Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Susah-Payah Evakuasi Kapolda Jambi, Kapolri Apresiasi Langsung Pasukan TNI

Rabu, 22 Februari 2023 | 21:27 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-23T10:27:26Z

 


Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi dengan menyapa langsung prajurit TNI Kopda Ahmad Novrizal yang bekerja keras dalam proses evakuasi Kapolda Jambi di kawasan hutan. (Foto: Divhumas Polri) 


NUANSABARU.ID, JAMBI - Kepala Kepolsian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyempatkan diri untuk memberikan apresiasi secara langsung ke Tim Gabungan Evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono beserta rombongan Helikopter yang kece,akaan karena mendarat darurat akibat cuaca buruk di Bukit Tamiai, Kerinci. 


Kapolri Listyo Sigit Prabowo menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih secara langsung kepada prajurit TNI Kopda Ahmad Novrizal. Prajurit TNI Ahmad Novrizal tersebut mengawal tandu Kapolda Jambi dari bawah ke Helikopter hingga 'berputar' karena faktor angin kencang.

"Atas nama pimpinan Polri, saya mengucapkan terima kasih," kata Sigit sembari menyalami satu per satu tim evakuasi gabungan di Bandara Sultan Thaha Saifuddin, Jambi, Rabu, 22 Februari 2023.

Seperti diketahui, peristiwa ini berawal ketika helikopter jenis Super Bell 3001 yang mengangkut Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono dan rombongan bepergian dengan tujuan untuk meresmikan gedung SPKT di Kerinci.

Dalam perjalanannya, karena cuaca buruk, pilot pesawat terpakasa melakukan pendaratan darurat di kawasan hutan Bukit Tamiai. Beruntung tak terjadi korban jiwa, namun Kapoda Jambi mengalami luka-luka dan juga anggota rombongan lainnya.

Kapolda Jambi dalam misi penugasan itu juga disertai Dirreskrimum, Dirpolairud, Koospri Polda Jambi dan yang lainnya. Ironisnya, Kapolda Jambi dan rombongan juga sempat tertahan di hutan relatif lama baru berhasil dievakuasi karena cuaca buruk dan medan yang berat.

Read also:

Detik-detik Menegangkan Pendaratan Darurat 

Peswat Heli Kapolda Jambi di Hutan Kerinci



Kapolri, Listyo Sigit Prabowo menyapa satu-persatu pasukan Gabungan Tim Evakuasi Kapolda Jatim dan rombongan sebagai bentuk apresiasi (Foto: Divhumas Polri).tik-detik Pendaratan Darurat Hikopter

Kapolri Menyadari Evakuasi tidak Mudah

karena Cuaca Ekstrim dan Medan Terjal


Penegasan lain Kapolri di Bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi hari itu, beliau menyampaikan apresiasi kepada seluruh pimpinan instansi terkait yang telah ikut membantu proses evakuasi dari rombongan helikopter tersebut.

"Salam untuk Pak Panglima TNI, Pak KSAD, Pak KSAU, Pak KSAL, Pak Kepala Basarnas, BMKG juga dan seluruh masyarakat. Kami keluarga besar Polri menyampaikan apresiasi," ujar Sigit terkesan puas atas kerjasama sinergitas yang baik.

Sebelumnya, Sigit menyadari bahwa proses evakuasi itu tidaklah mudah. Mengingat, tim gabungan harus berjibaku dengan cuaca ekstrem dan lokasi evakuasi yang terjal.

Tetapi, lanjut Sigit, berkat kerja sama dan ketangguhan para tim gabungan itu, di hari kedua penyelamatan, kelompok darat maupun udara, telah berhasil mencapai lokasi dari para korban dan langsung memberikan bantuan pertama yang dibutuhkan.

"Alhamdulillah hari kedua bisa diberikan bantuan makanan, obat-obatan dan juga mendirikan tenda atau bivak. Sehingga bisa dilakukan tindakan pertama untuk membantu anggota kita yang terluka," ucap Sigit.

Disisi lain, Sigit menegaskan, dengan adanya sinergitas dan soliditas antara personel TNI, Polri, instansi terkait dan masyarakat setempat, membuat proses evakuasi tersebut berjalan dengan sangat maksimal.

Kapolri berharap, seluruh korban peristiwa tersebut dapat kembali pulih setelah mendapatkan perawatan intensif dari tim dokter yang telah disiapkan. Tak hanya itu, dengan telah diselamatkannya para korban ini, pihak keluarga maupun kolega dapat merasa lebih tenang.

"Jadi mohon doanya bahwa setelah ini seluruh korban bisa kembali pulih dan sehat. Tentunya dokter bisa berikan perawatan yang terbaik, sehingga anggota kami bisa segera pulih seperti sediakala," tandasnya.
  
Kapolri mengatakan lagi, tentunya keluarga di rumah yang selama ini menunggu, teman-teman yang semua menunggu tentunya ini bisa mengobati kita semua. Kapolri juga sempat  menyapa teman-teman media yang selama beberapa hari ini terus mengikuti proses evakuasi. (*)

Sumber: Divisi Humas Polri dan sumber lain

Penulis/Editor: ABDUL

×
Berita Terbaru Update