Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Momentum Hari Jadi ke-679 Sidrap, Bupati Komitmen Terus Bekerja dan Berikan yang Terbaik

Sabtu, 18 Februari 2023 | 20:16 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-19T01:08:50Z

Wawancara Ekslusif dengan Kadis Kominfo 

Sidrap, H. Bachtiar, SH.i., M.Si.



Bupati Sidrap H. Dollah Mando dan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaeman pada suasana puncak Peringatan Hari Jadi Sidrap ke-679, 18 Februari 2023 (Foto: Diskominfo Sidrap)

Pada momentum Peringatan Hari Jadi ke-679 Sidenreng Rappang, 18 Februari 2023, media ini NUANSABARU.ID melalui Redaktur Pelaksana Abd. Muin L.O, menurunkan wawancara ekslusif (tertulis) dengan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kabupaten Sidrap, H. Bachtiar, SH.i., M.Si.


Sejatinya, hasil wawancara khusus ini direncanakan terpublikasi beberapa hari sebelum Upacara Puncak Peringatan Hari Jadi Sidrap. Namun, informasi dari Staf Diskominfo, Kadisnya sakit dan dirawat di rumah sakit karena gejala penyakit radang tenggerokan. Begitu mendekat ke hari H, ternyata kesehatan Kadis Kominfo membaik sehingga bisa mengikuti Upacara Peringatan Hari Jadi Sidrap.

Akhirnya, Kadis Kominfo Sidrap H. Bactiar yang juga dikenal sebagai mubaliq itu bisa memberikan jawaban wawancara dengan baik. Bertepatan dengan Peringatan Hari Jadi Sidenreng Rappang ke-679, Sabtu 18 Februari 2023. Petikan wawancaranya berikut ini.


Hari ini, Kabupaten Sidenreng Rappang memperingati Hari Jadi ke-679, kalau boleh tahu,  tema dari peringatan HUT tersebut?,teSidenrang Rappang memperingati Hari Ja

 alau boleh tahu, apa tema dari peringatan HUT ters

Tema peringatan Hari Jadi ke-679 Sidrap tahun 2023 yaitu “Sidrap Kolaborasi, Sidrap Tangguh”*


Berdasarkan tema yang diusung itu, apa saja penegasan Bupati Sidrap H. Dollah Mando untuk memaknai tema tersebut?

Maknanya, Bupati Sidrap berharap bahwa kolaborasi antara pemerintah, organisasi masyarakat, swasta, dan segenap elemen masyarakat menjadikan Sidrap tangguh dalam melaksanakan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Komitmen untuk bersatu dan berkolaborasi ini harus diteguhkan dalam mewujudkan kondisi daerah yang lebih baik.

Mantap. Sekarang, (singkat-singkat saja, Pak), kegiatan-kegiatan apa saja yang telah digelar sebagai rangkaian hari jadi ini?

Digelar berbagai lomba/pertandingan antar SKPD, Forkopimda, dan instansi, lomba marching band antarsiswa, senam, lomba simponi kecapi, Pasar Digital Expo UMKM, zikir dan doa bersama, sepeda santai, jalan santai, dan lain-lain

Mungkin juga ada kegiatan-kegiatan elemen masyarakat muncul, yang merupakan inisiatif sendiri menyikapi HUT Sidrap ini, gambarannya?

Di tingkat kecamatan, desa dan kelurahan masyarakat juga melakukan berbagai kegiatan dalam menyambut Hari Jadi ke-679 Sidrap7

Khusus lomba instansi dan atau lomba perorangan ASN dalam rangka HUT Sidrap, secara singkat, instasi mana yang jadi kampiun dan untuk perorangan siapa-siapa pula juaranya?

Pengumuman pemenang saat ini belum dilakukan, merujuk tahun-tahun sebelumnya pengumuman dilaksanakan saat pembubaran Panitia Hari Jadi.



Kadis Kominfo Kabupaten Sidrap, H. Bachtiar mengapresiasi peran media dalam mendukung publikasi dan keterbukaan informasi (Foto: Dok. Diskominfo Sidrap).


Selanjutnya, terkait dengan Musyawarah Tudang Sipulung (MTS) sebagai tradisi (budaya) yang menjadi salah satu wujud kearifan lokal bagi petani untuk turun sawah di Sidrap. Terlihat momentumnya tepat dalam suasana Peringatan Hari Jadi Sidrap. Pertanyaannya, apakah ini kebetulan bersamaan atau ada regulasi atau semacam Perda yang mengatur itu?


