Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Audisi Kdi di Makassar 'Diserbu' Peserta (1)

Selasa, 26 Juli 2022 | 02:06 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-04T11:03:32Z

 
- BISA MUNCULKAN BINTANG DANGDUT MASA DEPAN 


NUANSABARU.ID, MAKASSAR - Stasion televisi MncTV kembali membuka kesempatan bagi generasi muda yang berminat dan berbakat genre musik dangdut. Bagaimana seluk-beluk audisi kontes dangdut terkemuka ini di Kota Metro Makassar? Ikuti reportase Nuansabaru.id dalam uraian berseri, berikut ini.

Dari kiri, Hikmah Kdi, Takdir Ridwan (Redaktur Ekonomi Harian FAJAR), Maartvi Jati Prastowo (Produser Kdi 2022), Abi Kdi dan Safarudin Kdi ketika ber-audience. (Foto: Istimewa).


Di Kota Daeng, julukan Makassar, audisi KDI (Kontes Dangdut Indonesia) tahun 2022 digelar di Hotel Gammara, Jln Metro Tanjung Bunga, Mariso, Makassar. Audisi berlangsung 2 hari, Sabtu, 23 hingga Minggu, 24 Juli 2022. 


Sehari sebelumnya, Tim seleksi dan rekruitmen yang terdiri dari Kru MncTV dan Tim Penilai melakukan visit media cetak, Jum'at, (22/2022). Jelasnya, tim melakukan audience ke koran harian terbesar di kota ini, Harian FAJAR Makassar di Graha Pena, Jln Urip Sumiharjo, sekira pukul 15.00 Wita. Seterusnya, malam harinya tim melakukan interfiew radio di Radio Gamasi di Jln. Veteran Selatan. 


Berdasarkan jadwal dan selebaran yang telah terpublikasi, para peserta audisi dinilai dan diseleksi oleh Tim Penilai yang terdiri dari para alumni KDI di Sulsel dan Sulselbar yang sudah menjadi aset MncTV, plus Yuri Tamu yang di-back up oleh Produser KDI tahun 2022 MncTV. 


Para yuri dari alumni KDI tersebut masing-masing, Abi KDI, Hikmah KDI, Irfan KDI, Safaruddin KDI, Ika KDI dan Adnan KDI. Sedangkan yuri tamunya pedangdut senior Iis Dahlia dan juga Danang yang dikenal pernah pula ikuti kontes KDI tahun-tahun silam.


Yang Lolos Dibandingkan Unggulan Kota Lain

 

Selanjutnya, besoknya, tahapan audisi hari pertama, Sabtu, 23 Juli 2022, dikoordinasi oleh Iis Dahlia berupa filming (semacam rekaman rangkaian audisi) berlangsung selama sehari dari pukul 08.00-18.00 di Hotel Gammara.


Tim melakukan jupri (penjurian tahap awal), jupra (penjurian lanjutan) dan jurnal (penjurian final). Berlangsung dari pukul 09.00 hingga pukul 22.00 Wita. Karena begitu ketat dan serunya audisi, prosesnya berlangsung hingga lewat pukul 24.00 Wita. Pelaksananya, tim yuri dari artis KDI yakni, Abi, Hikmah, Irfan, Safarudin, Ika dan Adnan disertai MncTV. 

    

Diagendakan juga, Sabtu 23 Juli 2022, tim melakukan interview radio di Radio Gama Sungguminasa Kabupaten Gowa, kota penyangga Makassar, pukul 19.30-20.30 Wita. Dan di hari kedua, dilaksanakan lagi tahapan audisi serupa di hari pertama dengan tahapan penjurian, jupri, jupra dan jurnal.


Tim yuri Kdi audisi Makassar, dari kiri Abi Kdi, Adnan Kdi, Hikmah Kdi, Ika Kdi, Irfan Kdi dan Safarudin Kdi (ABDUL/NuansaBaru.ID),


Seperti diketahui, Makassar (baca: Sulsel dan sekitarnya), selama ini dikenal sebagai kota yang menjadi "lumbung" bakat dangdut yang potensial. Sejumlah artis dangdut berkarakter dengan ciri khas masing-masing terlahir dari kota ini.


Nah, antusias ratusan peserta mengikuti audisi Kdi di Makassar kali ini tak tertutup kemungkinan atau bisa saja memunculkan bintang dangdut masa depan yang berkibar. "Iye, bisa saja dari Makassar lahir lagi bintang dangdut masa depan yang lebih oke, begitu," ujar Nasri, seorang pengunjung di lokasi audisi.

Keseruan peserta "serbu" audisi Kdi Makassar (ABDUL/NuansaBaru.ID),


Produser KDI tahum 2022, Maartivi Jati Prastowo yang dimintai komentarnya di area audisi mengungkapkan, ratusan peseta di hari pertama dan kedua berasal dari berbagai daerah di Sulsel. Tidak hanya Kota Makassar, tapi juga dari kota lainnya bahkan antar pulau (maksudnya dari luar Sulawesi).


Maartivi Jati Prastowo, produser Kdi MncTV itu mengatakan, peserta yang lolos audisi di Makassar akan disaring kembali dengan membandingkan dengan unggulan dari audisi kota lain di Indonesia. "Kita akan lihat dan saring kembali dengan membandingkan unggulan-unggulan dari kota audisi lain," jelasnya. (ABDUL/NB/bersambung).

Hukum

×
Berita Terbaru Update