Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tanamkan Embrio Cinta Daerah, Studi Lapangan PNP Usung Jargon "Kucinta Sidrapku dengan Sawahnya".

Senin, 16 Januari 2023 | 20:29 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-18T01:34:04Z

 


Suasana pembelajaran yang diikuti dengan antusias oleh para peserta didik (Foto: Eyang Sabir/Diskominfo Sidrap).

NUANSABARU.ID, MAJELLING SIDRAP - Lembaga PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), khususnya PAUD Negeri Percontohan (PNP) Kabupaten Sidrap menggelar field trip (studi lapangan). Field trip yang dilaksanakan itu bertajuk, “Kucinta Sidrapku dengan Sawahnya".


Rupanya, PAUD Percontohan tersebut memilih area persawahan sebagai lokasi studi lapangan. Tepatnya di area persawahan Kelurahan Majjelling, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap, Ahad (15/1-2023).

Ada kesan dan gairah tersendiri yang terpancar di wajah para murid sekolah itu dalam mengikuti sistem pembelajaran out door (lapangan terbuka) tersebut. Betapa tidak, anak-anak peserta didik bisa langsung bersentuhan dengan alam sebagai obyek pembelajaran.

Kepala PNP Kab Sidrap Rastuti bersama kalangan guru di sekolah itu mengajak dan mengkordiner para muridnya berkunjung ke area persawahan untuk menunjang pengetahuan anak melalui pembelajaran di luar kelas.

Kegiatan pembelajaran ini menghadirkan pemateri yang terkait dengan bidang pertanian atau pertanaman padi dengan seluk-beluknya. Diantaranya, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Minarsi Amir, Ketua Kelompok Tani Keluraban Majjelling, dan Muslimin Azis, seorang petani milenial, Muslimin Azis. Selebihnya, para orang tua murid juga hadir dalam giat ini.

Terlihat para murid sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan pemateri. Mereka pun serius mengikuti semua rangkaian kegiatan dan ada nuansa ceria (gembira) belajar di luar kelas. 


Pose 1, Peserta didik PNP Sidrap foto bersama (Foto::Eyang Sabir/Diskominfo Sidrap)

PNP Kabupaten Sidrap Miliki 
Tenaga Pengajar Kompeten 

Lebih jauh Rastuti menjelaskan bahwa setelah menonton video tentang sawah pada kegiatan intrakurikuler di kelas, para murid meminta untuk lakukan kunjungan ke area persawahan.

“Kegiatan field trip ini merupakan permintaan dari peserta didik kami dan hasil kesepakatan bersama setelah mereka menonton video tentang ‘sawah’ pada kegiatan intrakurikuler di kelas. Sudah seminggu mereka meminta untuk dibawa ke sawah dan melihat langsung padi di sawah,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut, lanjut Rastuti, merupakan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah PNP Kabupaten Sidrap pada semester ini. Para murid PNP Sidrap sangat senang belajar sehingga banyak pengetahuan yang baru didapatkan melalui kegiatan tersebut.

“Kegiatan hari ini adalah tahap permulaan atau kegiatan pemantik untuk peserta didik kami dalam melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah kami. Semester ini, Kami memilih Tema ‘Aku Cinta Indonesia’ dengan tujuan untuk mencapai elemen yang pertama, beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia kemudian bergotong-royong,” jelasnya.

Rastuti juga menyatakan, banyak hal yang peserta didik dapatkan hari ini. Misalnya seperti padi makannya melalui apa, kapan padi bisa diberi pupuk, hama yang bisa  mengganggu pertumbuhan padi, teman padi, peralatan yang digunakan di sawah. "Termasuk, kosakata baru yang didapatkan peserta didik. Antara lain, fotosintesis, bulir padi, mulut padi dan seterusnya,” ujarnya.

Untuk diketahui, PAUD Negeri Percontohan Kabupaten Sidrap beralamat di Jl. Ressang, Pangkajene, Kecamatan Maritengae, Kabupaten Sidenreng Rappang Provinsi Sulawesi Selatan. Sebagai sekolah usia dini, kini telah berkualifikasi Akreditasi A.

Dengan demikian, sekolah ini mempunyai fasilitas yang lengkap untuk menunjang proses pembelajaran. Selain itu sekolah ini juga dikenal memiliki tenaga pengajar yang kompeten. (*).

Penulis/ Editor: SUCI SRI WAHYUNI.

Hukum

×
Berita Terbaru Update