Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Persija Meredam PSM, Banyak Peluangnya Tak Jadi Gol. Hasilnya, Berbagi Poin, Imbang, 1-1

Senin, 08 Agustus 2022 | 00:43 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-08T04:00:55Z

 

PSM sempat bersitegang dengan Persija saat laga (Foto: Kompas.com)


NUANSABARU.ID, PAREPARE -- Penampilan PSM Makassar menjamu Persija Jakarta, nampak menjadi tontonan tersendiri adu strategi 2 pelatih, Bernardo Tavares, pelatih PSM kontra Thomas Doil, pelatih Persija.

Laga pekan ketiga BRI Liga 1 2020 -2023 ini berlangsung di home base barunya PSM, Stadion Gelora BJ Habbie (GBH), Kamis, (4/8-2022) pukul 17.00 Wita.

Begitu pluit awal pertandingan dibunyikan wasit, Laskar Juku Eja langsung menyerang. Dari sudut kiri pertahanan Persija, baru menit pertama, pemain PSM mencoba menendang bola ke gawang Persija. Namun datangnya pelan sehingga mudah diantisipasi penjaga gawang Persija, Andritany.

Sedikit mengejutkan, di awal laga Persija balik menyerang dan legium asingnya, Hanno Behrens yang mendapat suplay bola dari temannya, nyaris lolos melewati pertahanan PSM, namun, terperangkap offside.

Pasukan Ramang, julukan lain PSM terus berusaha menekan Persija. Namun Persija terkesan memperlambat permainan untuk meredam gempuran PSM. Tempo permainan pun berjalan relatif sedang. Macan Kemayoran yang dimotori Riko Simanjuntak dan Taufik dengan tandemnya hanya sesekali mencari momen untuk melakukan serangan balik.

Everton Nascimento, striker PSM asal Brazil juga tak bisa menembus pertahanan Persija yang dikordinasi pemain senior Mamang Abdurahman dan Hansamu Yama.
Serangan balik Persija yang sesekali berbahaya, juga tak bisa melewati, trio pertahanan PSM Yuran Fernandes, Agung Mannan dan D. Doke. Skor tetap bertahan imbang, 0-0 hingga turun minum.

Di babak kedua, PSM semakin meningkatkan intensitas serangannya. Laskar Juku Eja terlihat lebih menguasai jalannya laga. Bahkan tercatat memiliki banyak peluang, tapi tak bisa dikonversi menjadi gol. Hingga menit ke-70, atau tersisa 20 menit lagi waktu normal, masih terjadi kebuntuan.

Kenzo Nambu, cetak gol perdana saat PSM kontra Persija (Foto: Dok. Wikipedia).
 

Kenzo Nambu, pemain PSM asal Jepang 
Ciptakan Gol Perdana  


Kedua pelatih pun melakukan rotasi dan mengganti sejumlah pemainnya. Diantaranya, motor serangan Persija Riko Simanjuntak ditarik keluar digantikan Hanif Syahbandi. Sementara PSM juga menarik keluar pemain kuncinya seperti Rasyid Bakri, Muhammad Arfan dan juga strikernya Everton Nascimento dan yang lainnya.

Bernardo Tavares menurunkan amunisi baru seperti, Bryan Cesar, Zaky, Kenzo Nambu dan yang lainnya. PSM kembali menekan dan hanya sekira 3 menit kemudian, pemain PSM di lapangan tengah men-suplay bola ke jenderal lapangan PSM, Wiljan Pluim.

Pluim yang meliuk-liuk ke depan mengecoh pertahanan Persija di rusuk kiri pertahanan Persija, berhasil memberikan umpan tarik terukur. Kenzo Nambu yang baru sekitar 3 menit bermain menjemput assist Pluim. Akhirnya, wing striker asal Jepang tersebut berhasil menyarangkan bola ke sudut kanan gawang Persija menit ke-74. Skor, 1-0 untuk keunggulan PSM.

Gol yang dikemas Kenzo Nambu itu cukup berarti. Disamping sebagai gol pembuka pemecah kebuntuan, gol tersebut juga merupakan gol pertama pesepakbola dari negeri Sakura tersebut. Setelah sebelumnya sempat cedera terakhir ini.

Suara gemuruh ribuan supporter PSM memecah stadion, markas baru Juku Eja. Apalagi sesuai informasi panitia lewat sound system saat jeda, hari itu laga PSM vs Persija dihadiri lebih 18 ribuan penonton.

Terlecut gol cepat Kenzo Nambu, anak asuhan Thomas Doil balik menyerang dan menekan gawang PSM untuk mengejar ketinggalan. Pertahanan PSM yang dikawal Yuran Fernandes dkk tak bisa ditembus dari skema open play Persija.

Rupanya Persija mencoba strategi dari skema bola mati. Satu momen yang waktunya hanya beberapa saat pasca gol PSM, terjadi tendangan pojok di sudut kanan gawang PSM. Tendangan pojok dilakukan Syahrian Abimanyu, midplayer Persija yang pilar Timnas itu. Secara mengejutkan, pemain asing Persija Hanno Behrens berhasil menciptakan gol lewat sundulan kepalanya.

Gol balasan Persija itu tercipta menit ke-77 atau hanya selang 3 menit setelah Kenzo Nambu PSM mencetak gol. Skor berubah menjadi imbang,1-1 dan tempo permainan pun meningkat. Kedua tim yang sering jadi rival di fase menentukan turnamen sepak bola Indonesia, saling serang di akhir laga sehingga kedua tim sempat bersitegang. 

Kendati demikian, hingga pluit panjang, PSM Persija hanya berbagi poin dengan skor imbang, 1-1. Dari capaian itu hingga laga pekan ketiga Liga 1 PSM tetap di posisi ke-3 klasemen sementara Liga 1. Dalam hal ini 2 kali menang, sekali seri dengan akumulasi poin 7. 

Sedangkan Persija, stagnan di posisi ke-7 klasemen. Di mana 1 kali menang, 1 kali kalah dan 1 kali seri dengan perolehan poin 4.

Laga selanjutnya, PSM akan berhadapan dengan Arema FC, 20 Agustus 2022, pukul 17.00 Wita dan Persija akan bertemu dengan Persita Tangerang, 24 Agustus 2022, pukul 21.00 Wita. (MUSAFIR/OCHA/ABDUL-NB).

Hanno Behrens, legium asing Persija yang cetak gol balasan saat Persija tandang ke PSM (Foto: Dok. Persija)
 







×
Berita Terbaru Update