Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Peringatan HKN ke-58 Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Sidrap Meriah dan Sarat Makna

Rabu, 09 November 2022 | 14:32 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-09T17:17:50Z

 


Di depan, dari kiri Ketua TP PKK, Ny Suhara Dollah Mando, Bupati Sidrap, H Dollah Mando, Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah dan Pj Sekda H Basra (Foto: Diskominfo Sidrap)


NUANSABARU.ID, PANGKAJENE SIDRAP -  Lapangan Kompleks SKPD Pemkab Sidrap hari itu terlihat ramai dan semarak. Peserta yang tak kurang dari 2.500-an orang yang melibatkan 29 kontingen memadati area tersebut. Peserta sebagian menggunakan kostum seragam olahraga dan sebagian juga menggunakan kostum unik. Pergerakan kontingen juga diwarnai atraksi yang mengundang perhatian.

 

Suasana tersebut sebagai refleksi pelaksanaan defile menyemarakkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Sidrap, Selasa, (8/11-2022), lalu. Para peserta berasal dari 14 Puskesmas, 3 rumah sakit yakni, Rumah Sakit Umum (RSU) Nene’ Mallomo, RSU Arifin Nu'mang dan RSU Anugrah serta Itkes Muhammadiyah.

 

Selain itu, juga melibatkan organisasi profesi kesehatan seperti Ikatan Dokter Indonesia, Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Ikatan Apoteker Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia, Persatuan Perawat Indonesia, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia, Patelki dan Hakli.

 

Dalam acara itu, para peserta defile menyuguhkan atraksi yang menarik dan beberapa diantaranya mengenakan kostum yang unik. Agar lebih fair dan seru, dewan jurinya dari kalangan independen. Dalam hal ini dari Polres Sidrap dan Kodim 1420 Sidrap.

 


Kadiskes Dalduk & KB, H Basra usai pengalungsn bunga oleh 2 sosok dalam balutan kostum adat  (Foto: Diskominfo Sidrap).  

 

Kadiskes Dalduk dan KB Sidrap: Kesehatan

Itu Karunia yang Mahal dan Penting

 

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB (Kadiskes Dalduk dan KB) Sidrap, Dr. Ns. H. Basra, S. Kep., M. Kes menjelaskan, HKN ke-58 mengangkat tema, "Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku." Peringatan tersebut, lanjutnya, menjadi momentum meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan.

 

"Karenanya, sosialisasi dan edukasi kesehatan harus terus dimasifkan. Kesehatan adalah karunia yang mahal dan penting. Dengan fisik dan mental yang sehat maka muncul kebahagiaan," cetus Kadiskes itu.  

 

Lebih jauh Kadiskes yang juga Penjabat Sekda Sidrap itu mengatakan, di samping sebagai hiburan, kegiatan defile diharap dapat menjadi wadah pemersatu dan peningkatan tali persaudaraan sesama pelayan kesehatan di Bumi Nene Mallomo Sidrap.

 

Sementara Ketua Panitia HKN Kab Sidrap, Mahmuddin mengatakan, ada berbagai perlombaan olahraga dan kesenian yang dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan HKN ke-58, yang digelar mulai 2 hingga 9 November 2022.

 

Disebutkan, untuk lomba olahraga yakni bola voli, tarik tambang, takraw, lari kelereng, makan kerupuk dan egran. Kemudian, dilengkapi pula dengan lomba menu makanan 4 sehat 5 sempurna. Sedangkan untuk kesenian, diadakan lomba nyanyi lagu wajib dan lagu bebas, penilaian kebersihan dan kinerja Puskesmas. 





Salah satu atraksi yang disuguhkan dalam defile HKN ke-58 di Sidrap (Foto: Diskokinfo Sidrap).   

 

Momentum HKN ke-58, Bupati Sidrap Apresiasi

Dedikasi dan Kerja Keras Para Nakes

 

Terkait dengan itu, Bupati Sidrap, H Dollah Mando didampingi Ketua TP PKK Sidrap, Ny. Suhara Dollah Mando, menyaksikan defile tersebut. Kegiatan dihadiri Ketua DPRD Sidrap, H Ruslan, Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah, Kajari Sidrap, Hasnadirah.


Selain itu, turut hadir Pasi 2/Ops Kodim 1420 Sidrap, Kapten Ctp Ir. Yohanis Roni Kadang, Pj. Sekretaris Daerah sekaligus Kadiskes Dalduk dan KB Sidrap, H. Basra, para Kepala OPD, para Asisten Setda, Staf Ahli Bupati dan para Camat.

 

Pada momentum HKN ke-58 ini, Bupati Sidrap H. Dollah Mando berterima kasih dan memberikan apresiasi seluruh tenaga kesehatan yang terus bekerja untuk kesehatan masyarakat.

 

"Apalagi dua tahun ini selama pandemi melanda, kita semua bisa lihat sendiri betapa keras perjuangan para nakes dalam melindungi masyarakat dari covid-19," puji bupati mengapresiasi dedikasi dan kinerja para nakes.

 

Dollah Mando berharap kerja keras para nakes bisa dipertahankan sehingga meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (*).

 

Penulis/Editor: SUCI SRI WAHYUNI 

 

Hukum

×
Berita Terbaru Update