Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Berwisata di Enrekang Bagaikan Petualangan Tiada Akhir

Sabtu, 27 Mei 2023 | 10:26 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-27T03:51:22Z

Muslimin Bando Luncurkan Brand Pariwisata Enrekang "Endless Journey"


Brand Pariwisata Kabupaten Enrekang "Endless Journey".
(Disign: Dispopar/Disklminfo Enrekang). 


Kabupaten Enrekang terus memacu derap langkah. Untuk memperkenalkan 200-an destinasi wisata yang ada di Bumi Massenrengpulu, melalui Dinas Pemuda, Olah Raga dan Parwisata menggelar Mata Allo Fest 2023 2 hari, Jum'at-Sabtu, 26-27 Mei 2023.


Serangkaian langkah inovasi itu, Bupati Enrekang Muslimin Bando luncurkan "Endless Jouney" sebagai Brand Parwisata Enrekang. Gambarannya seperti apa? Ikuti uraian berikut ini. (Redaksi)


NuansaBaru,ID, ENREKANG — Kabupaten Enrekang resmi memiliki brand pariwisata tersendiri. Jika secara nasional Indonesia memiliki brand Wonderful Indonesia, atau Bali dengan The Island of Gods-nya, maka Enrekang memperkenalkan Endless Journey sebagai brand pariwisata.

Brand Enrekang Endless Journey ini, diluncurkan oleh Bupati Muslimin Bando didampingi Kadispopar Ahmad Faisal, disela-sela pembukaan Mata Allo Fest 2023. Acara ini berlangsung di Alun-alun Abubakar Lambogo, Jumat, (26/5-2023).

Bupati mengatakan, brand ini dipilih lewat pelbagai pertimbangan. Namun yang utama, potensi pariwisata Enrekang sangat besar dan tak habis-habisnya di-eksplorasi.

Ada setidaknya 200 destinasi wisata di Enrekang. Mulai dari destinasi wisata alam seperti, Pendakian Latimojong, agrowisata di Salukanan, wisata olahraga, seperti Mountain Bike, Panjat Tebing, hingga Arung Jeram.

Selain itu ada lagi, Mandatte Park, Bambapuang Park, desa wisata seperti Karangan, destinasi wisata di kota seperti Sport Centre dan Taman Bermain Lapangan Batili, Anjungan Mata Allo, Swiss, dan masih banyak lagi yang tersebar di desa-desa.

“Sehingga, berwisata di Enrekang bagaikan petualangan tiada akhir,” jelas MB, dalam Talkshow Mata Allo Fest 2023.




Bupati Enrekang Musimin Bando (kanan) dalam kostum yang bernuansa wisata didampingi Kadispopar Ahmad Faisal, berikan pencerahan ketika membuka Mata Allo Festival (Mata Allo Fest) sekaligus perkenakan Brand Pariwisata Enrekang "Endless Journey". (Foto: Diskominfo Enrekang).




Mengintip salah satu destinasi wisata Enrekang "Buntu Kabobong", yang terletak di pinggiran jalur wisata Makassar - Tana Toraja. (Foto: Dok. humas.sulselprov.co.id). 

Inginkan Semua OPD Punya Inovasi

Bupati memuji inisiatif Dispopar dalam memperkenalkan brand ini. Brand ini, kata MB, adalah inovasi penting agar dunia pariwisata Enrekang semakin menarik dan berdaya saing.

“Kita ingin semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) punya inovasi-inovasi yang yang menggerakkan ekonomi masyarakat,” pinta Ketua Golkar Enrekang ini.

Sementara Kadispopar Ahmad Faisal menegaskan, pihaknya punya puluhan event dalam kalender pariwisata Enrekang, guna menggalakkan sektor ini. Sebagian sudah terlaksana, sebagian lainnya segera.

“Sesuai arahan bupati, dan selaras dengan visi Enrekang Emas Religius Berkelanjutan,” kata Kadispopar.

Mata Allo Fest adalah salah satu dari sederet agenda Dispopar ini. Mata Allo Fest 2023 digelar di Alun-alun Abu Bakar Lambogo, selama 2 hari, 26-27 Mei 2023.

Festival ini digagas oleh Dispopar dengan berkolaborasi dengan komunitas pemuda Kota Enrekang. Dimulai dengan talkshow, launching brand pariwisata, presentasi makna brand, pemutaran video destinasi wisata, dan live music.

Juga ada pasar UMKM, X Games, bersepeda kemudian memungut sampah plastik. Panitia mengajak pengguna lapangan dan alun-alun menjaga tempat ini tetap bersih, dengan membuang sampah pada tempatnya. Panitia juga menyediakan tempat sampah plastik yang dibuat khusus bertuliskan Mata Allo.

“Kita memunculkan kreativitas masyarakat dan anak muda kota Enrekang yang selama ini jarang disentuh, dengan memanfaatkan animo festival,” ungkapnya. (*).

Referensi: Diskominfo Enrekang

Penulis/Editor: SUCI SRI WAHYUNI  

Hukum

×
Berita Terbaru Update