakerda ini, anggota IWO Sidrap secara aktif berdiskusi dan berkolaborasi untuk merumuskan program kerja yang bertujuan meningkatkan kualitas jurnalisme online di wilayah tersebut.

PD IWO Sidrap Sepakati 4 Program Utama

Secara riil, berikut resume hasil Keputusan Program Kerja yang disepakati dalam raker tersebut.

1. Pelatihan Jurnalistik Online

Anggota IWO Sidrap akan menyelenggarakan pelatihan jurnalistik online bagi para anggota baru maupun yang sudah berkecimpung di dunia jurnalistik. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam meliput berita secara digital.

2. Penyuluhan Literasi Media


IWO Sidrap akan mengadakan kegiatan penyuluhan literasi media di sekolah-sekolah dan masyarakat umum. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman yang lebih baik tentang media, mengajarkan cara memilih dan memilah berita yang benar, serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap dampak berita palsu atau hoaks.

3. Kolaborasi dengan Instansi Pemerintah dan Swasta

IWO Sidrap akan menjalin kerja sama dengan instansi pemerintah dan swasta dalam rangka meningkatkan akses informasi bagi masyarakat. Kolaborasi ini meliputi penyediaan ruang publik informasi, konferensi pers, dan kegiatan lain yang bertujuan untuk mendorong transparansi dan akuntabilitas.

4. Peningkatan Jaringan Kerja

Rakerda ini juga menjadi momen bagi anggota IWO Sidrap untuk memperluas jaringan kerja dengan wartawan dan media dari daerah lain. Melalui pertukaran pengalaman dan kolaborasi, diharapkan dapat tercipta sinergi yang positif dalam peliputan berita dan peningkatan profesionalisme dan yang lainnya.


Adapun program-program yang telah dilahirkan tersebut melalui sejumlah tahapan, dimana pada Sidang Pleno I lebih dulu dilakukan penetapan/pengesahan peserta Rakerda I PD IWO Sidrap, Dilanjutkan dengan pembahasan dan penetapan/pengesahan jadwal acara

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembahasan dan penetapan/pengesahan tata tertib saat memasuki Sidang Pleno II, meliputi penetapan/pengesahan pimpinan sidang tetap, penyerahan palu sidang dari pimpinan sidang sementara ke pimpinan sidang tetap

Dibagian inti, Steering Committe yang dipimpin Sekretaris IWO Sidrap, Satry Polang selanjutnya melakukan pembentukan sekaligus pembagian komisi. Komisi-komisi, meliputi Komiis A (Organisasi), Komisi B (Program Kerja) Komisi C (Rekomendasi).

Lalu pada Sidang Pleno III dengan agenda pembahasan materi Komisi (A, B dan C), laporan dan penetapan/pengesahan hasil sidang komisi-komisi. Terakhir, pada Sidang Pleno IV penetapan/pengesahan hasil Rakerda I PD IWO Sidrap. diakhiri penutupan sidang-sidang Rakerda I PD IWO Sidrap.

Rakerda I IWO Sidrap di Pemandian Air Panas Lejja Soppeng ini menjadi momentum yang berarti bagi anggota IWO Sidrap dalam memperkuat eksistensi dan meningkatkan kualitas jurnalisme online. Dengan adanya program kerja yang disepakati, diharapkan IWO Sidrap dapat memberikan kontribusi yang positif dalam memberikan informasi yang akurat, bermanfaat dan dapat dipercaya masyarakat. (*)

Penulis: M. BASIR
Editor: SUCI SRINWAHYUNI

Hukum

×
Berita Terbaru Update