Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Berlaga di Final FIFA World Cup, Argentina Sabet 4 Penghargaan dan Prancis hanya 2

Senin, 19 Desember 2022 | 09:19 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-25T11:59:24Z



Dari kiri, Enzo Fernandez (Pemain Muda Terbaik), Lionel Messi (peraih Bola Emas), Emiliano Martinez (peraih Sarung Tangan Emas) dan Kylian Mbappe (peraih Sepatu Emas). 

NUANSABARU.ID, QATAR - Berlaga di granfinal Piala Dunia Qatar 2022, Timnas Argentina betul-betul prestisius dan beruntung, Tak hanya berhasil merebut tropi paling bergengsi FIFA, tapi juga menyabet 3 penghargaan secara individu. Sementara Prancis hanya meraih piala dan medali sebagai juara II (runner-up) dan 1 penghargaan individu.  

Sebagaimana diketahui, penghargaan tersebut diserahkan pada acara puncak, trophy ceremony dan Award ceremony pasca laga final, 18 Desember 2022. Begitu bermakna dan membanggakannya upacara pemberian penghargaan tersebut, lantaran diserahkan langsung oleh Presiden Federasi Sepak Bola Internasional FIFA (Federation Internationale de Football Association), Gianni Infatino.

Di samping itu, momen terakhir ajang sepak bola dunia antarnegara yang berlangsung sebulan (29 hari) itu dihadiri 3 kepala negara. Dalam hal ini, Pemimpin Qatar (Emir Qatar), Tamin bin Al-Thani yang juga bersama Presiden FIFA menyerahkan medali dan penghargaan.

Selain Emir Qatar, 2 pemimpin negara lainnya juga terlihat hadir menyalami para wasit, pemenang dan runner up Piala Dunia Qatar. Keduanya adalah Presiden Argentina Alberto Fernandez dan Presiden Francis, Emmanuel Macron,

Bentuk penghargaan yang diserahkan saat itu kepada Timnas Argentina, berupa penghargaan utama FIFA World Cup  (Piala Dunia FIFA), sebagai Juara Piala Dunia Qatar tahun 2022. 



Timnas Francis, Runner-up Piala Dunia Qatar 2022, di final kalah adupenalti dari Argentina dengan skor 2-4.


Penghargaan Individu Diraih 
Enzo, Emiliano, Messi dan Mbappe


Tentang penghargaan individu yang diberikan berupa, The Best Young Player Award (Pemain Muda Terbaik) kepada pemain Argentina Enzo Fernandes. Pemain berusia 21 tahun itu dinilai tampil baik dan konsisten, serta bisa mencetak gol ketika Argentina melawam Meksiko di fase grup.

Bentuk penghargaan lainnya, Golden Glove Award (sarung tangan emas) atau kiper terbaik yang diberikan kepada Emiliano Martinez penjaga gawang Argentina. Emilio Martinez dinilai layak menerima award ini karena dinilai banyak melakukan save dalam mengawal gawang Argentina.

Utamanya, adupenallti Argentina vs Belanda di perempatfinal dan adupenalti Argentina vs Prancis di babak final. Kedua adupenalti tersebut dimenangkan Argentina dan akhirnya menghantarnya jadi juara.

Jenis penghargaan selanjutnya, Golden Ball Award (Bola Emas) atau istilah umumnya the best player (pemain terbaik). Penghargaan ini diberikan kepada Kapten Argentina Lionel Messi. Pesepakbola langganan ballon d'Or ini dinilai tampil dengan performa terbaiknya selama Piala Dunia Qatar.

Pesepakbola usia 35 tahun yang kini merumput di klub elit Prancis PSG ini, di samping banyak memberikan assist terukur, ia juga produktif gol. Selama perhelatan akbar ini, Lionel Messi mengemas 7 gol dan mencetak 3 gol di babak final. Penghargaan pemain terbaik piala dunia juga telah diraih Lionel Messi pada Piala Dunia Brasil tahun 2014.

 
 Timnas Inggris, meski tak lolos ke semifinal, namu n patut berbangga karena mendapatkan FiFA Fair Play Award Piala Dunia Qatar 2022
 
Read also:
* Redam Juara Bertahan Prancis secara Dramatis, Argentina Juara Piala Dunia Qatar 2022

* Fenomena dan Kampiun Piala Dunia dari Masa ke Masa

Timnas Inggris Raih FIFA Fair Play 

Penghargaan individu lainnya, Golden Boot Award  (Sepatu Emas). Istilah lumrahnya top scorer atau pencetak gol terbanyak. Penghargaan ini diberikan kepada striker Prancis, Kylian Mbappe.

Meski Prancis kalah di final melawan Argentina, tapi Mbappe bisa mengoleksi 8 gol mengungguli Lionel Messi yang hanya memgemas 7 gol. Gregetnya, di babak final Mbappe mencetak hattrick, bahkan 4 gol dengan adupenalti.

Sebelumnya, pada Piala Dunia Rusia tahun 2018, Mbappe juga telah meraih pemain muda terbaik. Ketika itu, Francis meraih juara dan menumbangkan Kroasia di babak final.

Tropi dan medali sebagai runner-up bagi Prancis pada Piala Dunia Qatar ini, juga merupakan satu wujud penghargaan, meski bukan yang terbaik. Oleh karenanya, Prancis membawa pulang 2 penghargaan.

Yang mengundang perhatian tersendiri Emir Qatar, Tamim bin Al-Thani pada suasana Ceremony Award juga memberikan sebuah penghargaan spesial khas Qatar kepada kapten tim juara piala dunia. Dalam hal ini Emir Qatar memasangkan Jubah Kehormatan kepada Kapten Argentina Leonel Messi.

Berdasarkan unggahan akun instagram resmi FIFA World Cup @fifawordcup, (19/12-2022), serangkaian pelaksanaan FIFA Word Cup 2022 ini, pihak Adidas memberikan 5 (lima) penghargaan.

Kelima penghargaan yang dimaksudkan, Adidas Young Best Player Award, Adidas Golden Glove Award, Adidas Golden Ball Award, Adidas Golden Boot Award dan Adidas FIFA Fair Play Award. Sebagaimana 4 penghargaan individu telah diuraikan di atas. 


Khusus FIFA Fair Play Award (Tim Fair Play), diberikan kepada Timnas Inggris. Meski tak lolos semifinal,Timnas Inggris di putaran final piala dunia kali ini merupakan tim yang dinilai tampil dengan sportivitas tinggi dan paling fair play. (*).


Penulis: MUH. BASIR

Editor: SUCI SRI WAHYUNI


Informasi: Berita ini juga dimuat Okesulsel.com, media partner NUANSABARU.ID

Hukum

×
Berita Terbaru Update