Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Sensasi Pasar Digital Expo UMKM Sidrap. Transaksi Capai 3.800-an dengan Nilai 1 M

Minggu, 05 Maret 2023 | 12:43 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-05T14:09:22Z

 Penutupan Pasar Digital Expo 

Diwarnai Penyambutan Piala Adipura



Bagian dari suasana ramai dan seru Pasar Digital Expo 2023 di pelataran Pantai Kering (Panker, baca: Pangker) di seputaran Stadion Ganggawa Pangkajene Sidrap (Foto: Diskominfo Sidrap)


Sebagai illustrasi (maaf), menjadi rahasia umum yang biasa terjadi di satu kegiatan, baik institusi, organisasi atau yang lainnya, waktunya dipercepat (dikurangi). Akan tetapi laporannya tetap maksimal, termasuk honor atau intensifnya juga tetap diterima full. Benarkah, ada seperti itu? (Redaksi).


NUANSABARU.ID, PANGKAJENE SIDRAP - Tak demikian halnya dengan Pasar Digital Expo UMKM 2023 di Pelataran Pangker atau Panker (Pantai Kering) di samping Stadion Ganggawa, Pangkajene Sidrap. Justru, terjadi sebaliknya.  Artinya, waktunya di-inisiasi bertambah merespon antusias khalayak.

Oleh karena itu, wajar jika mencuatkan 'sensasi' yang patut diapresiasi. Pemicunya, sedianya giat ini digelar 10 hari, 15 hingga 25 Februari, jadinya ditambah sepekan menjadi 18 hari karena animo pelaku usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Praktis, dari inisiasi itu Pasar Digital Expo UMKM yang masih serangkai dan merupakan gaung peringatan Hari Jadi ke-679 Sidrap itu mengukir trend positif. Jelasnya, terjadi transaksi lamayan besar, mencapai 3.800-an lebih dengan nilai transaksi mencapai lebih kurang 1 miliar (1 M).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sidrap, H. Basra mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk membangkitkan kembali, sekaligus memberikan kesempatan UMKM untuk bangkit akibat covid-19 yang melanda selama ini.

"Kegiatan ini untuk memberi ruang kepada UMKM untuk memasarkan produknya sekaligus mengedukasi pemanfaatan transaksi non-tunai," jelasnya.

Penegasan tersebut disampaikan Sekda Sidrap yang mewakili Bupati Sidrap ketika menutup Pasar Digital Expo UMKM 2023 di Pelataran Pangker, di samping Stadion Ganggawa Pangkajene Sidrap, Sabtu, (4/3-2023).

Giat ini dihadiri unsur Forkopimda, Ketua PKK Kab Sidrap, Ketua IPEMI, para pejabat lingkup Pemkab Sidrap, Kepala BUMN dan Perbankan, Kepala BUMD serta undangan lainnya.

Suasana Penutupan Expo Digital juga dirangkaikan dengan penyambutan Piala Adipura, penyerahan plakat dan hadiah untuk berbagai lomba yang telah digelar memperingati Hari Jadi ke-679 Kabupaten Sidrap. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada UMKM dengan jumlah transaksi nontunai atau QRIS terbanyak selama kegiatan Pasar Digital Expo UMKM.


Sekda Sidrap, H. Badrah serahkan plalakat ke Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf Andika Hari Prihartoro (Foto: Diskominfo Sidrap). 

Pasar Digital Expo UMKM
Berjalan Sukses


Sekda Sidràp H. Basra lebih jauh menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan selama 18 hari menyertakan sekitar 85 stand yang diikuti berbagai profesi seperti jasa perbankan, otomotif, organisasi, OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan para UMKM.

"Total transaksi yang terjadi selama pelaksanaan Pasar Digital Expo UMKM 2023 melalui QRIS mencapai 3.882. Sementara nilai transaksi tunai mencapai kurang lebih Rp 1 miliar," ungkap Sekda Sidrap menjelaskan.

Secara khusus Sekda Sidrap pada kesempatan tersebut, menyampaikan terima kasih kepada jajaran Dinas Lingkungan Hidup serta seluruh pihak atas raihan Piala Adipura tahun ini.

"Atas nama Bupati Sidrap dan pribadi, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat sehingga Piala Adipura kita dapat raih kembali," ujarnya.

H. Basra juga tak lupa berterima kasih kepada panitia, pihak keamanan serta seluruh komponen masyarakat yang telah berperan aktif dalam rangka menyukseskan kegiatan rangkaian Hari Jadi ke-679 Kabupaten Sidrap tahun 2023 ini.

Sebelumnya, di sela-sela kegiatan, dilakukan penyambutan Piala Adipura Kabupaten Sidrap oleh Kadis Lingkungan Hidup, Andi Faisal Ranggong.

Asisten Pemerintahan dan Kesra, Muhammad Iqbal mewakili panitia mengatakan, berbagai kegiatan maupun lomba telah dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-679 Kabupaten Sidrap, salah satunya Kegiatan Pasar Expo Digital UMKM.

Muhammad Iqbal, menyampaikan terima kasih kepada panitia dan seluruh pihak yang terlibat sehingga kegiatan Pasar Digital Expo 2023 dapat berjalan dengan sukses.

"Sedianya kegiatan tersebut berlangsung dari 15 hingga 25 Februari, namun karena animo masyarakat dan keinginan pelaku usaha yang tinggi pada kegiatan tersebut, sehingga kegiatan kita perpanjang seminggu," ujar Iqbal. (*).



Kadis Kominfo Sidrap, H. Bachtiar (kiri) b
erbincang serius dengan Kadis Biciptapera Sidrap, Abdul Rasyid yang berdampingan dengan Sekretaris Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Muhammad Fajrin dalam suasana Pasar Digital Expo UMKM (Foto: Diskominfo Sidrap).

Penulis: MUH. BASIR
Editor: ABDUL

Hukum

×
Berita Terbaru Update