Memetik Hikmah dari Wejangan Ulama Kondang Dr Habib Husein di Makodam XIV/Hasanuddin

Pangdam Eratkan Silaturahmi dengan Ulama dan Tingkatkan Ketaqwaan Keluarga Besar Kodam

 


Kiri: Personel Kodam XIV/Hsn sebagai jamaah, dan Kanan: Ulama Dr Habib Husein Hasyim Ba'agil berikan ceramah Agama. (Foto-foto: Pendam/Hsn).
NuansaBaru.ID, MAKASSAR -- Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S. Sos., M.Tr (Han), terus merajut silaturahmi dengan ulama. Sekaligus terus berupaya meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT kalangan personel dan keluarga besar Kodam XIV/Hasanuddin.

Langkah bijak itu diwujudkan dengan menghadirkan salah satu ulama kondang, Dr. Habib Husein Hasyim Ba'agil, SH., M. Kn dari Tuban. Ulama kharismatik tersebut adalah pemimpin Majelis Taklim Wal Maulid Ar–Ridwan Tuban.

Selain itu, Habib Husein juga merupakan salah satu Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman. Ulama tersebut diketahui selalu eksis menemani Kasad ketika melakukan kunjungan kerja di berbagai daerah di wilayah tanah air.

Kehadirannya di Makodam, diagendakan membawakan 2 misi utama, sebagai khatib pembawa khutbah Jum'at serta sebagai imam memimpin sholat (baku: salat) Jum'at bersama di Masjid Sultan Hasanuddin, Makodam XIV/Hsn di Kota Makassar, Jumat (4/8-2023). Jamaahnya, segenap Pejabat Utama (PJU), para prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kodam yang beragama Islam.

Misi berikutnya, memberikan ceramah agama sebagai wejangan atau pencerahan spiritual kepada seluruh PJU Kodam, Pamen, Pama, isteri perwira dan Persit di Balai Prajurit Hasanuddin (BPH) Makodam.

Sebagai khatib Salat Jum'at di masjid Sultan Hasanuddin Makodam, Dr Habib Husein mengingatkan kepada jamaah untuk senantiasa meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Dengan mengungkapkan rasa syukur atas anugerah yang telah diberikan Allah SWT.

Selain itu, Habib Husein juga menyerukan, agar senantiasa mematuhi segala ajaran ataupun hukum yang telah ditetapkan Allah SWT. Untuk melaksanakan kewajiban dengan mengisi ketaqwaan melalui kesetiaan dan kebaikan serta pengabdian kepada NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).


Pangdam XIV/Hsn Mayjen Totok Imam Santoso motivasi personelnya memetik hikmah dari ceramah Agama ulama kondang itu (Foto : Pendam/Hsn). 

Keharmonisan Rumah Tangga
Mendukung Karier Suami


Usai pelaksanaan salat Jumat, selanjutnya Habib Husein berkesempatan memberikan ceramah agama kepada seluruh PJU Kodam, para Perwira Menengah (Pamen), isteri Perwira Pertama (Pama), perwakilan PNS, dan perwakilan isteri anggota (Persit) yang berada di Kota Makassar. Pelaksanaannya di gedung Balai Prajurit Hasanuddin (BPH) Makodam.

Pada kesempatan tersebut, ulama kondang ini menjelaskan bagaimana mambangun keharmonisan dalam rumah tangga sehingga dapat mendukung karier suami. Menurutnya, karier seorang suami tidak akan mungkin sempurna kecuali ada keharmonisan di dalam rumah tangga.

"Tidak mungkin bapak-bapak ini bisa menimba karier dengan baik tanpa ada bantuan Ibu-ibu Persit", ungkapnya.

Pesan religius Habib Husein lainnya, ia mengajak untuk mengajarkan rasa cinta kepada putra-putri (anak) dan kepada suami (ayah), sehingga anak-anak memiliki rasa cinta kepada orang tua dan dapat menjadi anak yang barokah, yang dapat melanjutkan perjuangan orang tua.

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso berharap, dari ceramah agama yang disampaikan oleh Habib Husein dapat menginspirasi dan menambah wawasan agama.

Mayjen Totok menginginkan ibu-ibu sebagai ibu rumah tangga, sebagai isteri unsur pimpinan bisa mengambil hikmahnya dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Mudah-mudahan ini menambah iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Insya Allah dengan pertemuan kita hari ini, selanjutnya kita bisa menuju ke arah yang benar, kalau sudah benar ya.., tambah benar lagi, " jelasnya. (*).

Penulis: M. BASIR

Editor: SUCI SRI WAHYUNI


Topik Terkait

Baca Juga :