Diperkuat 4 Amunisi Baru Naturalisasi dan Full House Pendukung, Timnas Indonesia Diyakini Tumbangkan Vietnam

Duel Timnas Indonesia vs Vietnam Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia di SUGBK Dipastikan Sengit




Sesi latihan Timnas Indonesia, Senin 18 Maret 2024, persiapan menghadapi Vietnam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. (Foto: PSSI). 

NuansaBaru.ID, JAKARTA - Sebagai lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F  Timnas Indonesia akan back to back dengan Timnas Vietnam.


Duel kandang-tandang alias home and away telah dijadawalkan, Timnas Indonesia lebih awal  menjadi tuan rumah menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis, (21/3-2024), pukul 20.30 WIB atau 21.30 WITA. Disiarkan langsung RCTI dan layanan livestreaming Vision+.

Setelah itu Tim Garuda akan terbang untuk melakoni laga tandang di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa, (26/3-2024).  

Bagaimana dengan persiapan Timnas Indonesia yang kini ditangani pelatih Shin Tae-yong (STy)? Mampukah meraih poin penuh di kandang sendiri? 

Meski menemui sedikit permasalahan, namun keseriusan persiapan yang dilakukan STy bersama Ketum PSSI Erick Thohir, diharapkan bisa mengatasi permasalahan itu.

Tercatat, sejumlah pemain baik natutalisasi maupun andalan pribumi tak bakal diturunkan. Sebut saja Jordi Amat, Elkan Baggott dan Yance Sayuri dicoret dari skuad karena cedera. 

Termasuk kapten Timnas Asnawi Mangkualam, yang baru saja direkrut Port FC, klub di Liga Thailand, juga tak dimainkan di laga home ini. Meski pemain asal Makassar tetap ikut dalam latihan, namun Asnawi baru bisa dimainkan di laga tandang karena akumulasi kartu kuning.

Hal yang membesarkan semangat Skuad Garuda kali ini lantaran adanya sejumlah pemain keturunan yang baru saja di-naturalisasi dan dipersiapkan turun memperkuat timnas. 

Pemain yang dimaksudkan, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen dan Jay Idzes. Pesebakbola keturunan berdarah Indonesia tersebut merupakan amunisi baru yang sudah tercatat dalam daftar 26 pemain yang dipersiapkan STy. 

Bahkan, pemain keturunan lainnya seperti, Sandy Walsh, Rafael Struick, Justin Hubner, Ivar Jenner dan Marc Klok juga terdaftar. Dikombinasi dengan pemain pribumi yang juga tak kalah gregetnya.

Pemain itu antara lain ada nama, Nadeo Argawinata, Rizky Ridho, Edo Febriansah, Wahyu Prasetyio, Asnawi Mangkualam, Yakob Sayuri dan Mareselinio Ferdinan.

Nama lainnya ada, Witan Sulaeman, Pratama Arhan, Egy Maulana Vikri, Ramadhan Sananta, Arkhan Fikri, Ricky Kambuaya dan yang lainnya. Selengkapnya, lihat Daftar 26 Pemain Timnas Indonesia vs Vietnam bagian akhir artikel ini.


Ini aksi selebrasi skuad Timnas Indonesia saat mencetak gol.  (Foto: Dok. PSSI).

Kapten Timnas Asnawi Mangkualam 
Yakin Skuad Timnas Sekarang Lebih Kuat

Dengan skuad dan amunisi baru itu wajarlah kalau Asnawi Mangkualam meyakini skuad Timnas melawan Vietnam lebih kuat dari sebelumnya. 

Sementara itu, merebak informasi tiket yang dibandrol dengan harga Rp 200 ribu hingga Rp 750 ribu (disesuaikan kelasnya) untuk duel Timnas Indonesia-Vietnam di SUGBK, terjual habis. 

Dengan demikian, suasana stadion nantinya full house. Lantaran sebelumnya pihak Timnas Vietnam telah menginformasikan tidak akan hadir di SUGBK.   

Tentu saja kondisi ini diharapkan memicu semangat Tim Merah Putih untuk memenangkan pertandingan dengan dukungan suporter yang maksimal. 

Nah, akankah Vietnam bisa dilumat Indonesia? Tentu sulit menyatakan seperti itu. Sebab tim yang ditangani pelatih Philippe Trousser itu dipastikan akan tampil maksimal.

Oleh karena itu, duel rival klasik antarsesama tim negara Asia Tenggara ini diprediksi akan berlangsung sengit dan menarik ditonton. 

Pelatih Timnas Indonesia Shin Taeyong sendiri berjanji tak akan mengecewakan pendukung yang akan membludak memadati SUGBK.

"Sebagai pelatih timnas, saya sangat senang dan bahagia, juga sangat berterima kasih karena kami diberi perhatian luar biasa (oleh suporter) di pertandingan melawan Vietnam," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers di SUGBK, Rabu (20/3/2024) siang WIB.

Meski STy tak menyebutkan secara pasti target timnya melawan Vietnam kali ini, namun dari penggalan pernyataan ia akan berusaha maksimal tak ada yang kecewa, bisa dimaknai STy sebenarnya menargetkan menang, namun ia hanya tak mau sesumbar.  

"Saya akan berusaha semaksimal mungkin supaya tidak ada yang kecewa dengan hasil pertandingan tersebut," ujar STy berjanji. 

Adapun skuad Timnas Indonesia yang akan diturunkan melawan Vietnam, tentu STy leluasa menyusun konsep dan strategi dari  26 potensi pemain yang di-plot.  (*)

DAFTAR 26 PEMAIN TIMNAS 
INDONESIA VS VIETNAM

Goal Keeper (Penjaga Gawang):

1. Nadeo Argawinata (Borneo FC)
2. Muhamad Riyandi (Persis Solo)
3. Adi Satryo (PSIS Semarang)

Defender (Pemain belakang ): 

4. Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen)
5. Sandy Walsh (K.V. Mechelen)
6. Rizky Ridho (Persija Jakarta)
7. Edo Febriansah (Persib Bandung)
8. Asnawi Mangkualam (Port FC)
9. Wahyu Prasetyo (PSIS Semarang)
10. Yakob Sayuri (PSM Makassar)
11. Jay Idzes (Venezia FC)
12. Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers)
13. Pratama Arhan (Suwon FC)

Midplayer (Pemain Tengah):

14. Thom Haye (SC Heerenveen)
15. Arkhan Fikri (Arema FC)
16. Marselino Ferdinan (KMSK Deinze)
17. Ricky Kambuaya (Dewa United)
18. Marc Klok (Persib Bandung)
19. Ivar Jenner (Jong Utrecht)

Forward (Pemain Depan):

20. Ragnar Oratmangoen (Fortuna Sittard)
21. Rafael Struick (ADO Den Haag)
22. Witan Sulaeman (Bhayangkara Presisi FC)
23. Egy Maulana Vikri (Dewa United)
24. Dimas Drajad (Persikabo)
25. Ramadhan Sananta (Persis Solo)
26. Hokky Caraka (PSS Sleman). (*).

Penulis: M. RINALDI
Editor: ABDUL 


Topik Terkait

Baca Juga :