Satuan SSDM Polri Gelar Baksos dan Bakkes serta Siap Bangun SMA Taruna Bhayanhkara di Cibinong Bogor

Baksos dan Bakkes Bentuk Nyata Kepedulian dan Pengabdian Polri kepada Masyarakat 



Asisten SDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyo dan PJU Mabes Polri lainnya dalam suasana Baksos, Bakkes dan Penanaman Pohon di Cibinong Bogor. (Foto: Divhumas Polri)

NuansaBaru.ID, CIBiNONG BOGOR - Kepedulian Kepolisian Repubik Indonesia (Polri) terhadap masyarakat dalam memberikan pelayanan dan keamanan terus dilakukan. Hal ini merupakan bentuk nyata dan kepedulian serta pengabdian Institusi Polri kepada masyarakat luas.

Melalui Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri dilaksanakan kegiatan bakti sosial (baksos), bakti kesehatan (bakkes) dan penanaman pohon dengan tema, “SDM Polri Mengabdi Untuk Negeri”. 

Bakss dan Bakkes tersebut bertempat di Kampung Tapos, Desa Cibinong, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu, (4/11-2023). 

Kegiatan ini meliputi pengobatan umum secara gratis. Diantaranya, pengobatan umum, pengobatan spesialis anak, penyakit dalam, THT (Telinga Hidung Tenggrokan)  dan paru. Swlain itu juga dilakukan pengobatan gigi, pemeriksaan mata, penyuluhan kesehatan, khitanan masal dan juga donor darah.

Untuk kegiatan Bakti Sosial, SDM Polri menyalurkan 2000 paket sembako yang diberikan langsung kepada masyarakat di Kecamatan Gunung Sindur. Termasuk juga melaksanakan penananam pohon dengan mengangkat tema, “Polri Lestarikan Negeri dan Penghijauan Sejak Dini”. 


Atas:Para PJU SSDM Polri dan bawah: Kalemdiklat betiksnbarahan. (Fotio: Divhumas Polri)

Ditujukan kepada Masyarakat 
yang Memerlukan Bantuan

Pada kesempatan tersebut, dihadiri langsung oleh Pejabat Utama (PJU) Polri. Diantaranya, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Kalemdiklat Polri) Komjen Pol Purwadi Arianto dan AsIsten SDM Kapolri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Selain itu hadir pula Asisten Logistik Kapolri Irjen pol Argo Yuwono, Kapusdokkes Polri Irjen Pol Asep Hendradiana, Kadivkum Polri Irjen Pol Viktor Sihombing serta para PJU SSDM Polri.

Kalemdiklat Polri Komjen Pol Purwadi Arianto menyampaikan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk nyata kepedulian dan pengabdian institusi Polri terhadap masyarakat. Masyarakat yang melakukan cek kesehatan dan pengobatan tidak dipungut biaya sedikitpun alias gratis.

"Hari ini, SDM Polri melaksanakan pembinaan kepada jajaran mengadakan kegiatan tiga hal, pertama bakti sosial, bakti kesehatan dan penanaman pohon. Tentunya pada situasi ini kehadiran negara, khususnya Polri di tengah-tengah masyarakat, menyentuh langsung permasalahan dari masyarakat, yaitu Polri peduli, " jelasnya.

"Hal itu ditujukan kepada masyarakat yang memang memerlukan bantuan pengobatan dan sebagainya,” kata Purwadi Arianto di lokasi, Sabtu (4/11-2023). 


Asisten SDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyio lakukan penanaman pohon di lokasi. (Foto" Divhumas Polri)

Masyarakat Siap Diberdayakan 
agar Kampungnya Cepat Berkembang

Menurutnya, kegiatan Ini ditujukan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan pengobatan dan lain sebagainya. Dihadirkan  di sini (di Cininong Bobir) bidang kesehatan, dokter-dokter spesialis, yang mungkin masyarakat sekitar menghadapi permasalahan kesehatan. 

"Kami juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai serangan penyakit,” imbuhnya.

Kalemdiklat juga menyampaikan, di lokasi tersebut, tepatnya di atas tanah seluas 13,5 hektar, di Desa Cibinong, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor Jawa Barat, akan dibangun Sekolah SMA Taruna Bhayangkara. Sekolah ini ke depannya siap untuk melahirkan calon pemimpin masa depan. 

“Insya Allah tahun depan di tempat ini kita akan laksanakan pembangunan SMA Bhayangkara Polri yang nantinya dapat menambah perekonomian masyarakat. Daerah ini juga akan dapat berkembang lebih bagus dengan kehadiran Sekolah Taruna Bhayangkara. Tentunya tujuan kami ini untuk mempersiapkan generasi muda ke depan,” ungkap Purwadi.  

“Kami lihat tadi masyarakat antusias hadir di sini. Saya berharap kehadiran Polri di tempat ini bisa dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat sekitar,” harap Purwadi menambahkan.  

Kepala Lingkungan RW 06 Kampung Tapos, Desa Cibinong Husni Mubarok mengapresiasi kegiatan Polri yang memberikan pengobatan kepada masyarakar sekitar dan juga pemberian sembako yang menjadi kebutuhan masyarakat. 

“Senang sekali ada pengobatan gratis dari Polri ini. Masyarakat yang kurang sehat dan sehat datang semua ke sini. Diberi pengobatan dan vitamin. Kami berterimakasih diberikan sembako juga. Tentu senang nantinya ada pembangunan sekolah di sini. Semoga bisa berdayakan warga di sini juga dan lingkungan kami akan cepat berkembang dan diperhatikan,” tandas Husni. (*).

Penulis/Editor: M. BASIR


Topik Terkait

Baca Juga :