Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Seleksi Casis Polri di Polres Pinrang Prinsipnya, Bersih, Transparan, Akuntabel, Humanis, dan Bebas KKN

Selasa, 18 April 2023 | 17:17 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-18T23:18:36Z

Pengawas Internal dan Eksternal

untuk Hindari Kecurangan dan Calo 



Kapolres Pinrang, AKBP Santeaji Kartasasmita dan para PJU Polres Pinrang pantau proses pendaftaran casis AKPOL, Bintara dan Tantama. (Foto: Sihumas Polres Pinrang)

NUANSABARU.ID, PINRANG - Proses seleksi penerimaan (rekruitmen) calon siswa (casis) Polri saat ini telah berjalan dan terbuka untuk umum melalui Polres jajaran. Salah satunya, yang dilaksanakan di Polres Pinrang, Polda Sulsel. Kapolres Pinrang AKBP Santiaji Kartasasmita, S.I.K., memantau langsung pemeriksaan administrasi awal pendaftar anggota Polri melalui jalur AKPOL, Bintara dan Tamtama, Selasa, (18/4-2023).

 Dalam pantauannya Kapolres Pinrang didampingi para pejabat utama (PJU) Polres Pinrang. Kapolres Pinrang dan PJU-nya mengecek secara langsung beberapa rangkaian pelaksanaan pemeriksaan administrasi,  baik dari mengukur tinggi badan serta berat badan peserta dan yang lainnya.

Kapolres Pinrang AKBP Santiaji Kartasasmita menegaskan bahwa dalam tes penerimaan anggota Polri ini, Polres Pinrang memegang prinsip yakni, "Bersih, Transparan, Akuntabel, Humanis, Bebas KKN, sekaligus melakukan pengawasan langsung".

“Dalam proses pendaftaran calon anggota Polri ini, kita melibatkan banyak pihak seperti dari Kemenag, Dinas Dukcapil, Diknas serta pengawas internal maupun eksternal untuk menghindari kecurangan dan calo,” ujar Santiaji, sapaan singkat Kapolres Pinrang.

Selain mengukur tinggi badan dan berat badan, lanjut Kapolres, juga dilakukan kegiatan Rikmin (pemeriksaan administrasi). Pemeriksaan administrasi (Rikmin) yang!dimaksudkan berupa pemeriksaan dokumen administrasi peserta, mulai dari Ijazah, KTP, dan juga akte kelahiran.

“Selesai mengikuti kegiatan Rikmin, calon siswa Polri yang memenuhi syarat akan melanjutkan pemeriksaaan adminstrasi lanjutan di tingkat Polda Sulsel dan menjalani tahapan selanjutnya,” jelas Santeaji. (*)

Penulis: ARDY ALIM
Editor: SUCI SRI WAHYUNI

Hukum

×
Berita Terbaru Update