Parepare Fair di Pelataran Monumen Cinta Sejati Habibie- Ainun Semarakkan HUT ke-63 Kota Parepare

Upaya Tingkatkan Telapak Kaki Menuju

Kota Industri tanpa Cerobong Asap


Titik Nol atau Kilometer Nol (KM 0) Kota Parepare dengan latarbelakang Lapangan Andi Makkasau Kota Parepare. Tepatnya, terletak di sudut Utara-Barat lapangan, juga merupakan bagian dari ikon wisata historis kota ini yang turut menjadi penunjang giat Parepare Fair 2023 yang digelar di seputaran area tersebut.  (Foto: MUSAFIR MUCHTAR).

NUANSABARU.ID, PAREPARE -- Sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Kota Parepare, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare siàp kembali menggelar Parepare Fair tahun 2023. Sesuai rencana, Parepare Fair akan dipusatkan di Alun-alun Stadion (Lapangan) Andi Makkasau, Kota Parepare selama enam hari. Tepatnya, digelar mulai 16 hingga 21 Maret 2023.

Kesiapan giat (baca: kegiatan) tersebut diungkapkan Kepala Bidang Humas dan Komunikasi Publik (Kabid HKP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Parepare, Andi Askar kepada awak media, Kamis, (9/3-2023).

Kabid HKP Diskominfo, Andi Askar menjelaskan, sebagai rangkaian Parepare Fair itu akan dilaksanakan (diisi) dengan sejumlah kegiatan penting. Diantaranya, Pameran Pembangunan, Pameran Alutsista, Pameran Otomotif, Pameran Kuliner dan Fashion Show.

“Sesuai petunjuk dan arahan Walikota Parepare, Pak Taufan Pawe bahwa tahun ini merupakan tahun kebangkitan ekonomi, sehingga kami juga memaksimalkan pemberdayaan para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) demi menggeliatnya ekonomi di Kota Parepare, " kata Andi Askar.

Andi Askar yang juga mantan Kasubag Protokol Setdako Parepare itu mengatakan, tidak hanya kegiatan itu saja. Parepare Fair nantinya juga turut diramaikan dengan berbagai acara, disemarakkan dengan kehadiiran beberapa pelaku UMKM dan sebagainya. Termasuk peranserta instansi pemerintah, instansi vertikal serta unsur TNI dan Polri. 



Monumen Cinta Sejati Habibie - Ainun di di sudut Selatan-Barat Lapangan Andi Makkasau Kota Parepare merupakan ikon wisata historis kota ini, kini di pelatarannya digelar Parepare Fair menyambut Hari Jadi ke-63 Kota Parepare tahun 2023. (Foto MUSAFIR MUCHTAR). 

Yang Terbaik untuk, "Kota 
Cinta Habibie Ainun Parepare "

Sebagaimana diketahui, Walikota Parepare H.M.Taufan Pawe di penghujung masa jabatannya selama dua priode ini, beliau tetap berupaya melakukan yang terbaik pada "Kota Cinta Habibie Ainun Parepare". Sebutan kota kedua Sulawesi Selatan itu setelah Makassar, yang merupakan kota kelahiran legendaris Presiden ke-3 R.I. mendiang BJ Habibie.

Andi Askar, pejabat ASN alumni STPDN (Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri) Angkatan ke-22 ini lebih jauh menegaskan bahwa kegiatan tersebut juga bertujuan sebagai bentuk upaya dan dorongan dalam memajukan ekonomi berkelanjutan di tengah masyarakat Kota Parepare serta untuk menunjang kemajuan ekonomi masyarakat menghadapi bulan suci Ramadhan 1443 H atau tahun 2023 ini.

“Ini bagian dari peran pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi dan juga bagaimana Pemerintah Kota Parepare di bawah nakhoda Walikota. H.M. Taufan Pawe, untuk terus berbenah menuju kemajuan ekonomi yang jauh lebih baik lagi, "jelasnya.

Andi Askar mengungkapkan juga bahwa Parepare Fair ini berdasarkan (mengacu) pada arahan Walikota Parepare H.M. Taufan Pawe yang menekankan, menjadikan Kota Parepare sebagai kota industri tanpa cerobong asap. Dengan demikian, kegiatan ini digelar semeriah mungkin untuk menghadirkan masyarakat dari berbagai daerah.

“Kegiatan ini juga selaras dan perintah langsung Bapak Walikota Parepare bagaimana menghadirkan even yang pada fungsinya, menghadirkan (banyak) telapak kaki di Kota Parepare, maka ke depan seluruh SKPD memang didorong untuk berinovasi dan bagaimana mendukung terwujudnya program tersebut, " pungkasnya. 

Sebagai illustrasi ditambahkan hasil penelusuran Musafir Muchtar, kru media ini di Parepare. Bahwa Lapangan Andi Makkasau dahulu dikenal publik dengan nama Stadion Andi Makkasau.

Di stadion ini telah banyak even penting yang telah digelar. Diantaranya, pertandingan sepak bola, show artis ibukota, kampanye akbar Pemilu, dan sebagainya. 

Sebagai bagian dari derap langkah pembangunan berupa penataan kota dan pengembangan wilayah, Pemkot Parepare membangun Stadion Gelora Mandiri BJ Habibie yang terletak di Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki99, sekira 10-an kilometer dari titik nol kota ini.

Read also: 

Kalau di Jakarta Ada Stadion GBK, maka di Parepare Ada Stadion GBH mlau di Jakarta Ada Stadion GBK, maka di Parepare Ada Stadion GBH

Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun dilihat dari sudut lain  (Foto: Dok. Bidhumas Diskominfo Parepare).

Monumen Habibie dan Kilometer Nol

Kembali ke area Lapangan Andi Makkassau, bahwa dengan dibangunnya Stadion Gelora BJ Habibie, tak mengurangi fungsi dan manfaat lapangan Andi Makkasau. Apalagi keberadaannya di pusat kota sehingga Pemkot terus melakukan pembenahan. 
 
Di sudut lapangan bagian Selatan-Barat telah dibangun dan kini berdiri mega Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun. Monumen bersejarah tersebut menjadi salah satu ikon wisata historis Kota Parepare.

Tak hanya itu, di sudut Utara-Barat lapangan ini juga telah dibangun permanen Titik Nol atau Kilometer Nol (KM 0) Kota Parepare sebagai acuan pengukuran jarak di Kota Parepare.

Oleh karena itu pemilihan Alun-alun Lapangan Andi Makkasau sebagai lokasi Parepare Fair 2023 dinilai sangat tepat. Lantaran letaknya cukup strategis di pusat kota dan area ikon bersejarah Kota Parepare. (*).

Penulis: MUSAFIR MUCHTAR
Editor: ABDUL


Topik Terkait

Baca Juga :