Musyawarah Tudang Sipulung di Kabupaten Sidrap rutin dilaksanakan mulai Januari untuk tingkat kecamatan, dan awal-awal Februari pada tingkat Kabupaten. Nantinya, hasil rumusan tingkat Kabupaten diserahkan Bupati Sidrap kepada Gubernur Sulsel pada Puncak Peringatan Hari Jadi pada tanggal 18 Februari.

Sebagaimana salah satu topik utama dalam MTS yakni kesepakatan musim tanam selanjutnya yakni April-September dan Oktober-Maret, maka pelaksanaan MTS memang tepat dilaksanakan pada momentum peringatan Hari Jadi Sidrap.Mengenai regulasi terkait hal tersebut, kami perlu melakukan konfirmasi lebih dulu.

Nah, seterusnya, kalau boleh tahu apa tema Tudang Sipulung yang diusung Dollah Mando - sebagai Bupati Sidrap yang berlatarbelakang Ilmu Pertanian?

Tema MTS tahun 2023 yaitu “Melalui Musyawarah Tudang Sipulung Terpadu Tingkat Kabupaten Sidrap Tahun 2023, Kita Tingkatkan Hasil Pengolahan Hasil Usaha Pertanian Melalui Konsep Petik, Olah, Kemas, dan Jual Menuju Masyarakat Religius, Aman, Adil, dan Sejahtera”.

Komprehensif, ya. Lantas masih terkait, dengan MTS. Proses dimulai dari MTS Tingkat Kecamatan hingga sekarang tuntas dengan, krmudian MTS Terpadu Tingkat Kabupaten Sidrap Musim Tanam 2023. Hasil -hasil MTS Terpadu Tingkat Kab Sidrap itu, gambaran garis besarnya seperti apa?

Secara garis besar MTS tahun 2023 mengangkat persoalan kelembagaan petani, pupuk bersubsidi terdaftar, benih bersertifikat, hama dan penyakit, jadwal tanam, dan gotong royong petani.*

Saya tertarik dengan statemen seorang Kepala OPD, (maaf tak menyebut namanya) dalam Rapat Evaluasi Persiapan MTS Tingkat Kabupaten Sidrap. Intinya menyatakan, hendaknya hasil-hasil MTS itu jangan hanya seremonial belaka tapi harus ditindaklanjuti. Komentar Anda?

Tentunya Musyawarah Tudang Sipulung akan efektif jika kesepakatannya dipatuhi dan dilaksanakan bersama. Kesepakatan-kesepakatan ini memang harus ditindaklanjuti berupa penerapan di lapangan agar berhasil guna dan tidak menimbulkan kesan seremonial.


Kemudian, setelah menampung aspirasi masyarakat dan unsur terkait melalui Forum Konsultasi Publik , berdasarkan Rancangan RPD 2024-2026 dan Rancangan Awal RKPD 2024, apakah sudah ketuk palu (ditetapkan)? Kalau sudah ditetapkan, sebagai gambaran benang merah dari derap langkah pembangunan Kabupaten Sidrap ke depan seperti apa?

Jum'at, 10 Februari 2023 lalu Pemkab Sidrap memang telah melaksanakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2024–2026 dan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Jadi saat ini baru sampai tahap tersebut.


Oh, begitu ya, Pak Kadis!

Terakhir, mohon izin dan mohon maaf sedikit menuju Pilkada 2024 di Sidrap, kalau bisa dicerahkan. Beredar informasi, proaktif dan keberhasilan Dollah Mando menakhodai Sidrap selama ini membuat sosoknya masih dinilai layak untuk dipilih kembali menjadi Bupati Sidrap periode 2024-2029. Ada pencerahan dari Diskominfo Sidrap sebagai corong informasi Pemkab Sidrap?


Intinya, Bapak Bupati Sidrap senantiasa berkomitmen untuk bekerja memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Sidrap. Hal itu tentunya berkat kolaborasi dan sinergi segenap elemen masyarakat.


Terakhir sekali, terima kasih dan apresiasi untuk Diskominfo Sidrap atas keterbukaan dan attensinya.

Terima kasih, kami juga mengapresiasi peran media dalam mendukung publikasi dan keterbukaan informasi ini.



Keseruan salah satu lomba dalam rangka memperingati Hari Jadi Sidrap ke-679 . (Foto: Diskominfo Sidrap) 

Pewawancara/Editor: ABDUL

Hukum

×
Berita Terbaru Update