Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Operasi Ketupat 1444 H/2023 Polres Parepare Berhasil Tekan Kemacetan dan Turunkan Angka Kecelakaan

Kamis, 27 April 2023 | 20:29 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-28T12:56:53Z

Antisiapasi Seluruh Jalur di Parepare Disiapkan 2 Pos Pelayanan Terpadu dan 4 Pos PAM



Petugas Polwan Polantas Polres Parepare dalam Operasi Ketuapat Ifulfitri 1444 H/2023,  amankan Jalur Trans Sulawesi di Kota Parepare untuk antisipasi tumpuhkan kendaraan yang bisa memicu kemacetan. (Foto: Sihumas Polres Parepare).

NuansaBaru.ID, PAREPARE - Dalam rangka  Ketupat Idulfitri 1444 H/2023, lebih khusus pengamanan arus mudik dan arus balik, Kota Parepare sebagai kota tertua kedua di Sulsel setelah Makassar yang rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas (lakakantas).

Kota Parepare secara geografis merupakan jalur lintasan Trans Sulawesi dan berbagai daerah di wilayah Utara Sulsel. Namun demikian, Polres Parepare didukung unsur lainnya dinilai cukup berhasil. Mengantisipasi kerawanan itu ditempatkan pengamanan pada 6 titik. Jelasnya, 2 Pos Pelayanan Terpadu dan 4 Pos PAM.

Hasilnya, kemacetan dapat ditekan atau diminimalisir dan angka kecelakaan pun turun dibanding tahun lalu. Termasuk situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) terkendali, aman dan kondusif.

Operasi Ketupat Idulfiri 1443 H/2022 terjadi 12 (dua belas) lakalantas dan Idulfitri 1444 H/2923 ini hanya terjadi 3 (tiga) lakalantas itu pun hanya kecelakaan ringan. Kejelasan situasi operasi dan hasilnya diungkapkan Kabag OPS Polres Parerepare Kompol Burhanuddin yang ditemui NuansaBaru.ID di Mapolres Parepare, Kamis, (27/4-2023).

Kabag OPS Polres Parepare Kompol Burhanuddin mengatakan, Operasi Ketupat tahun ini dimulai dari 18 April hingga 1 Mei 2023, dengan sandi Operasi Ketupat kemanusiaan dalam rangka mudik dan arus balik lebaran Idulfitri 1444 H / 2023 M.

Sejak operasi dimulai, urai Kabag OPS ada beberapa jenis pos ditempatkan pada titik-titik tertentu di wilayah hukum Polres Parepare. Seperti, Pos Koordinasi (Posko) angkutan Laut Lebaran yang ada di dalam Komples Pelabuhan Nusantara Kelurahan Mallusetasi Kecamatan Ujung, Kota Parepare.

Dikatakan, dalam rangka penyelenggaraan angkutan laut lebaran tahun 2023 (1444 H), Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan ini berdasar pada SOP (Standard Operasional Prosedur) pelabuhan dengan personil gabungan instansi terkait bertugas dalam pelabuhan dengan jargon, "Mudik Aman Berkesan".

Selain itu, urai Kompol Burhanuddin, ada juga pos layanan yang ditempatkan di depan Kantor Pos. Tepatnya di jalan Karaeng Bora'ne, dengan personil gabungan Polri-TNI, Polisi Militer (POM) dan instansi tetkait serta Call Centre 112 siap siaga.

Sementara Pos PAM, lanjut Kabag Ops itu, ada 4 (empat) yang ditempatkan di beberapa titik jalur Trans Sulawesi. Seperti, Trans Sulawesi dari Kabupaten Pinrang ke Makassar ditempatkan di Soreang Kecamatan Soreang, Sumpang Minangae Kecamatan Bacukiki Barat, poros Trans Sulawesi dari Kabupaten Sidrap menuju Kota !akassar, dan di sekitar Pasar Senggol di jalan Sultan Hasanuddin.



Susana di area Pos Pelayanan Terpadu Jalan Karaeng Bora'ne Kota Parepare 27 April 2023 malam, di mana arus kendaraan mulai lengang dan berjalan
 normal seperti biasa. (Foto: NuansaBaru.ID/MUSAFIR MUCHTAR).

Situasi Terkendali Berkat Kesadaran 
Masyarakat Pengguna Jalan Cukup Tinggi

Menurut Kompol Burhanuddin, mulai 18 April 2023 hingga 25 April 2023 situasi dapat terlihat aman, nyaman, dan kondusif pada saat puncak arus mudik dan arus balik. Dan pada hari Kamis 27 April 2023 terlihat arus lalu lintas sudah kembali normal seperti biasa.

Burhanuddin menambahkan, pada Operasi Ketupat kemanusiaan idulfitri 1444 H tahun 2023 ini ada 3 (tiga) kasus kecelakaan lakalantas berupa luka ringan. Sebelumnya pada tahun 2022 saat operasi yang sama dalam rangka Hari Raya Idulfitri 1443 H, ada 12 lakalantas. Hal ini menunjukan penurunan kasus lakalantas yang cukup drastis. (Kalau diprosentase menurun 75 persen).

"Sehingga perayaan Hari Raya Idulfitri akhir ini keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dapat terkendali yang tentunya juga berkat kesadaran masyarakat pengguna jalan raya sudah cukup tinggi, " cetusnya.

Dari pelaksanaan Operasi Ketupat 1444 H/2023 - sebagaimana diungkapkan Kabag Ops di bagian lain - bahwa kepolisian Polres Parepare berhasil menekan kemacetan akibat tumpukan kendaraan yang melintas di Kota Parepare, di beberapa titik utama arus jalan Trans Sulawesi.

Yang dimaksudkan, kendaraan yang melewati Kota Parepare menuju Ibukota Provinsi Sulsel Makassar maupun sebaliknya dari Makassar ke daerah tujuan yang melalui Kota Parepare.

Daerah-daerah tujuan itu seperti, Kabupaten Sidrap, Wajo, Palopo. Trmasuk Juga bagi warga pengendara yang menuju Kabupaten Pinrang, Polman, Majene, dan bahkan ada Mamuju Sulbar yang melintas melalui Kota Parepare dari Makassar. (*).

Penulis: MUSAFIR MUCHTAR
Editor: ABDUL

Hukum

×
Berita Terbaru Update